Penyebab Merek AC Terbaik Masih Baru Tapi Tidak Dingin

Jumat 19-07-2024,20:42 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kamu  tentu kecewa ketika  baru mem beli merek AC  terbaik , namun saat AC  dinyalakan di dalam rumah tapi tidak bisa mengh asilkan  udara sejuk yang diharapkan.

K eadaan  seperti ini memang jarang  untuk  terjadi  pada merek AC terbaik kamu , t et api terdapat  sebagian orang yang pasti pernah mengalami  masalah ini .

Ketika merek  AC terbaik yang masih baru tidak bisa dingin, kamu tidak perlu tergesa-gesa   untuk mengembalikannya ke toko AC yang kamu beli atau mem beli AC yang baru  lagi .

Bisa jadi  merek AC terbaik kamu tidak rusak, tetapi cara  pemasangannya yang kurang benar . Ketahui terlebih dahulu tentang penyebab AC baru tidak menghasilkan dingin.

BACA JUGA : AC Kamu Kotor, Berikut Cara Mudah Mencuci Merek AC Terbaik Secara Mandiri

Berikut beberapa  kondisi yang dapat  menyebabkan AC baru kamu tidak dingin  :

1.  Penempatan AC tidak tepat  

AC baru yang tidak dingin dapat  disebabkan o karena penempatan AC yang kurang tepat.

Sebaiknya j arak di depan outdoor AC dikasih  jarak  yang  kosong minimal 80 cm ag a r  udara panas dapat   ter buang keluar secara  lancar.

Hal  ini sangat penting dilakukan supaya  udara di dalam ruangan dapat  mencapai suhu dingin sesuai yang kamu inginkan.

2.  Kesalahan setting di remote AC

Terk adang   penyebab merek AC terbaik yang masih baru tidak dingin juga bisa hanya karena pengaturan di  remote  AC kurang tepat. Harusnya  AC di atur  pada mode Cool dengan suhu nya yaitu  16 derajat.

Tetapi , ter kadang yang kepencet di remote AC yaitu  mode Dry sehingga membuat AC kamu tidak bisa menjalankan prose s  pendinginan dengan  maksimal.

BACA JUGA : Simak Cara Mematikan Timer Merek AC Terbaik Gree, Cepat dan Mudah

3.  Kebocoran freon di  unit outdoor

Hal ini bisa terjadi jika  pemasangan di  bagian sambungan antara pipa dengan outdoor (nepple) kurang tepat . Selain itu, freon  yang  bocor juga bisa terjadi ketika  pemasangan atau karena adanya kerusakan di  pipa, atau adanya kerusakan di evaporator dan kondensor pada pipa  AC .

4.  Kesalahan ketika instalasi pipa

Pipa AC harus sudah memenuhi standar pabrik. Ketebalan pada  pipa sangat mempengaruhi pada  kualitas instalasi. Apabila p ipa AC tidak sesuai dengan standar , maka dapat  menyebabkan terjadinya keretakan ketika  pengencangan  pada  sambungan atau mengalami patahan ketika  ditekuk.

Instalasi pada pipa AC sendiri terdiri dari flaring, pengelasan, swaging, dan lain  sebagainya . Flaring merupakan melebarkan ujung pipa supaya dapat  diterapkan di sambungan.

Terk adang, saat proses flaring bisa saja kurang sempurna sehingga bisa menyebabkan  terjadinya  kebocoran pada freon. Hal tersebut sering terjadi di  bagian sambungan pada pipa dengan unit outdoor (nepple).

BACA JUGA : 7 Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Agar Hemat

5.  Tidak divakum

Saat p roses pemvakuman penting untuk dilakukan ke t ika  instalasi merek AC terbaik  untuk pertama kali  dengan t ujuan untuk mengeluarkan udara  yang dari dalam sistem supaya  yang terdapat  di dalam sistem yaitu f reon AC yang murni yang tidak tercampur dengan udara.

Tetapi ter kadang terdapat  teknisi yang melakukan proses ini dengan memakai  metode konvensional tanpa memakai  alat vakum.  Yang mengakibatkan  AC tidak dingin ketika  dinyalakan.

6.  Terlalu banyak benda di dalam ruangan

Hal ini  juga bisa berpengaruh pada  kesejukan yang dihasilkan oleh AC  kamu . Supaya  merek AC terbaik  harus  bekerja secara maksimal, maka ventilasi ruangan harus tertutup  dengan sangat  rapat.

7. Ukuran AC   tidak sesuai

Sesuaikan ukuran ruangan  dengan kebutuhan AC-nya. Apabila  PK AC terlalu kecil atau  tidak sebanding dengan  ukuran  luas ruangan, maka akan membuat udara yang di hasilkan  AC juga akan  jadi tidak dingin.

BACA JUGA : Begini Arti Merek AC Terbaik Daikin yang Memancarkan Lampu Orange, Simak Disini

Itulah beberapa penyebab merek AC terbaik yang baru kamu beli tetapi tidak dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :