Penyebab ASI Tidak Beku Saat Disimpan Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik, Berikut Solusinya

Selasa 23-07-2024,13:47 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari untuk anak secara seimbang tentu jadi fokus utama bagi semua orang tua. Selain untuk memperhatikan asupan gizi ibu supaya dapat menghasilkan ASI yang berkualitas, proses penyimpanan ASI dalam merek kulkas terbaik juga tidak boleh dilakukan sembarangan.

Sekarang, menyimpan ASI di dalam freezer merek kulkas terbaik menjadi solusi yang praktis untuk membuat ASI jadi tahan lama dan kualitasnya bisa tetap terjaga.

Tetapi, rupanya terdapat berbagai hal yang menjadi penyebab ASI tidak beku ketika disimpan di dalam freezer merek kulkas terbaik yang harus kamu waspadai karena rentan untuk merusak kualitas ASI.

Menyimpan ASI di freezer merek kulkas terbaik tetapi tidak beku memang membuat kita panik, karena kemungkinan besar ASI tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

BACA JUGA : Tips Perawatan Berkala Freezer Merek Kulkas Terbaik

Berikut penyebab ASI tidak beku ketika di simpan di freezer merek kulkas terbaik :

1.  Kantong ASI Bocor atau Tumpah

Kebocoran ini yang paling sering terjadi, biasanya karena kualitas kantong ASI yang kurang baik atau jumlah ASI terlalu banyak sehingga membuatnya rentan pecah.

Sehingga akan mengakibatkan ASI jadi tidak beku dengan sempurna di dalam wadah yang tertutup bahkan sampai tumpah dan mengotori semua isi dalam freezer.

2.  Posisi ASI Berada di Pintu Freezer

Kebanyakan orang belum menyadari bahwa posisi ASI di dalam freezer juga bisa mempengaruhi tingkat bekunya.

Menyimpan ASI di bagian pintu freezer akan rentan membuatnya gagal untuk beku karena pada bagian freezer paling sering kena udara panas saat kamu membukanya.

Bahkan masalah ini akan makin parah apabila isi freezer terlalu penuh karena proses pembekuan membutuhkan waktu yang sangat lama.

BACA JUGA : Simak Tips Menyimpan Telur Rebus Dalam Merek Kulkas Terbaik, Agar Kandungan Gizinya Terjaga

3.  Listrik Padam

ASI yang sudah membeku bisa mencair lagi apabila listrik padam dalam waktu beberapa jam. Sesaat sesudah listrik baru padam, upayakan agar kamu untuk tidak membuka pintu freezer agar suhu freezer tidak berubah dan kualitas ASI bisa tetap terjaga dengan baik.

Jangan sampai kamu biarkan ASI ada di dalam freezer terlalu lama saat listrik padam karena hal tersebut malah akan berisiko membuat ASI jadi rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi.

4.  Suhu Freezer Terlalu Tinggi

Kamu wajib memastikan jika suhu di dalam freezer sudah cukup untuk membekukan ASI dengan sempurna. Jika suhu freezer terlalu tinggi maka akan membuat ASI jadi gagal untuk beku sehingga kualitas ASI jadi menurun bahkan tidak bisa untuk dikonsumsi.

ASI Perah idealnya harus disimpan di suhu -100C atau suhu yang lebih rendah lagi sehingga dapat beku secara maksimal dan kandungan gizinya juga akan tetap terjaga.

5.  Freezer Sudah Tidak Dingin

Freezer kulkas biasanya jadi kurang dingin karena seiring bertambahnya usia penggunaan kulkas. Apabila hal ini terjadi, berarti kamu wajib untuk memperbaiki komponen kulkas yang mengalami kerusakan atau memakai kulkas yang baru agar dapat membekukan ASI.

BACA JUGA : Penyebab Freezer Merek Kulkas Terbaik Bocor Dan Cara Mengatasinya

Tips menyimpan ASI di dalam freezer merek kulkas terbaik :

1. Pakai kantong atau botol ASI yang berkualitas agar kesegaran ASI bisa tetap terjaga. Apa pun jenis wadah yang kamu gunakan, pastikan wadah yang berisi ASI benar-benar tertutup dengan rapat saat dimasukkan ke dalam freezer.

2. Keadaan payudara, tangan, dan tempat untuk menyimpan ASI harus higienis sejak dari sebelum ASI mulai diperah.

3. ASI dibagi ke beberapa wadah agar tidak menaruh ASI terlalu banyak dalam satu wadah. Dengan begitu, jumlah ASI yang akan dikeluarkan dari dalam freezer bisa disesuaikan dengan kebutuhan sang buah hati.

4. Jangan lupa tulis tanggal di setiap kemasan ASI yang kamu simpan di dalam freezer supaya ASI yang telah lebih lama disimpan di dalam freezer dapat dikonsumsi terlebih dahulu.

5. Beri sisa ruang yang kosong sebesar 2,5 cm di wadah ASI dari bagian atasnya sehingga ASI tidak akan gampang tumpah saat disimpan.

6. Taruh ice gel di area wadah ASI di dalam freezer guna antisipasi agar ASI beku bisa lebih lama saat listrik padam.

Itulah beberapa penyebab ASI tidak beku saat disimpan di dalam freezer merek kulkas terbaik dan tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :