6 Tips Penggunaan AC Inverter Terbaik Agar Pendinginan Lebih Maksimal

Minggu 04-08-2024,20:52 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - AC inverter terbaik menjadi pilihan populer dalam kebutuhan pendinginan berkat kemampuannya yang bisa menghemat energi.

Meski AC inverter terbaik memiliki kemampuan dalam hal hemat daya listrik, tetapi masih banyak orang yang salah dalam menggunakannya.

Namun, untuk bisa merasakan manfaat AC inverter terbaik sepenuhnya, penting untuk kamu mengetahui cara penggunaan yang benar.

Di bawah ini ada beberapa tips penggunaan AC inverter terbaik yang bisa coba kamu lakukan untuk memaksimalkan pendinginannya.

BACA JUGA : Bersihkan Unit, Rekomendasi Merek AC Terbaik Sematkan Fitur Self Cleaning

1. Gunakan AC dengan Ukuran yang Tepat

Untuk menjaga tagihan listrik di rumah agar tetap rendah, kamu perlu memastikan bahwa ukuran unit AC tidak terlalu besar untuk ruangan. Pilihlah ukuran AC yang sesuai dengan ukuran yang sebenarnya.

Jika kamu memiliki beberapa ruangan di dalam rumah, mungkin kamu bisa mempertimbangkannya dengan membeli pendingin ruangan yang ukurannya lebih kecil daripada harus satu unit dengan berukuran besar.

Hal ini akan memungkinkan kamu untuk menggunakan jenis atau ukuran yang lebih efisien, sehingga bisa menurunkan tagihan listrik secara keseluruhan.

2. Setel Suhu Remote yang Dapat Dicapai AC

Berbagai pendingin ruangan umumnya suhu remote diatur sesuai yang bisa dicapai oleh AC-nya. Terlebih pada penggunaan AC inverter terbaik.

Jika kamu menyetel suhu remote AC dengan suhu terendah, namun sebenarnya kamu sadar bahwa ruangan tersebut tidak akan dingin, maka bisa menyebabkan kompresor unit AC terus bekerja keras.

Dan yang terjadi nantinya daya listrik yang digunakan juga akan lebih besar. Oleh sebab itu, kamu bisa menyetel suhu rendah selama 30 menit pertama, selanjutnya kamu bisa mengatur suhu remote sesuai suhu nyaman ruangan tersebut.

3. Pastikan Kondisi Filter Udara Bersih

Filter yang kotor dapat mengurangi efisiensi pendinginan. Hal ini bisa memaksa AC untuk bekerja lebih keras yang membuatnya bisa meningkatkan konsumsi energi.

Kategori :