7 Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Agar Hemat

Rabu 17-07-2024,08:28 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Mengingat cuaca yang ada di Indonesia yaitu beriklim tropis dan cuacanya cenderung panas, pasti kamu mempunyai merek AC terbaik di dalam rumah kamu untuk menjaga ruangan supaya tetap sejuk.

Namun , jika cara penggunaan merek AC t erbaik t idak tepat, maka akan membuat biaya listrik setiap bulannya akan naik .

Sehingga, penting untuk kamu mengetahui tentang hal-hal yang perlu dilakukan. Agar biaya listrik di rumah kamu jadi lebih hemat, saat menggunakan merek AC terbaik.

Jadi kamu tidak akan khawatir lagi meskipun kamu menggunakan merek AC terbaik, tetapi tetap bisa menghemat tagihan bulanan listrik kamu.

BACA JUGA : 7 Penyebab Utama Merek AC Terbaik Bau Tidak Sedap, Begini Cara Mencegahnya

Berikut beberapa tips menggunakan merek AC terbaik :

1. Pilih ukuran AC sesuai dengan ruangan

Ukuran AC harus kamu sesuai kan dengan ruangan yang akan dipasangi AC , kamu bisa sesuaikan dengan AC 1 PK atau dengan daya AC yang lebih.

Jangan sampai ukuran AC yang kamu pasang di ruangan terlalu kecil sehingga udara dingin yang dihasilkan tidak bisa maksimal.

Begitu juga sebaliknya apabil a ukuran AC terlalu besar maka ruangan akan jadi terlalu dingin. Sobat

2. Tempatkan AC di ruangan yang tertutup

Hal ini menjadi salah satu cara ampuh untuk menghemat konsumsi listik, karena pemakaian AC di dalam ruangan yang pintunya terbuka akan membutuhkan waktu cukup lama untuk mendinginkan ruangan tersebut.

Sehingga mesin Ac tidak dapat standby dan akan terus menyala, tentu hal ini akan membutuhkan daya listrik jadi lebih banyak.

BACA JUGA : Rekomendasi Merek AC Terbaik Portable: Solusi Praktis Kesejukkan Dalam Ruangan

3. Atur suhu AC sesuai dengan kebutuhan

Standar pengaturan suhu di remot AC yaitu 20°C, Apabila suhu AC kamu atur terlalu rendah dapat membuat mesin AC lebih cepat standby dan kompresor AC akan lebih sering start. Di saat start AC akan mem erlukan daya lebih besar daripada ketika mesin AC menyala terus.

Tetapi apabila kamu ingin ruangan jadi lebih cepat untuk dingin , kamu bisa atur suhu dibawah 20°C, setelah kamu merasa cukup dingin , kamu tinggal me naikkan suhu AC tersebut.

Sebaliknya, Apabila kamu memakai AC ketika hujan atau cuaca sedang dingin, kamu dapat mengatur modenya ke Mode Dry.

Sehingga akan membuat tingkat kelembaban di dalam ruangan dapat sedikit berkurang, tetapi udara di dalam ruangan kamu akan tetap segar dan sejuk.

BACA JUGA :  Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Saat Musim Hujan

4. Bersihkan filter udara 1 minggu sekali

Sebaiknya kamu cuci filter udara indoor tiap s atu minggu sekali dengan tujuan supaya AC bisa tetap dingin, hemat penggunaan listrik, dan udara yang ada di ruangan tetap bersih dan sehat.

Kamu dapat melakukan hal ini secara mudah, caranya buka casing indoor di bagian atas lalu ambil filternya kemudian cuci dengan menggunakan sabun. Setelah filter bersih , keringka n terlebih dahulu kemudian pasang lagi.

5. Servis AC 3 bulan sekali

Seringkali kamu lupa dengan hal ini karena kamu merasa AC masih dingin padahal sudah waktunya untuk melakukan servis perawatan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan dini, dan membersihkan AC dengan rutin juga bisa menghemat konsumsi listrik.

AC yang sudah kotor akan membuat kinerja mesin nya jadi lebih berat dan mem erlukan daya listrik yang cukup tinggi.

6. Tidak merokok di dalam ruangan ber-AC

Merokok di dalam ruangan ketika  merek AC terbaik  sedang dinyalakan bisa membuat AC jadi cepat kotor dan tentu akan menambah konsumsi daya listrik.

BACA JUGA : 6 Tips Perawatan Merek AC Terbaik Portable Agar Awet Tahan Lama

Selain bisa mencemari udara yang kamu hirup, tidak merokok di dalam ruangan yang ber-AC juga bisa menghemat biaya tagihan listrik.

7. Gunakan AC sesuai kebutuhan

Hidupkan AC ketika ada di ruangan dan jaga pintu ruangan tersebut agar selalu tertutup, jangan sampai AC kamu tetap menyala ketika kamu tidak ada di ruangan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum kamu bepergian keluar rumah pastikan alat elektronik yang tidak digunakan untuk dimatikan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menggunakan merek AC terbaik agar bisa hemat konsumsi daya listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :