Berikut 7 Hal Wajib Dilakukan Agar Merek AC Terbaik Awet Tahan Lama

Sabtu 03-08-2024,15:41 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

Hal ini dilakukan untuk bisa mengontrol kinerja AC. Pendingin ruangan yang rusak akan mengeluarkan suhu udara yang tidak sesuai dengan pengaturan suhu yang sudah diatur melalui remote AC.

Misalanya kamu sudah mengatur suhu AC 20 derajat celsius, akan tetapi pada termometer terlihat suhu ruangan tersebut yaitu 25 derajat celsius. Hal inilah bisa menjadi tanda bahwa kondisi AC kamu tidak sepenuhnya baik.

Akan tetapi perlu diingat juga bahwa suhu yang tidak sesuai juga bisa disebabkan oleh ukuran ruangan yang terlalu besar atau banyak orang di dalamnya. Jadi, kamu perlu pastikan apa yang sebenarnya jadi penyebabnya.

BACA JUGA : Bikin Boncos Uangmu, Simak Kebiasaan Buruk Penyebab Merek AC Terbaik Cepat Rusak

4. Gunakan AC Sesuai Kebutuhan

Pendingin ruangan ideal digunakan 5 jam dalam satu kali pemakaian. Mengingat daya yang dibutuhkan AC lumayan besar, maka penggunaan AC sesuai kebutuhan tentunya akan membantu kamu menghemat dalam pengeluaran setiap bulan.

Semakin sering kamu menggunakan AC, maka semakin banyak juga konsumsi listrik yang dibutuhkan. 

5. Cek Tekanan Freon

Jika kamu ingin merek AC terbaik lebih tahan lama, maka kamu bisa melakukan cara merawat dengan mengecek tekanan freon yang ada di AC tersebut. Pengecekan ini bisa dilakukan setiap enam bulan sekali.

Namun dalam pengecekkannya harus dilakukan oleh ahli, mengingat freon merupakan salah satu bahan pendukung yang dapat menentukan dingin atau tidaknya sebuah AC.

BACA JUGA : Berikut Tips Agar Merek AC Terbaikmu Lebih Awet Dan Hemat Listrik

6. Gunakan Fitur Timer

Cara ini dilakukan bertujuan agar pendingin ruangan bisa mati secara otomatis. Misalnya saat malam hari ketika kamu akan tidur. Gunakan AC maksimal 5 jam dalam satu kali pemakaian.

Perlu diingat, jangan terlalu sering mengatur AC dengan suhu di bawah 22 derajat celsius. Pasalnya, bisa membuat unit AC lebih cepat panas, sehingga rentan mengalami kerusakan yang lebih serius.

7. Dilarang Merokok Dalam Ruangan

Salah satu yang bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada AC yaitu asap rokok. Namun, hal ini belum banyak diketahui.

Kategori :