Belitung Timur: Destinasi Wisata Terbaru 2024 Pesonanya Estetik dan Unik

Jumat 02-08-2024,17:47 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

Saat berada disini ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan, misalnya seperti snorkeling dan menyelam. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas Bugis yang legendaris di pulau ini.

Lokasi: Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Hotel di Belitung, Wisata Terbaru 2024 Cocok Buat Santai Menikmati Pantai Eksotis

Open-Pit Lead Mining

Objek wisata terbaru 2024 lainnya yang ada di Belitung Timur adalah Open Pit Lead Mining. Tempat wisata ini merupakan bekas tambang timah yang disulap menjadi kawasan wisata lubang besar bawah tanah.

Kawasan wisata ini menawarkan berbagai macam kegiatan wisatwa yang menyenangkan, misalnya seperti susur goa, panjat tebing, bermain ATV bahkan camping di area yang sudah ditentukan.

Sebagai kawasan bekas tambng timah, tempat ini menyughkan panorama alam yang memukan sehingga sering dijadikan tempat berburu foto bagi para fotografel handal maupun pemula.

Lokasi: Kampong Gunong, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA : 4 Spot Wisata Terbaru 2024 Bangka Belitung!! Menjelajahi Surga Tropis Indonesia yang Tersembunyi

Bendungan Pice Besar

Destinasi wisata di Belitung Timur yang berikutnya adalah Bendungan Pice Besar, yang merupakan peninggalan sejarah dari masa pemerintahan Belanda.

Bendungan ini dibangun pada tahun 1934-1936 yang difungsikan untuk mengatur tingkat air yang ada di kawasan ini serta memudahkan kapal keruk dalam melakukan eksplorasi di sekitar wilayah tersebut.

Bendungan Pice Besar memiliki panjang sekitar 50 meter dengan 16 pintu air yang berukuran 2,5 meter. Bendungan ini dilengkapi juga dengan sebuah jembatan sebgai akses masyarakat menuju Desa Cangguh.

Lokasi: Desa Cangguh, berdekatan dengan kantor PT Timah di Kawasan Gantong, Belitung Timur.

Rumah Keong

Dermaga Kirana atau dikenal juga Rumah Rumah Keong yang dibangun di atas kolong, sebuah kolam bekas penambangan timah yang menjadi ciri khas masyarakat Bangka Belitung.

Kategori :