7 Tanda Freon Merek AC Terbaik Sudah Habis

Sabtu 27-07-2024,13:58 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Semua alat elektronik harus dirawat dengan intensif agar tidak mudah mengalami kerusakan, termasuk pada merek AC terbaik.

Perawatan pada merek AC terbaik yang dilakukan dengan cara yang tepat akan membuat AC jadi selalu awet, tetap dingin, dan berfungsi secara normal.

Salah satu gangguan pada merek AC terbaik yang paling sering untuk terjadi dan harus cepat untuk diatasi yaitu masalah pada freon AC yang habis.

Kamu harus mengetahui freon merek AC terbaik yang sudah habis bisa kamu amati melalui beberapa tanda-tanda yang terjadi pada perangkat AC kamu.

BACA JUGA : Air AC Sering Menetes, Berikut Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Yang Bocor

Berikut 7 tanda jika freon merek AC terbaik sudah habis :

1. Suhu ruangan tidak terasa dingin

Tanda yang paling umum terjadi dari freon sudah habis tetapi tidak bocor salah satunya yaitu suhu ruangan jadi tidak terasa dingin meski AC sudah kamu nyalakan.

Kamu harus peka tahu tentang gejala ini agar dapat langsung menghubungi jasa servis AC untuk melakukan pengisian ulang freon.

2. Unit indoor AC mengeluarkan hawa panas

Hal lainnya yang akan terjadi saat freon AC habis yaitu terasa udara panas ketika AC dinyalakan. Penyebab dari masalah ini yaitu penurunan kemampuan AC untuk menghasilkan udara yang sejuk karena freonnya telah berkurang secara drastis.

3. Pipa AC tidak dingin

Selain membuat ruangan jadi tidak dingin, tanda dari freon AC habis selanjutnya yang bisa dikenali yaitu pipa AC sudah tidak dingin.

Keadaan pipa AC yang tidak dingin ketika AC dinyalakan sebagai pertanda bahwa freon AC sudah berkurang dengan drastis.

Tanda ini juga bisa lebih parah dengan munculnya bunga es di pipa unit outdoor atau indoor AC.

4. Lampu indikator berkedip

Gejala freon AC yang sudah habis lainnya yang tidak boleh kamu abaikan adalah keadaan lampu indikator berkedip-kedip.

Tanda tersebut menandakan bahwa terdapat masalah pada komponen AC yang harus cepat diatasi, salah satunya yaitu freon sudah habis tetapi tidak mengalami bocor.

BACA JUGA : Mengatasi Merek AC Terbaik Mengeluarkan Suara Bising, Ikuti Cara Ampuh Berikut

5. Kebocoran air AC

Masalah pada freon merek AC terbaik habis bisa mengakiabtkan pembekuan di evaporator sehingga membuat udara dingin tidak bisa mengalir dari unit indoor AC.

Apabila hal ini terus menerus terjadi, maka air yang membeku di evaporator akan mulai cair dan mengakibatkan AC mengalami kebocoran.

6. Unit outdoor AC tidak meng eluarkan  hawa panas

Unit outdoor AC akan selalu keluar hawa yang panas saat AC kamu sedang dalam kondisi normal. Hawa panas itu asalnya dari perubahan tekanan dari tekanan yang rendah ke tekanan yang tinggi secara mendadak.

Tetapi hal tersebut tidak akan terjadi jika freon AC sudah habis. Unit outdoor AC tidak akan bisa keluarkan hawa panas saat freonnya telah habis, hal ini membuat konversi udara yang dilakukan oleh AC tidak berhasil.

Sehingga mengakibatkan komponen kipas pada outdoor AC hanya bisa berputar saja tanpa keluar hawa panas.

7. Biaya listrik membengkak

AC yang freonnya sudah habis akan bekerja dengan lebih ekstra untuk membuat sebuah ruangan jadi dingin, hal itu tentu akan memakan daya listrik yang lebih besar dan mengakibatkan biaya tagihan listrik jadi membengkak meski keadaan di dalam ruangan kamu tidak dingin.

Jangan sampai hal tersebut terjadi terus menerus sehingga kamu harus melunasi tagihan listrik rumah kamu dalam jumlah yang besar. AC juga akan menjadi rentan mengalami kerusakan apabila freonnya tidak segera untuk diisi ulang.

BACA JUGA : Remote AC Hilang, Berikut Cara Menyalakan Merek AC terbaik Tanpa Remote

Perawatan pada merek AC terbaik yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencucinya secara rutin tiap 3 bulan sekali dan mengamati kinerja AC dengan cermat.

Dengan begitu, kerusakan sekecil apa pun yang terjadi pada AC kamu dapat terdeteksi dan dapat diatasi dengan cepat sehingga tidak akan mengganggu kinerja pada AC.

Apabila kamu telah memakai unit AC lebih dari 10 tahun dan AC mulai menunjukkan berbagai macam gejala kerusakan, sebaiknya kamu segera mengganti AC tersebut dengan yang baru.

Itulah beberapa tanda freon merek AC terbaik sudah habis beserta cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :