Berikut Tips Agar Merek AC Terbaikmu Lebih Awet Dan Hemat Listrik

Sabtu 03-08-2024,08:56 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik telah  menjadi bagian  yang  penting di dalam kehidupan rumah tangga  sehari-hari . Tetapi harus kamu ingat bahwa AC bisa saja mengalami   suatu masalah apabila kamu menggunakannya dengan asal -asalan.  

Keberadaan merek AC terbaik bisa  membuat kamu  dapat beristirahat dalam ruangan dengan sangat nyaman, baik saat  malam hari atau pun saat  siang hari.

Saat ini, ada be rbagai  Merek  AC terbaik menyediakan berbagai  macam  fitur dan keunggulan nya . Tetapi  demikian itu  bisa men jadi kurang maksimal  apabila kamu  tidak paham  cara menggunakan AC secara tepat.

Bisa jadi selama ini kamu hanya tahu sedikit tentang AC  sehingga tidak melakukan perawatan dan pemakaian merek  AC terbaik dengan tepat.   Salah satu yang bisa berpengaruh terhadap  keawetan dan daya tahan  AC yaitu   pengaturan  suhu AC secara  tepat.

BACA JUGA : Cara Cepat Dan Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Tipe Split

Berikut tips agar AC rumah kamu lebih awet dan hemat lsitrik :

1.  Pastikan Ruangan Tertutup Rapat

Perhatikan seluruh celah udara dari jendela   sampai    pintu . Apabila s udut yang terbuka di ruangan makin banyak , maka membuat kerja AC akan makin berat, apalagi bila  sirkulasi dalam ruangan sedang tidak baik . Pastikan suhu dingin dalam ruangan tidak terbuang dengan percuma akibat dari kelalaian   desain ruangan.

2.  Mulai dari 25 Derajat

AC  mem butuh kan proses untuk menyala. Suhu  AC di atur jangan langsunga pada suhu yang rendah.  Karena jika suhu  AC disetting di  16 derajat agar  ruangan cepat dingin. Supaya AC bibsa tahan lama, lebih baik kamu setting AC di  suhu 25 derajat ke t ika  baru memulai.

Dengan suhu ini, AC akan bekerja   perlahan  untuk menjaga se luruh  komponen berbagi perannya masing-masing.  S uhu tubuh kamu juga  harus beradaptasi dengan baik. Maka dari itu, meng atur suhu AC langsung pada   suhu yang  paling rendah  bukanlah suatu hal yang baik .

3.  Turunkan Secara Perlahan

Kompresor merek AC terbaik akan mulai bekerja dengan normal 5  hingga 10 menit di awal. Setelah itu, kamu dapat menurunkan suhu nya  lebih rendah lagi, tetapi harus dilakukan secara perlahan.

Alangkah baiknya  penurunan  suhu  AC di awal kamu mulai dari suhu 1  derajat hingga 4 derajat. Biarkan dulu sejenak hingga kamu dapat  merasakan suhunya, setelah itu baru diturunkan lagi suhunya bila  memang dirasa masih dingin.

Lakukan hal yang sama ketika kamu ingin  menaikkan suhu AC. Cara ini juga efektif sebagai tips dalam merawat AC.  Sama halnya juga ketika  ingin menaikkan suhu. Suhu jangan dinaikkan  lebih dari 5 derajat secara be rturut-turut .

Karena khawatirnya kompresor dan filter yang ada di dalamnya akan bekerja lebih keras, dan mem buat proses keausan  lebih cepat .

4.  Suhu Khusus Tidur

Sebaiknya atur suhu AC jauh sebelum kamu tidur . Kebanyakan  orang akan lebih merasa nyaman saat  tidur dengan suhu   lebih hangat. Sebaiknya  suhu AC di naikkan   4 derajat lebih tinggi dari suhu yang biasa nya   kamu   pakai , sehingga kamu tetap dapat merasa kan  dingin tanpa kedinginan.

Tetapi apabila kamu  termasuk orang yang bisa lebih bisa pulas tertidur dengan suhu yang dingin, kembalikan saja pengaturan  suhunya  seperti ketika  siang hari, ya itu sekitar  16  hingga 20 derajat, tergantung dengan preferensi kamu .

BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Dengan Efisien Dan Menghemat Tagihan Listrik

5.  Manfaatkan Mode Auto

Mode auto berufngsi   untuk  mengatur suhu secara otomatis.  Apabila kamu  mulai men ghidupkan  merek AC terbaik  di  suhu 25 derajat, mode tersebut otomatis akan memerintahkan kompresor bekerja dengan patokan waktu.

Suhunya aka n   terus berubah   dengan otomatis sesuai  dengan  isi  di dalam ruangan, keadaan ruangan nya , dan suhu normal pada ruangan.

6.  Pastikan Daya Listrik Cukup

Suhu udara di ruangan tidak  akan  maksimal apabila   ketersediaan daya listrik nya   tidak stabil . AC hemat listrik bisa  menekan konsumsi p emakaian watt mencapai setengahnya.

Apabila  listrik di rumah kamu daya nya  900 watt, maka   AC ber teknologi inverter hanya akan mengkonsumsi  350-400 watt saja. Jadi, sisa daya bisa di pakai untuk kebutuhan  yang  lain seperti memasak, alat elektronik  hiburan sampai  pe makaian mesin air listrik.

7.  Matikan Saat Keluar Ruangan

K ebiasaan mematikan AC bisa menghemat lsitrik dan  memperpanjang usia perangkat. Sehingga suhu yang di hembuskan  akan konsisten.

Matikan  AC   bila  tidak digunakan. Ketika rumah  kamu tinggalkan , sangat di sarankan AC  untuk di tikan, apalagi   bila kamu   ingin meninggalkan rumah dalam waktu  lumayan lama.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar merek AC terbaik di rumah kamu lebih awet dan hemat listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :