Cara Menyimpan Buah Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Lebih Segar

Rabu 31-07-2024,08:57 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kamu tentu pernah mengalami keadaan saat ingin mengkonsumsi buah, tetapi buah yang ingin kamu makan justru kondisinya sudah dalam keadaan busukketika diambil, padahal buah tersebut sudah kamu simpan di dalam merek kulkas terbaik.

Hal itu bisa terjadi apabila cara menyimpan buah-buahan yang kamu lakukan di dalam merek kulkas terbaik tidak benar. Maka dari itu, penting untuk kamu ketahu cara menyimpan buah-buahan pada merek kulkas terbaik agar kualitas buah tetap terjaga dan tetap segar.

Berikut cara menyimpan buah di merek kulkas terbaik agar lebih segar :

1. Menyimpan buah di kompartemen kulkas

Kamu bisa menyimpan buah di dalam kompartemen kulkas supaya tetap segar. Suhu di dalam merek kulkas terbaik kamu jaga selalu agar suhunya tetap ada di bawah 5°C.

Jangan kamu simpan makanan ataupun minuman terlalu banyak di dalam kulkas, karena akan membuat ruang jadi sempit sehingga mengakibatkan udara dingin tidak bisa mengalir dengan baik.

Alangkah lebih baik kamu beri ruang antar buah agar udara dapat mengalir dan supaya proses pendinginan jadi lebih baik dan bisa merata.

Tetapi perlu kamu ketahui bahwa tidak semua buah-buahan boleh disimpan ke dalam kulkas. Beberapa jenis buah tersebut apabila dimasukkan ke dalam kulkas justru akan mempercepat proses pembusukan dan merusak kualitas buah tersebut.

Buah yang dimaksu yaitu buah semangka, buah alpukat, buah mangga, dan buah apel.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Freezer Yang Salah Dan Membuat Merek Kulkas Terbaik Cepat Rusak

2. Jangan mencuci buah

Jika kamu memiliki niat untuk menyimpan buah didalam kulkas hingga keadaan siap untuk dimakan, maka alangkah lebih baik buah tersebut jangan dicuci dahulu sebelum disimpan di dalam kulkas.

Karena jika kamu mencuci buah sebelum buah disimpan dalam kulkas maka akan membuat buah jadi lembab dan bisa mempercepat proses tumbuhnya bakteri, akibatnya buah akan jadi lebih cepat untuk membusuk.

3. Simpan buah dengan menggunakan tisu

Keadaan yang lembab bisa mempercepat proses pembusukan pada buah yang disimpan dalam kulkas.

Untuk menjaga keadaan buah supaya tidak gampang untuk lembab, kamu bisa membungkus buah atau melapisi buah dengan memakai tisu.

Tisu bisa kamu jadikan sebagai pembungkus buah, supaya kondisi buah bisa tetap segar dalam keondisi buah yang kering.

Cara tersebut bertujuan untuk mencegah dari terjadinya kerusakan di saat kamu menyimpan buah dalam kulkas. Jika kondisi tisu pembungkus buah telah menjadi basah dikarenakan banyaknya cairan yang sudah terserap oleh tisu, kamu harus dengan segera mengganti tisunya dengan tisu yang lainnya yang kondisinya kering. Sehingga kondisi buah akan tetap awet dan bisa juga untuk kamu mengkonsumsinya kapan saja.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Lampu Merek Kulkas Terbaik Yang Mati, Ini Penyebabnya

4. Menyimpan buah di dalam kompartemen freezer

Buah-buahan juga bisa kamu buat agar jadi lebih tahan lama, caranya yaitu dengan membekukan buah tetapi keadaan buah yang belum dikupas atau buah yang telah dipotong.

Dengan melalui proses pembekuan pada buah, maka akan membuat kandungan gizi yang ada pada buah bisa terjaga dengan baik. Hal itu juga bisa mengurangi risiko terjadinya aktivitas pematangan pada buah.

Suhu dalam freezer kulkas dijaga agar suhunya -18C. Hal itu supaya mencegah waktu kadaluarsa dalam penyimpanan, alangkah baiknya kamu lakukan pencatatan di tanggal pembekuan, batas waktu buah tersebut bisa dimakan, dan nama makanan yang kamu bekukan.

Untuk menjaga agar kualitas buah tetap terjaga, kamu bisa perhatikan suhu yang sesuai dan letakkan buah di wadah yang terpisah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menyimpan buah di dalam merek kulkas terbaik agar lebih segar. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :