Merek Kulkas Terbaik Dinyalakan Lama Tapi Tidak Dingin, Simak Penyebab Dan Solusinya

Minggu 04-08-2024,10:01 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik sendiri m enjadi barang  elektronik  yang  bisa di bilang  barang yang penting dan wajib ada di rumah.   Karena biasa kulkas digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk menyimpan bahan makanan supaya  awet dan terlihat segar seperti pada  sayuran dan buah agar tidak cepat mem busuk.

Seiring berjalannya merek kulkas terbaik digunakan, pasti akan terjadi sebuah masalah, misalnya saja kulkas sudah lama dihidupkan tapi tida dingin, hal itu tentu akan sangat mengganggu bagi kebutuhan kehidupan kita sehari-hari.

Kerusakan merek kulkas terbaik yang dinyalakan lama t et api tidak dingin ini hanya sepele namun hal ini jika dibiarkan secara terus menerus akan berakibat fatal, bahan akan membuat makanan dan minuman di dalamnya tidak dingin dan cepat membusuk.

Terdapat  beberapa penyebab dan cara yang dilakukan untuk me mperbaiki  kerusakan pada merek kulkas terbaik yang tidak kunjung dingin setelah kulkas dinyalakan lama .

BACA JUGA : Suhu Sempurna Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik Untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

Penyebab kulkas tidak dingin setelah lama dinyalakan  :

-   Terdapat k erusakan pada  bagian pengatur an  suhu yang berada  di dalam kulkas   di samping freezer

-  Bisa jadi ada  kebocoran pipa freon  kulkas , bisa kebocoran   pada  bagian freezer atau pun pada  bagian pipa freon dekat dengan kompresor

-  Sering me naruh  makanan atau minuman yang panas ke kulkas

-  K e urangan cairan  pendingin ( freon )  pada kulkas

-   Pintu k ulkas sering tidak tertutup   rapat

Cara memperbaiki kulkas tidak dingin saat sudah  dinyalakan lama  :

1.  Cek pintu kulkas

Cara mengecek nya yaitu tutup pintu kulkas,   kemudian  amati kondisi pintu kulkas apakah tertutup  atau  ada ruang yang tidak tertutup  dengan sempurna. Jika  pintu kulkas sudah bisa di tutup tapi tidak rapat berarti  pintu kulkas tersebut sudah bermasalah.

BACA JUGA : Andal dan Optimal Menjaga Makanan, Simak 5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Toshiba

C ara memperbaiki nya yaitu   periksa  engsel pintu dan karet lis pintu kulkas.  Jika kulkas tidak dingin meski sudah dinyalakan dalam waktu lama, bisa jadi kerusakan tersebut ada  di komponen pengatur suhu  pada  kulkas.

Karena cara kerja pengatur suhu kulkas merupakan  mengontrol suhu dingin dalam kulkas sesuai setelan yan g  diseting. Jadi apabila  pengatur suhu kulkas diputar hingga  full tapi  tidak terdapat  perubahan suhu dingin ,   mungkin  kerusakan tersebut memang asalnya  dari pengetur suhu kulkas yang telah  rusak.

Penyebabnya pengatur suhu kulkas rusak, bisa karena  faktor umur pe nggunaan  kulkas, faktor pengatur suhu yang sering disetel  atau  diputar - putar, dan faktor komponen kualitasnya yang memang kurang b aik .

2.  Cek kebocoran pipa freon kulkas

Biasanya yang sering terjadi kerusakan  kulkas  jadi  tidak dingin yaitu pada  jalur pipa evaporator kulkas  yang  merupakan bak pendingin freezer kulkas. Kebanyakan  kasusnya karena evaporator terkena congkelan benda  yang  tajam seperti sendok garpu atau pisau ketika   hendak  mengambil es batu.

Terdapat 2 cara untuk memperbaikinya yaitu  cara pertama ganti evaporator kulkas yang baru tetapi harganya sedikit  mahal. Cara kedua yaitu t ambal evaporator yang bocor tersebut dengan pakan las khusus untuk pipa evaporator kulkas atau bisa juga dengan  lem khusus   evaporator kulkas.

BACA JUGA : Cara Mengisi Freon Merek Kulkas Terbaik Yang Aman Dan Mudah Diterapkan

3.  Cek tekanan freon kulkas

Periksa  tekanan freon kulkas pakai alat manifold untuk  tahu  besar nya  tekanan freon kulkas yang terdapat  di dalam kulkas, periksa  juga ukuran ampere kompresor kulkas  pakai  ampere meter.

Apabila  memang tekanan freon berkurang dari batas normal kulkas maka langsung isi  saja  freon kulkas sesuai dengan tekanan freon dan ampere yang di sarankan  dalam batas yang aman kompresor kulkas tersebut. Biasanya ada di  name plate stiker di belakang kulkas dekat kompresor kulkas.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki merek kulkas terbaik yang sudah lama nyala tapi tidak dingin-dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :