6 Cara Efektif Menjaga Merek Kulkas Terbaik Agar Tahan Lama

Senin 29-07-2024,18:33 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

Dengan menggunakan stop kontak tunggal akan memastikan kulkas anda mendapatkan arus listrik yang stabil dan tidak terganggu oleh perangkat lainnya. Hal ini juga akan membantu kinerja kulkas yang lebih optimal.

Lalu, pastikan kulkas terhubung dengan tegangan listrik yang sesuai yaitu 220V 50Hz. Dengan menggunakan tegangan yang tepat ini membantu keefisiensian kinerja kulkas, juga mencegah kerusakan yang terjadi akibat lonjakan atau penurunan listrik.

BACA JUGA : Efisien Hemat Ruang, Berikut 5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Mini, Fiturnya Nggak Kaleng-Kaleng

4. Pasang Kabel Arde

Kabel arde berfungsi sebagai jalur pengaman untuk melindungi kulkas dari lonjakan listrik maupun gangguan listrik. Dengan memasang kabel arde dari ground tanah ke terminal sekrup dibagian belakang kulkas akan mengurangi risiko kerusakan komponen di dalam kulkas.

Selain itu, memasang kabel arde juga membantu mengontrol komponen kulkas bekerja lebih optimal tanpa mengalami gangguan. Dengan demikian kulka sanda akan bekerja dengan lancar serta efisien, juga usia yang lebih lama.

5. Diamkan Kulkas 2 – 3 Jam

Bagi anda yang baru saja membeli kulkas dan baru sampai di rumah, jangan segera menggunakannya. Diamkan unit selama 2 – 3 jam sebelum mencolokannya ke stop kontak.

Ini berfungsi agar cairan pendingin di dalam kulkas memiliki waktu untuk mengendap dengan benar. Sebab selama proses pengiriman, merk kulkas terbaik mungkin saja mengalami benturan atau guncangan yang menyebabkan cairan pendingin berpindah tempat.

Dengan mendiamkan kulkas baru beberapa jam juga akan mencegah kompresor mengalami kerusakan. Juga langkah ini berguna untuk memberikan waktu pada kulkas beradaptasi dengan suhu ruangan setelah dikeluarkan dari kemasannya.

6. Jangan Langsung Mengisi Kulkas

Ketika kulkas sudah didiamkan selama beberapa jam, baru boleh dicolokkan ke stop kontak. Namun anda perlu mendiamkannya kembali selama 2 – 3 jam dalam keadaan kosong.

Hal ini berfungsi untuk memastikan sistem pendingin kulkas bekerja dengan baik, sehingga kulkas akan mencapai suhu yang tepat. Mendiamkan kulkas dalam keadaan kosong juga menghindari kompresor bekerja ekstra di awal penggunaan.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaikmu Bau, Berikut Cara Ampuh Untuk Menghilangkannya

Dengan mengikuti langkah – langkah di atas, anda bisa menjaga merek kulkas terbaik lebih awet. Dengan begitu, kulkas menjadi investasi yang berharga dan memberikan kenyamanan pada keluarga anda.(*)

Kategori :