Tanda-Tanda Thermostat Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasannya Disini

Senin 05-08-2024,08:31 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - T hermostat adalah  komponen yang fungsinya  sebagai pengatur suhu di   alat  pendingin seperti merek kulkas  terbaik , freezer, AC  dan alat pendingin lainnya.

T h e rmostat ini memang telah menjadi barang yang wajib di pakai   di  rangkaian peralatan sistem pendingin, disamping tugasnya untuk mengatur seberapa suhu yang sesuai dengan keinginan,  juga dapat  digunakan untuk parameter seberapa besar suhu merek kulkas terbaik yang sudah di atur .

Komponen thermostat yang di pakai  pada peralatan merek kulk as terbaik   yaitu thermostat dengan sistem manual dalam hal untuk menseting suhu, jadi cara me makai  thermostat pada kulkas hanya dengan cara memutar knop putaran yang terdapat di  thermostat itu sendiri.

BACA JUGA : 4 Ciri Timer Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

T hermostat merek kulkas terbaik ini letaknya ada di dalam lemari kulkas, lebih tepatnya ada di bagian samping bak freezer atau yang biasa disebut dengan bak pendingin untuk es batu.

Untuk cara mengetahui k eadaan  dari komponen thermostat merek kulkas terbaik yang telah  rusak ada beberapa tandanya , berikut ini beberapa tanda-tanda thermostat kulkas yang k eadaannya  sudah rusak atau bermasalah.

Tanda-tanda  thermostat kulkas rusak  :

1.  Kulkas tidak dapat  diseting suhunya

K ondisi kulkas yang tidak dapat  di atur  suhunya, malah   yang terjadi adalah kulkas tidak dingin meski pun sudah lama di nyalakan . Solusi  terbaiknya yaitu  hanya dengan ganti komponen thermostat kulkas dengan komponen thermostat   yang baru.

2. Ada bunga es yang muncul di salah satu titik bagian freezer

Ketika kondisi kulkas sedang  normal, maka tidak akan ada  bunga es di  titik tertentu. Maka jika  kulkas  tidak dingin dan ditemu kan terdapat  bunga es di  titik tertentu pada  bak freezer maka dapat dipastikan bahwa kerusakan asalnya bisa dari pipa yang mengalami ke bocor an, sehingga meng akiba tkan  cairan freon men jadi keluar. Apabila  terjadi masalah seperti itu, periksa  juga komponen thermostat karena biasanya komponen thermostat juga mengalami masalah.

BACA JUGA : Cara Mengganti Segel Pintu Merek Kulkas Terbaik

3.  S uhu kulkas tidak dingin

Komponen thermostat pada merek kulkas terbaik adalah komponen yang berhubungan langsung dengan bagian timer, jadi apabila  komponen thermostat sedang bermasalah maka kulkas tidak akan bisa dingin lagi.

Jadi apabila kamu menemukan kulkas yang tidak dingin alangkah lebih baik   kamu lakukan pengecekan pada  komponen thermostatnya terlebih d ah ulu, mungkin saja   keadaan thermostat kulkas  kamu  sudah rusak.

4.  Kompresor kulkas nyala terus

K erusakan pada  komponen thermostat kulkas yang paling parah adalah  bagian kompresor akan nyala  secara  terus menerus tanpa ada jeda. Tanda jika  kompresor kulkas k eadaannya sedang  menyala terus akan ada bunyi nginggg secara terus menerus. Langkah yang bisa kamu lakukan apabila  me nemukan  kompresor kulkas yang menyala terus harus segera kamu matikan kulkasnya  kemudian periksa  bagian komponen thermostat, apabila  memang sudah rusak bisa langsung ganti saja dengan yang baru.

K ompresor jangan sampai kamu biarkan menyala terus   terusan, karena bisa  menimbulkan kerusakan pada komponen lain seperti PTC overload relay yang jebol  atau  paling parah lagi bisa menyebabkan kompresor jadi rusak.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total, Ini Penyebabnya

Berkut ini  cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa  k eadaan  komponen thermostat merek kulkas  terbaik  yang kondisinya  sudah  rusak atau pun  masih normal  :

-  Lepas komponen thermostat yang menempel di  kulkas

-  Ukur hambatan kedua terminal thermostat pada kulkas dengan memakai  multitester dan diukur menggunakan  skala ohm

-   Lalu celupkan bagian ujung pipa sensor ke air   dingin, tinggu beberapa saat hingga jarum multitester bergerak ke  arah  kiri dengan  perlahan. I ni merupakan tanda bahwa komponen thermostat kulkas kamu kondisinya masih normal.

BACA JUGA : Suhu Sempurna Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik Untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

Itulah beberapa tanda t hermostat  merek kulkas terbaikmu mengalami kerusakan dan cara untuk mengecek kondisi komponen t hermostat  pada kulkas kamu. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :