Keuntungan Menggunakan Smart Merek AC Terbaik Untuk Rumah Kamu

Kamis 01-08-2024,10:51 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Di zaman modern yang serba canggih ini, kamu dapat mendapatkan banyak keuntungan jika memanfaatkan inovasi barang elektronik rumah tangga yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir, termasuk alat pendingin ruangan yaitu merek AC terbaik.

Meski dari biayanya, pada umumnya smart merek AC terbaik dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Tetapi dengan banyak keunggulan yang kamu bisa dapatkan dari smart AC hal itu tentu tidak jadi masalah.

Apalagi bila kamu disiplin dalam melakukan perawatan pada smart merek AC terbaik dan memperhatikan cara penggunaannya, pendingin ruangan pintar dapat lebih awet selama digunakan.

Dengan harga yang tinggi itu akan sebanding dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan. Me skipun harganya mungkin agak lebih mahal namun kamu dapat mempertimbangkan beberapa keuntungan menggunakan smart merek AC terbaik untuk rumah pintar kamu berikut ini.

BACA JUGA : Tips Menggantungkan Pewangi Pada Merek AC Terbaik Agar Ruangan Wangi

1. Lebih mudah dalam pengoperasian

Pengguna smart AC dapat memonitori AC dari kejauhan dengan menggunakan tablet atau ponsel yang dihubungkan dengan internet. Hal ini memungkinkan kamu untuk menghidupkan atau mematikan AC, mengatur suhu AC, mengatur kecepatan kipas pada AC, dan mode operasi pada AC tanpa kamu harus ada di dekat unit AC.

Smart AC juga membuat kamu untuk buat jadwal pengoperasian AC secara otomatis. Kamu bisa mengatur AC untuk nyala atau mati di waktu tertentu dalam satu hari, sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot mengatur ulang tiap kali kamu hendak memakai AC.

2. Lebih Hemat energi

Hal ini dikarenakan pendingin ruangan pintar sudah dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi suhu tubuh dan kelembaban yang ada di dalam ruangan. Sehingga sistem bisa mengatur sedemikian rupa untuk mempertahankan suhu di dalam ruangan tanpa harus membuang energi yang berlebihan.

Kamu juga bisa mengatur jadwal untuk operasi AC melalui aplikasi pintar pada HP kamu. Misal kamu bisa mengatur AC untuk nyala hanya di waktu-waktu tertentu saat kamu ada di rumah atau memerlukan pendinginan, dan mati ketika sudah tidak diperlukan. Hal itu bisa membantu mengurangi konsumsi energi yang tidak perlu.

Ketika memilih AC yang hemat energinya, mak prioritaskan AC yang rating energinya tinggi, misal AC yang ada label Energy Star, pilih kapasitas AC yang sesuai ukuran ruangan, pertimbangkan teknologi inverter untuk penghematan energi yang lebih lanjut.

Perhatikan berbagai macam fiturnya seperti mode hemat energi dan pengaturan untuk suhu yang otomatis, serta pastikan kamu lakukan pemeliharaan secara rutin supaya AC tetap efisien.

3. Terintegrasi dengan sistem pintar lainnya

Jika kamu telah merancang rumah pintar berbasis IoT, berarti smart AC kamu perlu masuk daftar alat elektronik yang ingin kamu pakai. Karena salah satu keunggulan dari smart AC yaitu bisa terintegrasi dengan sistem pintar lainnya.

Banyak smart AC yang dirancang dengan kemampuan bisa terhubung lewat protokol komunikasi standar seperti Bluetooth, Zigbee, atau Wi-Fi.

Hal itu memungkinkan samrt AC untuk bisa komunikasi dengan perangkat teknologi smart home kamu yang mendukung juga dengan protokol yang sama.

Dengan demikian, kamu dapat memanfaatkan virtual assistant yang membuat operasional seperti menhidupkan dan mematikan AC bisa hanya dari perintah suara, hal itu tentu akan memudahkan hidup kamu.

4. Lebih mudah dalam perawatan

Hal ini tentu karena pendingin ruangan pintar mempunyai fitur pemeliharaan otomatis yang membuat AC bisa menjalankan proses pembersihan atau perawatan dengan rutin secara otomatis. Sehingga bisa mengurangi beban kerja penggunanya dalam menjaga AC agar kondisinya tetap baik.

BACA JUGA : Servis AC di Rumah, Ketahui Permasalahan Pada Merek AC Terbaik

5. Mengontrol penggunaan energi

Smart AC bisa mengontrol pemakaian energi melalui beberapa fitur yang dimilikinya. Smart AC dilengkapi teknologi pintar dan sensor yang mampu mendeteksi keadaan lingkungan dan pola pemakaian yang efisien.

Dengan begitu, smart AC bisa mengatur pengoperasiannya otomatis, Pemakaian energi lebih optimal dengan menyesuaikan suhunya, kecepatan pada kipas, dan mode operasi berdasarkan dengan kebutuhan yang aktual pada ruangan.

Misal saat suhu dalam ruangan telah mencapai tingkat yang diinginkan, maka pendingin ruangan pintar bisa menyesuaikan kecepatan kipasnya atau mematikan dirinya secara sendiri sementara waktu, sehingga akan menghemat energi tanpa harus mengorbankan kenyamanan pada penggunanya.

Smart AC juga sudah terdapat fitur pengatur jadwal dan kontrol AC dari jarak yang jauh dengan menggunakan aplikasi pintar. Pengguna bisa mengatur jadwal pengoperasian AC sesuai kebiasaan harian penggunanya, sehingga AC hanya bisa menyala ketika dibutuhkan.

Berbagai fitur tersebut akan membuat penggunanya mudah dalam mengontrol atas pemakaian energi AC, membantu mengoptimalkan pada pemakaian energi dan tagihan listrik keseluruhan bisa berkurang.

6. Ada pemberitahuan jika  terjadi disfungsional bagian AC

Hal ini dikarenakan pada smart AC sudah dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi adanya sebuah kegagalan di bagian AC, misal seperti ada masalah pada kompresor, maslaah pada fan, ataupun masalah di sensor suhunya.

BACA JUGA : Sederet Manfaat Penggunaan Merek AC Terbaik Bagi Kesehatan Wajib Diketahui

Dengan otomatis, AC akan mengirimkan notifikasi pada penggunanya melalui aplikasi ponsel pintar ataupun melalui perangkat yang lainnya yang terhubung ke internet.

7. Me mpunyai  banyak fitur tambahan yang canggih

Hal ini tentunya tidak dapat kamu dapatkan pada AC jenis konvensional.

Itulah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika memakai smart merek AC terbaik untuk rumah kamu. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :