Bahaya Menyalakan Merek AC Terbaik Yang Bocor

Selasa 23-07-2024,20:27 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Pada saat ini, merek AC terbaik memang seakan sudah menjelma jadi kebutuhan utama masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan untuk menghadapi cuaca yang sangat panas.

Masalah yang terjadi sekecil apapun yang ada kaitannya dengan merek AC terbaik harus segera ditangani dengan serius supaya tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Salah satunya yaitu ketika AC keluar air dari bagian depan. Di samping itu, kamu juga harus tau fakta tentang bolehkah merek AC terbaik yang bocor dinyalakan apabila AC belum diperbaiki. Jangan kamu anggap remeh masalah pada AC bocor menetes yang terjadi di dalam rumah kamu.

Merek AC terbaik yang mengalami kebocoran sebaiknya tidak dinyalakan secara terus menerus karena bisa mengakibatkan kerusakan makin parah. Kerusakan yang fatal dapat terjadi karena kompresor terus dipaksa bekerja dengan ekstra keras saat terdapat komponen AC lainnya yang mengalami masalah.

Di sisi lain, merek AC terbaik yang bocor karena gas freon habis tidak akan menghasilkan tetesan air, tetapi akan membuat AC mengeluarkan udara panas dan berisiko keracunan.

Oleh karena itu,kamu harus lebih waspada jika AC kamu mulai menghasilkan udara yang panas dan muncul suara mendesis, karena itu bisa menjadi tanda-tanda adanya kebocoran pada freon.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Masih Baru Tapi Tidak Dingin

Beberapa hal yang menyebabkan merek AC terbaik bocor netes :

1. Saluran di pembuangan air tersumbat oleh debu, lumut, atau kotoran lainnya.

2. Keberadaan Instalasi AC yang kurang tepat atau miring akan membuat AC mengeluarkan air dari depan, bukan dari saluran untuk pembuangan.

3. Kondensasi yang terjadi akibat suhu yang berbeda secara ekstrem antara bagian luar dan dalam pipa.

4. Filter AC yang kotor akan menghambat sirkulasi udara di evaporator.

5. Kompresor AC sudah rusak, khususnya apabila AC telah dipakai dalam waktu yang lama yaitu lebih dari 5 tahun.

6. Gas freon habis sehingga menyebabkan AC tidak dingin.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Mati Sendiri

Berikut masalah yang terjadi apabila menyalakan merek AC terbaik yang bocor netes :

1. Lantai di dalam ruangan akan tergenang air.

2. Tembok di dalam ruangan yang ber AC tersebut akan ikut basah juga karena terkena AC yang berair.

3. Gorden yang ada di dekat AC ikut menjadi basah.

4. Kelembapan udara yang ada di dalam ruangan akan meningkat sehingga kemungkinan besar berisiko terkontaminasi penyakit akibat dari mikroorganisme seperti jamur, bakteri, dan virus.

5. Kerusakan pada alat elektronik lainnya yang terkena cipratan air dari AC yang bocor.

6. Kebocoran yang terjadi pada AC akan makin parah dan air yang dihasilkan akan makin banyak jika tidak segera diatasi.

7. Risiko terjadinya korsleting pada unit AC indoor semakin besar karena komponennya terkena air.

8. Komponen kompresor pada AC akan dipaksa mendinginkan ruangan dengan maksimal sehinggaa akan membuatnya jadi lebih cepat untuk rusak.

BACA JUGA : Lampu Merek AC Terbaik Kedap Kedip, Simak Penyebabnya

Berikut tips supaya unit indoor merek AC terbaik tidak bocor :

1. AC dipasang pada posisi yang benar dan jangan sampai miring. Karena unit indoor AC yang sedikit miring akan berisiko terjadinya kebocoran makin besar.

Maka dari itu proses pemasangan AC wajib dilakukan dengan teliti. Ujung pada pipa pembuangan harus ada di posisi lebih rendah dari pusat sistem pembuangan pada unit indoor AC.

2. Pencucian AC dilakukan dengan seksama agar semua komponennya benar-benar bersih. Selain unit indoor AC, komponen yang lain seperti filter dan selang pembuangan harus terjaga juga kebersihannya. Proses pencucian AC idealnya dilakukan tiap 3 bulan sekali.

3. Ganti komponen AC yang sudah rusak dengan komponen yang baru agar fungsinya tetap bisa maksimal. Kompresor merupakan komponen utama pada AC yang sering menjadi penyebab kebocoran AC.

4. Lakukan pengisian freon sampai batas optimal jika ada kebocoran yang berakibat freon jadi habis.

BACA JUGA : Udara yang Dikeluarkan Merek AC Terbaik Terkontaminasi, Simak 4 Cara untuk Mengatasinya

5. Proses perawatan dan servis AC bisa kamu serahkan pada penyedia jasa yang profesional sehingga membuat prosesnya dapat berlangsung dengan lancar dan membuat masa pakai AC jadi makin panjang.

Itulah beberapa bahaya dari menyalakan merek AC terbaik yang bocor. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :