Hindari Ini Agar Merek Kulkas Terbaik Anda Lebih Hemat

Kamis 25-07-2024,12:11 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

3. Bunga Es yang Menumpuk

Bunga es yang menumpuk juga menjadi penyebab kulkas anda menjadi boros daya. Sebab bunga es yang menumpuk bisa menghambat aliran udara dingin, juga memaksa freezer utuk bekerja lebih ekstra.

Kompresor juga akan bekerja lebih lama dengan sistem kerjanya yang lebih keras. Hal ini mengakibatkan kulkas mengkonsumsi daya yang tinggi.

BACA JUGA : Cara Menyimpan Telur Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Aman Dikonsumsi

Anda perlu menjaga freezer agar tetap bekerja efisien, dengan cara rutin membersihkan bunga es jika dirasa sudah mulai penuh. Hindari mencongkel bunga es dengan barang tajam, karena akan menyebabkan kebocoran pada freezer.

4. Kondensor Kotor

Ini juga bisa menjadi penyebab utama merk kulkas terbaik anda mengalami boros listrik. kondensor berfungsi sebagai komponen untuk melepaskan panas dari dalam kulkas ke luar, jika kondensor kotor maka pelepasan panas ini akan terhambat.

Lalu kompresor akan bekerja lebih keras untuk menjaga suhu kulkas tetap stabil yang berpengaruh terhadap konsumsi listrik. Selain itu, kondensor yang kotor juga bisa menjadi sarang berkembang biaknya bakteri yang dapat mengkontaminasi udara sekitar.

BACA JUGA : Berikut Cara Membersihkan Karet Pintu Merek Kulkas Terbaik, Mudah dan Bersih

Oleh karena itulah anda perlu membersihkan kondensor dengan rutin, setidaknya bersihkan enam bulan sekali untuk memastikan kulkas bekerja tetap optimal.

Nah itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaik anda mengkonsumsi daya listrik yang tinggi. Jika anda merasa melakukan hal tersebut, segera hindari agar kulkas tetap dalam kondisi yang baik dan memberikan kenyamanan pada keluarga anda. (*)

Kategori :