Sejuk Tetap Hemat, Simak Tips Penggunaan Merek AC Terbaik yang Benar Saat Cuaca Panas

Minggu 28-07-2024,20:11 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

Nah, ketika kamu membuka bukaan ruangan seperti pintu atau jendela, itu artinya kamu memasukkan udara dari luar ruangan untuk masuk ke dalam, apalagi suhu tersebut biasanya lebih tinggi.

Alhasil, untuk bisa kembali menstabilkan suhu ruangan sebelumnya AC akan lebih bekerja keras dan maksimal. Hal ini tentu membutuhkan daya yang semakin besar.

Maka dari itu, ketika kamu menyalakan AC pastikan tidak untuk membuka bagian bukaan ruangan tersebut agar suhu di dalamnya tetap terjaga dengan baik tanpa terpengaruh udara dari luar.

BACA JUGA : 7 Tips Membuat Merek AC Terbaik Lebih Dingin Namun Tetap Hemat Listrik

4. Jangan Mematikan dan Menyalakan AC Dengan Sering

Jika memang kamu ingin menggunakan merek AC terbaik untuk kebutuhan pendingin, maka nyalakan saja. Jangan sering menyalakan lalu mematikannya.

Karena kebiasaan tersebut bisa membuat konsumsi daya listrik jadi semakin meningkat sebab saat AC dinyalakan kembali harus mengangkat beban kompresor lagi.

5. Jaga Kebersihan Ruangan

Tips penggunaan AC saat cuaca panas agar bisa hemat listrik selanjutnya yaitu dengan menjaga kebersihan ruangan kamu.

Karena jika ruangan tersebut kotor dan menumpuk debu itu bisa mempengaruhi kondisi filter AC menjadi cepat kotor, sehingga aliran udara yang dihasilkan jadi tidak sehat.

Maka pendingin ruangan juga akan bekerja lebih dari beban biasanya dan pastinya akan membutuhkan daya yang lebih banyak. Jadi, saat menggunakan AC pastikan ruangan kamu bersih, ya.

6. Membersihkan AC Dengan Rutin

Rutin membersihkan AC juga bisa menjadi tips paling mudah untuk menghemat listrik penggunaan AC saat cuaca panas.

Kondisi AC yang kotor dan jarang dibersihkan bisa membuat bagian kompresornya bisa bekerja lebih keras dan tentunya juga akan memakan daya listrik lebih banyak dari biasanya.

BACA JUGA : Sebelum Membeli Merek AC Terbaik LG, Cek Kelebihan dan Kekurangannya Disini

Dengan melakukan beberapa tips penggunaan AC di atas, tentu kamu dapat membuat kinerja merek AC terbaik menjadi lebih maksimal saat cuaca panas serta bisa menghemat tagihan listrik di rumah.(*)

Kategori :