7 Tips Membuat Merek AC Terbaik Lebih Dingin Namun Tetap Hemat Listrik

Sabtu 27-07-2024,15:15 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

Mode dasar pada AC yang digunakan untuk mendinginkan suhu dalam ruangan adalah mode cool. Mode ini bisa membantu AC agar kinerjanya jadi lebih maksimal untuk mendinginkan ruangan.

Selain itu, mode cool ini bisa kamu gunakan untuk mengatur suhu di dalam ruangan sesuai dengan keinginan kamu.  Dengan begitu, AC akan bekerja secara otomatis untuk menurunkan suhu atau menaikkan suhu sesuai dengan yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa menggunakan mode cool ini saat cuaca sedang panas, terlebih ketika ruangan terasa sangat panas dan lembab.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Mengeluarkan Suara Bising, Pertanda AC Harus Segera Dicuci

5. Bersihkan Filter AC Secara Berkala

Supaya merek AC terbaik kamu dapat bekerja dengan maksimal dan efisien, pastikan kamu untuk membersihkan bagian filternya secara berkala.

Karena filter AC yang kotorannya sudah menumpuk bisa menghambat aliran udara yang dihasilkan dan membuat AC bekerja lebih ekstra, sehingga dapat meningkatkan penggunaan listrik.

6. Aktifkan Mode Dry

Saat musim hujan atau cuaca sedang dingin, biasanya udara dalam ruangan juga menjadi dingin. Akan tetapi, kamu mungkin ingin tetap menggunakan AC dengan alasan supaya hawa dalam ruangan tidak lembap.

Kamu bisa mengaktifkan mode dry pada remote AC, karena mode tersebut bisa menyerap hawa lembap dalam ruangan serta bisa menjaga suhu dalam ruangan tetap dingin dan kering.

Kelebihan lainnya ketika kamu mengaktifkan mode ini adalah kamu bisa menghemat penggunaan listrik, karena mesin AC saat bekerja mendinginkan ruangan tidak bekerja terlalu keras.

7. Jangan Biarkan AC Menyala Tanpa Ada Orang Dalam Ruangan

Sebagian orang mungkin sengaja menyalakan AC dalam ruangan agar saat masuk ruangan tersebut terasa dingin, namun hal ini kurang baik dilakukan karena bisa membuat tagihan listrik di rumah jadi meningkat.

Maka untuk menghindarinya kamu jangan pernah meninggalkan AC dalam kondisi menyala ketika ruangan tersebut kosong atau tidak ada orang. Sebaiknya nyalakan AC ketika dalam ruangan ada beberapa orang agar lebih bermanfaat.

BACA JUGA : Ketahui Ciri-ciri Merek AC Terbaik Harus Diservis, Jangan Tunggu Sampai Rusak

Itulah 7 tips agar merek AC terbaik kamu lebih dingin namun tetap hemat listrik. Dengan kamu melakukannya, tentu dapat membuat AC bekerja optimal sehingga ruangan menjadi dingin lebih maksimal.(*)

Kategori :