Perhatikan Hal Penting Berikut Dalam Merawat Merek AC Terbaik, Simak Ulasannya

Rabu 17-07-2024,21:00 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kebutuhan di dalam rumah tangga yang pada saat ini rasanya tidak mungkin tidak dimiliki oleh para penghuninya yaitu merek AC terbaik.

Cuaca yang sedang panas sampai membuat tubuh banyak mengeluarkan keringat dan gerah pastinya akan membuat kamu sangat tidak nyaman . Maka dari itu, adanya merek AC terbaik di dalam ruangan rumah kamu wajib ada.

Saat kamu sudah mempunyai merek AC terbaik, maka kamu perlu merawatnya supaya awet dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Selain itu, melakukan perawatan pada merek AC terbaik secara rutin akan menghinda ri dari pendingan ruangan yang tidak bisa memberikan suhu dingin yang maksimal.

Dengan melakukan perawatan seperti mencuci filter udara dan urusan freon AC, maka merek AC terbaik milik kamu akan bekerja lebih maksimal.

BACA JUGA :  5 Cara Agar Merek AC Terbaik Kamu Jadi Lebih Dingin

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam perawatan AC :

1. Beli AC dengan PK yang Tepat

Sebelum kamu beli AC dan merawat AC dengan baik, kamu perlu perhatikan hal ini, supaya mendapatkan tipe AC yang akan bekerja dengan optimal dan cocok dengan k eadaan ruangan kamu .

Saat kamu akan membeli AC, pasti kamu harus p ilih ukuran PK yang sesuai . Ukurannya terdiri dari ½ PK, ¾ PK, 1 , dan 2 PK. Untuk dapat menentukan PK yang paling tepat, kamu harus ukur ruangan yang akan dipasangi AC tersebut.

Hal ini dilakukan agar kamu tidak membeli tipe AC yang salah. Apabila kamu me makai AC dengan PK yang tidak sesuai dengan ukuran luas ruangan kamu.

BACA JUGA : 9 Cara Menjaga Merek AC Terbaik Tetap Berfungsi Optimal Saat Musim Hujan

Maka AC kamu akan bekerja dengan lebih keras atau bahkan lebih boros listrik untuk mendinginkan ruangan dan akan membuat AC kamu jadi tidak awet lagi. Untu k menentukan ukuran PK AC bisa memakai rumus Panjang x Lebar (meter) x 500Btu/h.

Pemasangan AC dengan posisi yang tepat dan mengikuti arahan buku p anduan juga wajib untuk dilakukan supaya AC tidak ada di posisi yang salah .

2. Matikan AC bila Ruangan Tidak Di pakai

Apabila kamu menyalakan merek AC terbaik terus menerus, maka AC yang kamu pakai bisa cepat rusak dan bisa membuat kamu perlu mengeluarkan biaya yang lebih untuk melakukan perbaikan pada AC.

3. Hindari Mengatur Suhu di Bawah 22 Derajat celcius Terus Menerus

Saat ini AC memang dapat dipasang di suhu 16 derajat. Suhu udaranya juga pasti akan bisa lebih dingin, namun apabila kamu terus menerus me nyalakan AC dengan suhu di bawah 22 derajat, maka AC akan bekerja dengan terlalu keras. Suhu n ormal pada AC yaitu di temperatur 22 hingga 24 derajat.

Sama halnya dengan kasus pada AC yang tidak dimatikan sepanjang waktu, maka akan membuat AC kamu rusak lebih cepat. Gas freon di dalam AC akan lebih cepat untuk habis , jadi kamu harus menambah kan gas freon tersebut tiap AC kamu sedang diservis.

BACA JUGA :  7 Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Agar Hemat

4. Lakukan Pembersihan dengan Rutin dan Periksa Freon AC

Biasanya dianjurkan untuk kamu melakukan pembersihan terhadap AC kamu tiap 3 bulan sekali supaya AC dapat bekerja dengan baik. Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa gas freon yang terdapat di dalam AC. gas freon yang tersisa pada AC kamu apakah sudah tepat atau perlu untuk ditambah kan .

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan jenis freon yang kamu gunakan pada AC kamu karena jenis freon tidak hanya satu saja, tetapi terdapat beberapa jenis freon AC yang ada saat ini seperti Freon R32 dan Freon R410A yang ramah terhadap lingkungan dan sesuai dengan regulasi pemerintah.

Itulah beberapa   hal yang harus kamu perhatikan dalam merawat merek AC terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :