Cara Menyimpan Buah Potong Dalam Merek Kulkas Terbaik

Kamis 18-07-2024,13:40 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Masih  banyak orang membeli buah yang sudah dipotong, atau mengupas buah dalam jumlah yang banyak kemudian menyimpannya di dalam merek kulkas terbaik.

Sehingga ketika kamu ingin menyantapnya bisa lebih mudah. Tetapi, buah yang telah dipotong kadang lebih gampang rusak saat tersimpan dalam merek kulkas terbaik dibandingkan dengan buah yang masih utuh.

Meskipun buah yang sudah dipotong rentan rusak, tetapi kamu dapat mengantisipasinya dengan menyimpannya di dalam merek kulkas terbaik dengan cara yang benar.

Terdapat beberapa faktor yang membuat buah yang telah dipotong jadi lebih mudah membusuk dalam merek kulkas terbaik daripada buah yang kondisinya masih utuh.

BACA JUGA :  Penyebab Suhu Freezer Merek Kulkas Terbaik Tidak Stabil, Begini Cara Mengatasinya

1. Oksidasi

Saat buah sudah dipotong, maka permukaan yang terpotong akan terbuka dan rentan terkena paparan udara. Oksigen akan bereaksi terhadap enzim yang ada di dalam buah dan akan mengakibatkan oksidasi yang bisa berpengaruh pada tekstur, warna, dan rasa buah tersebut.

Proses ini sering menghasilkan warna yang berubah jadi coklat atau kekuningan pada buah seperti buah apel, pisang, dan pir.

2. Pertumbuhan mikroba

Buah akan menjadi lebih rentan pada serangan mikroorganisme seperti jamur dan bakteri ketika buah sudah dikupas.

Permukaan buah yang terpotong akan menyediakan lingkungan yang ideal untuk mikroba berkembang biak yang bisa mengakibatkan pembusukan dan penurunan pada kualitas buah.

3. Kehilangan kandungan air

Setelah buah dipotong, buah akan cenderung kehilangan air dengan lebih cepat karena permukaan buah yang terpotong akan jadi lebih terbuka dan lebih gamang untuk kehilangan kelembaban.

Kehilangan air bisa mengakibatkan buah jadi kering, layu, dan tekstur buah akan berubah, yang akhirnya bisa mempercepat proses pembusukan buah.

4. Kerusakan fisik

Selain karena potongan yang menyebabkan kerusakan struktural buah, manipulasi fisik seperti pemotongan atau pemrosesan juga dapat merusak sel-sel pada buah. Hal ini bisa mempercepat proses pematangan buah dan memperpendek masa simpan buah.

BACA JUGA :  7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Mudah Rusak

Berikut cara menyimpan buah potong di dalam merek kulkas terbaik :

1. Gunakan wadah kedap udara

Dengan mengikuti   cara ini, kamu dapat melindungi permukaan buah dari paparan udara yang berlebih. Karena, paparan udara yang berlebihan akan membuat proses oksidasi jadi lebih cepat dan membuat buah akan lebih cepat berubah pada tekstur dan warnanya.

Menyimpan buah yang sudah dipotong di wadah yang kedap udara berfungsi mencegah masuknya mikroorganisme ke dalam buah. Wadah yang kedap udara juga bisa membuat transfer bau dan rasa buah jadi lebih sulit, sehingga buah potong akan tetap segar ketikan dikonsumsi.

Kamu dapat menggunakan wadah yang terbuat dari kaca atau wadah plastik. Apabila menginginkan memakai wrap seperti buah yang ada di supermarket juga bisa. Yang penting wadah untuk menyimpan buah tertutup dengan rapat dan tidak terdapat celah untuk membuat mikroorganisme masuk.

2. Tambahkan sekat pemisah

Ketika menyimpan buah-buahan dengan jenis yang berbeda usahakan agar tidak mencampurnya untuk mencegah proses pembusukan yang terjadi pada buah, hal ini karena terdapat pertukaran gas etilen di antara buah yang berbeda yang menyebabkan proses pematangan secara menyeluruh jadi lebih cepat.

Sebelum buah dimasukkan ke dalam kulkas, pastikan kamu cek apakah buah tersebut termasuk buah yang tidak boleh dimasukkan ke kulkas.

Risiko terkontaminasi oleh bakteri dan jamur antar buah juga bisa meningkat saat mereka tercampur dalam 1 wadah yang sama, yang bisa memicu pembusukan dengan lebih cepat secara kolektif.

Oleh sebab itu, agar kesegaran buah bisa terjada dengan lebih lama, maka disarankan untuk kamu menyimpan berbagai macam buah-buahan secara terpisah atau memakai wadah yang terpisah untuk tiap jenis buah.

Kamu tetap dapat menyimpannya di dalam satu wadah tetapi menambahkan sekat pemisah. Sehingga tiap jenis buah tidak akan bersatu satu sama lain dan membuat buah potong tersebut jadi lebih awet dan lebih tahan lama.

3. Perhatikan suhu kulkas

Pastikan suhu di dalam merek kulkas terbaik kamu merupakan suhu yang terbaik dan untuk menyimpan bahan makanan yang benar. Jangan lupa untuk selalu perhatikan suhu chiller agar buah tetap bisa segar dan tahan lama.

Untuk menyimpan buah potong, suhu kulkas yang ideal biasanya antara 0°C sampai 4 derajat celcius (32 derajat fahrenheit sampai  40 derajat fahrenheit).

Suhu tersebut akan membantu memperlambat proses pertumbuhan mikroba dan proses oksidasi buah, serta menjaga kesegaran buah dan kualitas nutrisi yang ada dalam buah potong dengan lebih lama.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menyimpan buah yang sudah dipotong di dalam merek kulkas terbaik agar buah tidak cepat busuk. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :