4 Ciri Timer Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Minggu 04-08-2024,11:18 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Timer yang terdapat pada merek kulkas terbaik yaitu sebuah  komponen kulkas yang bertugas sebagai pengatur waktu. K omponen ini  pada dasarnya  ter diri dari switch yang pergerakannya akan diatur berdasarkan dengan waktu tertentu.

Timer bayak di temukan  di  berbagai macam peralatan elektronik, seperti mesin cuci, microwave atau oven, mesin AC  dan merek kulkas  terbaik . T imer  memiliki   fungsi dasar yang sama pada  s eluruh   alat  elektroni k  tersebut, yaitu untuk menyambung atau memutus aliran arus listrik berdasarkan waktu tertentu.

Dalam merek  kulkas  terbaik , timer  pada  umumnya di jumpai di   model  kulkas 2 pintu. Fungsi dari timer di kulkas yaitu  untuk mengatur proses defrost dan pendinginan kapan akan bekerja. Sehingga bisa   menghasilkan  pendinginan yang terjaga dan ter bebas dari timbulnya bunga es yang bisa mengganggu.

Keberadaan  timer pada merek kulkas  terbaik  biasanya ada  di bagian belakang kulkas bersama an dengan posisi mesin kompressor. Timer kulkas mem punyai  box atau wadah sebagai pelindung untuk menjaga timer dari terjadinya benturan atau penyebab kerusakan yang lain nya .

Apabila timer merek kulkas terbaik tidak bekerja atau mengalami kerusakan , maka akan timbul  beberapa masalah. Misal   kulkas tidak dapat  beroperasi atau bunga es  akan  muncul dalam ruangan pendingin  kulkas .

BACA JUGA : Cara Tepat Menyimpan Daging Sapi Dalam Merek Kulkas Terbaik

Berikut  ciri ciri timer kulkas sudah rusak  :

1.  Kulkas tidak bisa hidup

Kondisi timer pada kulkas terhubung langsung pada  sumber arus listrik  yang terdapat   di rumah. Jika kondisi switch yang terdapat  di dalam timer terjadi  kerusakan, maka akan membuat aliran listrik tidak bisa tersambung pada  mesin kulkas.

Sehingga akan mengakibatkan  kulkas jadi tidak bisa  beroperasi se harus nya. Meski kita sudah menghubungkan colokan kulkas pada  sumber listrik tetapi  tidak  akan bisa  terjadi proses pendinginan.

Kamu bisa  me meriksa dengan  menggunakan Ampere meter untuk mengetahui kulkas kamu apakah bekerja atau tidak. Pada k eadaan dimana timer kulkas sudah rusak, maka ampere meter tidak akan bisa terukur sama sekali daya atau pun  arus nya.

2.  Kulkas tidak dingin

Jika kamu telah menghubungkan kulkas ke sumber listrik d a lam waktu  beberapa jam tetapi merek  kulkas terbaikmu tidak dingin, bisa jadi hal itu disebabkan karena terdapat  kerusakan yang terjadi pada timer kulkas  kamu . Karena pada u mumnya switch di dalam timer tidak berfungsi secara normal.

Switch yang bertugas  menghubungkan aliran listrik ke kompressor mungkin  tidak berfungsi, sehingga membuat kompressor tidak me mperoleh pasokan aliran listrik , sehingga menyebabkan  tidak terjadi sebuah proses pendinginan.

BACA JUGA : Tips Mudah Menata Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer

3.  Muncul bunga es

Bunga es yang muncul dalam ruangan pendingin di kulkas  pada umumnya dikarenakan  kondisi suhu nya yang sangat dingin. Sehingga membuat kandungan air yang ada di udara membeku dan menempel pada beberapa bagian di dalam kulkas.

Oleh sebab  itu ,  di butuhkan  defrost yang fungsinya  untuk mencegah munculnya bunga es tersebut . Kinerja dari d efrost  tersebut akan dikendalikan timer kulkas ,  sama halnya dengan kinerja pada kompressor.

Apabila  switch timer yang menghubungkan listrik dengan defrost mengalami ke rusak an , maka mekanisme kerja dari defrost akan terganggu bahkan tidak bisa bekerja  dan mengakibatkan  bunga es terbentuk dalam merek kulkas terbaik tanpa terkendali .

4.  Kompressor terus menyala

Ki nerja kompressor ini dikendalikan timer kulkas. Timer kulkas akan mengatur waktu kompressor  kapan  beroperasi dan kapan harus berhenti. Caranya yaitu  menyambung atau memutus aliran listrik yang me ngarah  ke kompressor.

Jika timer kulkas mengalami kerusakan, maka kemungkinan akan me mbuat  kompressor jadi terus menerus  bekerja. Sehingga suhu dalam ruangan pendingin bisa jadi sangat dingin sekali dan menimbulkan bunga es yang  cukup  tebal.

Itulah beberapa ciri-ciri timer pada merek kulkas terbaik yang rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :