Mitos atau Fakta, Merek AC Terbaik Rusak Jika Tidak Dipakai, Simak Ulasannya

Kamis 01-08-2024,18:08 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Masalah pada merek AC terbaik yang tidak dingin merupakan sebuah kondisi yang umum dialami oleh masyarakat modern. Ternyata, AC tidak yang dingin tidak hanya terjadi di pemakaian yang rutin sehari-hari. Banyak orang risau karena AC miliknya jadi tidak dingin karena telah lama tidak digunakan padahal kondisi AC sebelumnya masih normal.

Masalah berupa merek AC terbaik tidak dingin sering terjadi di rumah yang lama tidak dihuni atau ditinggal saat liburan panjang oleh pemilik rumah. Perdebatan tentang AC apakah akan rusak bila tidak digunakan membuat banyak orang jadi khawatir secara berlebihan.

Padahal faktanya, penyebab dari kerusakan pada merek AC terbaik bukan karena terlalu lama tidak dipakai. AC yang tidak dingin setelah lama tidak dipakai itu terjadi akibat dari adanya komponen AC yang rusak dan kerusakan tersebut belum bisa terdeteksi.

Hal itu yang jadi penyebab orang baru menyadari bahwa merek AC terbaik sedang rusak saat baru menyalakan AC kembali. Hal itu tidak akan terjadi pada AC yang dihidupkan setiap hari karena jika ada kerusakan kecil maka penggunanya akan langsung menyadarinya.

 BACA JUGA : Berikut Cara Kerja, Fungsi Dan Tips Merawat Kompresor Merek AC Terbaikmu

Beberapa faktor penyebab AC tidak dingin setelah lama tidak digunakan :

- Filter AC tertutup debu : Fungsi dari komponen pada AC ini memang sangat penting untuk menyaring debu dari ruangan. Adanya debu yang terkumpul di waktu yang lama pada filter AC akan membuat AC menjadi tidak bisa dingin.

- Kondensor tertumpuk debu dan kotoran: Keberadaan kondensor AC yang ada di unit outdoor tentu akan membuatnya rentan tertimbun oleh debu dan kotoran, terutama saat cuaca panas. Kamu harus membersihkan kondensor hingga tuntas sebelum kamu kembali menghidupkan AC setelah lama tidak dipakai.

- Kebocoran gas freon: udara dingin yang dihasilkan oleh AC asalnya dari sirkulasi gas freon di dalam sistem yang tertutup. Jika pipa sirkulasi freon bocor, maka akan mengakibatkan tekanan freon kurang sehingga AC akan gagal dalam mendinginkan ruangan dengan maksimal. Karakter dari gas freon yang tidak ada warnanya dan memiliki bau yang membuat kebocorannya hanya bisa terdeteksi saat AC dinyalakan.

- Komponen AC lainnya mengalami kerusakan: Kompenen tersebut seperti Printed Circuit Board (PCB) dan kompresor AC.

 BACA JUGA : Tips Menggantungkan Pewangi Pada Merek AC Terbaik Agar Ruangan Wangi

Cara efektif mencegah kerusakan merek AC terbaik akibat lama tidak dipakai :

- Cek kebersihan AC dengan rutin: Sebaiknya kamu tetap konsisten untuk mengecek kebersihan pada AC kamu secara rutin setidaknya dilakukan setiap 3 bulan sekali. Beri waktu luang untuk kamu membersihkan tiap elemen pada AC yang kotor supaya fungsinya tidak terganggu ketika AC digunakan kembali.

- Tutup kondensor menggunakan kain: Keberadaan kondensor yang terdapat di luar ruangan akan membuatnya rentan terkena kotor meskipun tidak digunakan. Oleh sebab itu, kamu harus menutup kondensor menggunakan kain yang bersih dan kering untuk meminimalkan debu yang menempel di permukaannya. Cara ini juga efektif untuk membuat unit outdoor AC kamu agar tidak cepat kotor.

- Hidupkan AC meskipun sebentar: Sediakan waktu yang senggang untuk menyalakan AC meski hanya sebentar. Langkah ini membuat sirkulasi freon pada sistem pendinginan AC dapat beroperasi dengan lancar. Pastikan ruangan kamu yang ber-AC kondisinya tertutup dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung supaya tidak membuat kinerja kompresor terbebani secara berlebihan.

- Bersihkan ruangan yang ber-AC supaya selalu kering: Risiko terjadi kerusakan pada AC akan meningkat jika kondisi ruangannya lembap dan berdebu, misalnya terjadi kontaminasi jamur dan karat di bagian dalam unit indoor AC.

Itulah beberapa penjelasan tentang merek AC terbaik apakah akan rusak jika tidak dipakai, dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah AC rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :