Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Dengan Efisien Dan Menghemat Tagihan Listrik

Jumat 02-08-2024,19:54 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik merupakan  bagian yang paling penting dari kenyamanan di dalam rumah  tangga , namun bisa juga biaya pengeluarannya mahal.

Penggunaan merek AC terbaik dalam rumah bisa membuat kita nyaman saat melakukan aktivitas, apalagi saat cuaca sedang panas, pasti alat pendingin ruangan sangat dibutuhkan.

Walaupun terkenal dengan energi yang dibutuhkan banyak , tapi terdapat  beberapa cara untuk membuat merek A C terbaik kamu  lebih efisien dan menurunkan tagihan  listrik di rumah kamu .

Beberapa langkah yang efisien dalam menggunakan merek AC terbaik mungkin akan mem erlukan waktu, n a mun dapat  menghemat ratusan dolar untuk  biaya energi listrik dari waktu ke waktu.  

BACA JUGA : Berikut Fungsi Dan Manfaat Triple Air Flow Merek AC Terbaik

1. Ganti Filter Udara Setiap 6 Bulan

P ertama  yang ahrus kamu lakukan   dalam memakai  AC secara efisien yaitu  me ngecek  dan mengganti filter udara nya .

Baik pada AC yang mempunyai filter bawaan ata upun filter yang terpisah yang ter pasang di  saluran udara, kamu harus menggantinya tiap 6  bulan.

Penting untuk me makai  filter yang memiliki kualitas tinggi yang kondisinya tetap bersih dan ter bebas dari kotoran  dan debu .

Untuk memastikan hal itu , hanya  gunakan  kain  yang  kering untuk membersihkan filter yang sudah lama dan jangan sampai terkena air atau udara  yang  lembab.

Filter udara merupakan urutan pertahanan yang pertama terhadap debu dan kotoran yang ada di rumah kamu . Mereka bisa  menangkap h sampai 90% partikel kecil 0,3 mikron, namun   harus  diubah dengan teratur untuk menjaga kinerja agar optimal.

Mengganti filter udara yang ada sumbatannya dengan filter yang baru bisa   membuat penggunaan  energi AC menurun seb anyak  5 -  15 % .

Apabila kamu mempunyai hewan peliharaan atau alergi, sangat penting untuk memantau filter nya  karena kamu  mungkin perlu menggantinya dengan lebih sering.

Apabila kamu  melihat bahwa AC kamu  tidak  bisa   dingin  dengan baik, maka coba cek  filter terlebih dahulu karena mungkin  filternya kotor.

2. Gunakan Termostat Pintar atau Pengontrol AC

Dengan memakai termostat pintar atau pengontrol AC bisa  membantu kamu dalam menghemat biaya energi  listrik . Termostat merupakan alat  yang  dipakai untuk  mengontrol suhu   dalam sebuah bangunan.

Saat ini sudah banyak termostat yang bisa terhubung ke internet dan me mpunyai  fitur seperti penjadwalan, akses jarak jauh, dan geo-fencing.

Termostat pintar merupakan  teknologi yang relatif baru yang membuat kamu bisa meng ontrol dari jarak jauh sistem HVAC  kamu   lewat  smartphone atau tablet.

Mereka mem punyai banyak fitur termasuk fitur sensor kehadiran (matikan atau hidupkan saat  tidak ada orang d alam  rumah), konektivitas Wi-Fi ( kamu bisa memprogram dari mana  pun ), sensor kelembaban (matikan AC saat  tingkat kelembaban sudah tinggi), dan kemampuan geofencing ( nyalakan di  waktu dan hari tertentu).

3. Biarkan Pintu dan Jendela Terbuka Secara Parsial

Menjaga pintu dan jendela agar tetap tertutup merupakan  hal yang paling penting dilakukan untuk menjaga kesejukan  ruangan .

Saat  suhu di luar naik , kamu pasti akan membuka pintu ataupun jedela rumah , yang membuat udara panas masuk ke dalam rumah ,   hal itu  akan terus dilakukan  sampai kamu  menutupnya lagi .

Coba  kamu  biarkan saja terbuka secara parsial. Sehingga beberapa aliran udara masih bisa  lewat tanpa me mbuat  terlalu banyak kekacauan yang terjadi di dalam rumah saat suhu di luar sedang panas.

BACA JUGA : Jangan Dibuang, Berikut Manfaat Air Merek AC Terbaik

4. Pakai   ukuran AC yang Sesuai   dengan Ukuran Ruangan

Agar  tagihan energi tetap rendah, kamu  perlu p astikan bahwa unit AC kamu ukuran PKnya tidak terlalu besar untuk ruangan  kamu .

Kamu bisa pakai kalkulator ruangan yang akan membantu kamu menentukan ukuran AC  yang tepat  untuk ruang an kamu .

Apabila kamu mempunyai  beberapa ruangan, mungkin akan bermanfaat jika kamu  membeli beberapa unit lebih kecil daripada 1  unit yang besar.

Hal ini akan membuat kamu  untuk me makai  model   yang lebih efisien dan menurunkan  tagihan  listrik   keseluruhan.

5. Matikan AC saat   kamu tidak ada di rumah

Apabila kamu mempunyai termostat yang bisa diprogram, pastikan kamu atur supaya  AC   nyala secara otomatis 30 menit sebelum kamu  kembali pada  malam hari dan 1  jam sebelum kamu  kembali pada  pagi hari.

Dengan  begitu,  suhu rumah kamu  akan nyaman s ketika kamu sudah  pulang   bekerja atau sekolah, dan hal itu juga bisa  menghemat hingga 20% tagihan energi kamku .

Apabila  memungkinkan, kamu bisa pertimbangkan untuk me makai saklar waktu untuk mematikannya sepenuhnya  saat   kamu meninggalkan rumah dalam  waktu lama.

6. Menggunakan mode sleep di malam hari

Suhu dan kecepatan kipas AC akan dengan  otomatis disesuaikan pada  mode TIDUR untuk membuat ruang an agar  lebih nyaman saat malam hari.

Sampai suhu yang sudah ditentukan 78 derajat, suhu AC akan meningkat otomatis t iap 30 - 60 menit dan mengubah maksimum sebanyak 6  kali.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam menggunakan merek AC terbaik secara efisien agar hemat tagihan listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :