Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Air Bagian Bawah

Selasa 16-07-2024,18:43 WIB
Reporter : Amsya Sabrina
Editor : Syamsul Falaq

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Freezer Dengan Cepat dan Tips Merawatnya Lebih Awet

Jika coupler ini terlepas dari posisinya, air pembuangan tidak bisa masuk ke dalam wadah yang disediakan, sehingga dapat menyebabkan kebocoran air dari bagian belakang kulkas.

Selain terlepas, kerusakan seperti pecah atau pemasangan yang tidak tepat juga bisa menyebabkan kebocoran air dari belakang kulkas.

Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki atau mengganti coupler yang rusak atau terlepas, agar saluran pembuangan air kulkas berfungsi dengan baik dan mencegah kebocoran air dari bagian belakang kulkas.

2. Tampungan pembuangan air penuh

Agar air pembuangan pada kulkas satu dan dua pintu tidak menyebar, kulkas tersebut dilengkapi dengan wadah penampungan air.

Pada kulkas dua pintu, wadah penampungan air biasanya terletak di bagian belakang atau bawah depan kulkas. Sementara itu, pada kulkas satu pintu, wadah penampungan air berada di bawah freezer.

BACA JUGA : Manfaat Menggunakan Merek Kulkas Terbaik Showcase Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Jika wadah penampungan air penuh, air bisa meluber dan mengalir ke lantai di bawah kulkas. Walaupun air biasanya menguap sendiri karena panas dari mesin kompresor, ada beberapa faktor yang dapat mempercepat pengisian wadah, seperti:

- Mesin kompresor tidak beroperasi optimal sehingga tidak menghasilkan panas cukup untuk menguapkan air di dalam wadah.

- Wadah penampungan air kotor oleh partikel, sehingga lebih cepat terisi.

Untuk menghindari kebocoran air pada kulkas, disarankan melakukan perawatan dan pembersihan rutin pada wadah penampungan air serta seluruh bagian kulkas. Hal ini dapat membantu menjaga kinerja kulkas tetap optimal dan mencegah masalah pada saluran pembuangan air.

3. Terdapat sumbatan pada saluran pembuangan

Saluran pembuangan yang tersumbat oleh kotoran seperti lendir atau es beku dapat menyebabkan kulkas dua pintu mengalami kebocoran air dari bagian depan. Penumpukan bunga es di bagian freezer juga bisa menjadi penyebabnya.

Pada freezer, komponen pemanas (heater) seharusnya aktif mencairkan bunga es yang menumpuk. Namun, jika komponen ini rusak atau tidak berfungsi dengan baik, proses pencairan tidak akan terjadi.

BACA JUGA : Jangan Sampai Salah, Berikut 5 Penyebab dan Solusi Merek Kulkas Terbaik Bau

Kategori :