Mau Beli Kulkas Baru, Ketahui Berbagai Merek Kulkas Terbaik Berikut

Rabu 31-07-2024,11:16 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Sampai saat ini, merek kulkas terbaik jadi salah satu alat elektronik yang paling penting di dalam rumah karena fungsi dari kulkas yang sangat beragam, mulai dari untuk menjaga kesegaran dari bahan makanan, untuk menyimpan beberapa benda selain makanan seperti obat-obatan, vaksin dan skincare, serta untuk memfasilitasi promosi dalam penjualan berbagai makanan dan minuman.

Terdapat beberapa macam merek kulkas terbaik yang beredar di pasaran sehingga kamu bisa dengan leluasa memilih tipe kulkas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Hal penting yang wajib jadi perhatian kamuse ketika belum membeli merek kulkas terbaik yang baru yaitu jenis kulkas dan ukuran pada kulkas.

Apabila kamu masih bingung tentang berbagai macam merek kulkas terbaik dan karakteristiknya, Berikut ulasan lengkapnya :

BACA JUGA : Bisa Ganti Sendiri, Berikut Cara Mengisi Freon Merek Kulkas Terbaik

1. Kulkas Freezer

Jenis kulkas ini paling cocok digunakan untuk menyimpan es krim, es batu, frozen food, dan bahan makanan lainnya dalam jumlah yang banyak karena kulkas ini memiliki kapasitas besar.

Selain itu, kemampuan dari kulkas freezer untuk membekukan terbilang lebih efektif dibandingkan dengan jenis kulkas yang lainnya.

Kulkas ini temperaturnya bisa sampai -280 C sehingga kesegaran pada bahan makanan bisa terjaga dengan maksimal. Freezer dapat dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu deep freezer yang memiliki bentuk menyerupai kulkas 1 pintu dan chest freezer yang memiliki bentuk lebih lebar dengan pintunya yang ada di bagian atas.

2. Kulkas Showcase

Di antara jenis kulkas lainnya, kulkas showcase ini paling cocok dipakai untuk promosi untuk kamu yang mempunyai usaha kuliner ataupun toko kelontong.

Pada bagian pintu kulkas jenis ini terbuat dari kaca yang transparan sehingga siapa pun dapat melihat di bagian dalam kulkas tanpa membuka pintunya terlebih dahulu.

Kulkas showcase bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam makanan dan minuman karena memiliki ketinggian rak ynag bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

3. Kulkas 1 Pintu

Apabila kamu tidak memerlukan kulkas yang memiliki ukuran terlalu besar, maka kulkas 1 pintu dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk kamu.

Ukuran dari kulkas ini tergolong mungil dan konsumsi untuk daya listriknya juga lebih rendah dibandingkan dengan kulkas 2 pintu.

Namun pada bagian freezer kulkas 1 pintu rentan untuk tertutup dengan bunga es karena freezer dan chiller kulkas ada di satu kompartemen yang sama.

4. Kulkas 2 Pintu

Kulkas ini menjadi solusi bagi kamu yang memerlukan kulkas dengan ukuran yang besar untuk skala di rumah tangga.

Kulkas 2 pintu termasuk yang paling populer yang dijual di pasaran jika dibandingkan dengan kulkas jenis lainnya, karena kulkas 2 pintu dilengkapi berbagai fitur yang menarik.

Konsumsi daya listrik kulkas 2 pintu memang cukup besar, namun  manfaatnya akan sebanding dengan biaya yang perlu kamu keluarkan.

Pemakaian kulkas 2 pintu akan membuat kamu jadi leluasa dalam menyimpan bahan makanan ataupun makanan yang matang di rumah kamu.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaikmu Bau, Berikut Cara Ampuh Untuk Menghilangkannya

5. Kulkas Side by Side

Jika dilihat sekilas, kulkas side by side ini mirip dengan kulkas 2 pintu. Bedanya ada pada letak pintunya. Kulkas 2 pintu pintunya di atas dan bawah, sedangkan kulkas side by side pintunya ada di bagian kanan dan kiri.

Pada bagian kiri biasanya adalah freezer, sedangkan pada bagian kanan yaitu chiller. Ukuran dari kulkas side by side ini jauh lebih besar dibandingkan kulkas 2 pintu sehingga kapasitas muatan pada kulkas side by side juga lebih besar.

Biasanya kulkas side by side harganya cukup mahal dan penggunaan daya listriknya juga lumayan tinggi.

6. Kulkas Multi Door French Door

Kulkas multi door hampir mirip dengan kulkas side by side. Tetapi, jumlah pintu dan kompartemen kulkas multi door lebih dari 2, bahkan bisa sampai 5 atau lebih.

BACA JUGA : Cara Menyimpan Buah Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Lebih Segar

Biasanya pintu pada bagian atas  untuk membuka pada bagian chillernya, sedangkan untuk pintu di bagian bawah digunakan untuk freezer. Untuk harga kulkas multi door tidak jauh beda dengan harga kulkas side by side.

Kamu akan lebih leluasa dalam mengelompokkan jenis bahan makanan apabila memakai kulkas multi door karena di bagian dalamnya terdiri dari banyak ruang untuk penyimpanan.

7. Kulkas Mini

Varian dari kulkas jenis ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan berbagai macam ukuran kulkas yang lainnya. Kulkas mini hanya bisa dugunakan untuk menyimpan sedikit muatan seperti makanan, minuman, dan camilan lainnya.

Kulkas ini biasanya diperuntukkan bagi kamar hotel ataupun kamar yang ada di rumah supaya tidak menyita banyak kapasitas ruangan dengan berlebihan.

Itulah beberapa macam-macam merek kulkas terbaik yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :