Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Dan Tidak Bunyi

Senin 05-08-2024,08:38 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - S aat ini di tiap rumah tangga sudah hampir mem punyai merek kulkas terbaik atau lemari es. Alat elektroni k  rumah tangga ini seakan -akan sudah  jadi perangkat yang wajib ada di tengah cuaca yang sedang panas  ini .

Selain memiliki fungsi sebagai penyedia  stok  minuman yang dingin dan  menyegarkan, merek kulkas terbaik juga bisa  berguna untuk meletakkan  makanan atau pun  minuman supaya  tidak cepat rusak dan basi.

BACA JUGA : Cara Menghidupkan Kompresor Merek Kulkas Terbaik Yang Rusak Tanpa Relay

Tetapi  seiring   berjalannya waktu, sama halnya dengan  perangkat elektronika  yang  lainnya, merek kulkas terbaik juga  kerap terjadi  kerusakan, misal kerusakan seperti  kulkas yang tidak dapat dingin.

Terdapat  banyak faktor yang bisa jadi penyebab merek kulkas terbaik tidak dingin dan tidak terdengar ada suara sama sekali dari kulkas. Biasanya masalah  seperti ini sering terjadi pada kulkas yang s usianya sudah  lama.

Tetapi kamu  tak perlu khawatir, karena kerusakan pada merek kulkas terbaik seperti itu masih bisa  diperbaiki oleh teknisi kulkas.

Namun  sebelum kamu memanggil  teknisi jasa service kulkas, Seb aiknya kamu ketahui terlebih dahulu   a pa saja hal yang jadi penyebab dari kerusakan kulkas yang tidak dingin dan tidak bunyi.

BACA JUGA : Apakah Boleh Langsung Menaruh Makanan Panas Ke Dalam Merek Kulkas Terbaik

Sumber bunyi yang ada pada  kulkas  :

Pada kulkas yang normal, umumnya tiap beberapa menit sekali atau beberapa jam sekali akan terdengar sebuah suara dari kulkas. Biasanya h al ini menandakan bahwa kulkas sedang dalam keadaan  aktif beroperasi.

Suara yang di keluar an  kulkas  ini  b asalnya dari bunyi kompresor yang sedang bekerja yang ada di dalam mesin kulkas untuk menghisap dan memompa gas freon supaya  mengalir ke jaringan pipa pendingin pada kulkas.

Namun,  bunyi yang keluar   dari  kompresor   akan berhenti saat  suhu   dalam kulkas telah  mencapai temperatur tertentu yang sudah  disetel di  thermostat. Kemudian kompresor akan menyala  kembali  dan mengeluarkan bunyi saat  thermostat mendeteksi terdapat  perubahan suhu kulkas.

BACA JUGA : Berapa Suhu Freezer Merek Kulkas Terbaik Ideal untuk Simpan Makanan, Cek Selengkapnya

Berikut p enyebab merek kulkas terbaikmu tidak bisa dingin dan tidak keluar bunyi  :

F aktor yang jadi penyebab masalah ini yaitu  karena kompresor tidak bekerja se mestinya . Tetapi perlu kamu  ketahui, saat  beroperasi, kompresor akan didukung oleh beberapa komponen yang lain nya  yang sangat berpengaruh pada  kinerja kompresor.

Oleh sebab itu, saat  komponen pendukung tersebut rusak , maka bisa mengakibatkan  kompresor tidak berfungsi  dengan baik .

P enyebab kerusakan kulkas tidak dingin disertai dengan tidak bunyi :

1. Kabel power putus

2. Terminal stop kontak rusak

3. Termostat rusak

4. Timer tidak berfungsi

5. Kompresor rusak

6. Relay tidak bekerja

BACA JUGA : Berbagai Macam Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Dan Cara Merawatnya

Salah satu masalah lain yang sering dialami juga oleh   kulkas yaitu kulkas tidak dingin terdapat  suara  gemericik air di sekitar evaporator.  Berikut penyebabnya :

1. Pipa pendingin macet

Dalam sistem pendinggin kulkas  ada  jaringan pipa yang fungsinya  sebagai penyalur sirkulasi gas freon. Aliran gas freon ini bisa macet atau tersumbat oleh  kotoran dan minyak pelumas yang menumpuk di  saluran pipa.  Pada umumnya freon kulkas akan mengalami kebuntuan atau macet pada  area pipa kapiler atau filter. Hal ini di karenakan   di  bagian pipa tersebut me mpunyai  diameter saluran sangat kecil.

2. Freon bocor

A pabila gas freon  habis karena  mengalami ke bocor an  maka  dapat  mengakibatkan kulkas kamu jadi tidak dingin.  Hal ini umumnya disebabkan karena ada  pipa pendingin yang berlubang.

Di  kulkas 1 pintu hal ini sering terjadi di bagian pipa evaporator akibat  tertusuk benda  yang  tajam  ketika kamu sedang membersihkan bunga es pada evaporator.

Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaikmu tidak dingin dan tidak bunyi. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :