Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Saat Musim Hujan

Selasa 16-07-2024,14:22 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Ketika sudah masuk musim penghujan, maka suhu di udara akan berubah jadi dingin sehingga banyak orang yang jarang untuk menyalakan merek AC terbaik di dalam rumah mereka.

Tetapi, Kamu harus tahu bahwa ternyata merek AC terbaik juga tetap perlu untuk dinyalakan ketika sedang musim hujan.

Untuk sebagian orang mungkin menyalakan merek AC terbaik ketika musim hujan akan membuang-buang energi listrik yang berujung pada pem boros an listrik .

Tetapi , ternyata aktivitas ini bisa mem berikan beberapa manfaat bagi kamu. Pasti kamu bertanya-tanya kenapa merek AC terbaik tetap harus dinyalakan saat musim hujan .

BACA JUGA : 7 Penyebab Utama Merek AC Terbaik Bau Tidak Sedap, Begini Cara Mencegahnya

Berikut beberapa alasan merek AC terbaik perlu tetap dinyalakan ketika musim hujan :

1. Menj aga Kestabilan u dara yang m asuk dan keluar

Bagian yang memiliki peran penting untuk menjaga kestabilan udara yang keluar dari AC dan masuk yaitu filter atau penyaring AC yang berfungsi untuk menjaga kelembaban suhu di dalam ruangan.

AC bekerja dengan cara menyerap udara yang panas di ruangan , kemudian melepaskan udara tersebut ke luar ruangan. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa suhu udara di dalam ruangan jadi dingin.

Begitu juga ketika musim hujan. Suhu di dalam ruangan cenderung lebih lembab dan tidak baik bagi lingkungan sekitar.

Dampak dari udara yang lembab ini yaitu terganggunya kesehatan manusia terutama gangguan pada pernapasan, berpotensi timbulnya jamur, dan infeksi atau alergi di tubuh manusia.

Agar terhindari dari suhu yang lembab tersebut, maka disarankan kamu tetap me nghidupkan AC ketika musim hujan. Sehingga filter pada AC akan bekerja secara maksimal untuk menstabilkan udara di dalam ruangan kamu .

BACA JUGA : 6 Tips Perawatan Merek AC Terbaik Portable Agar Awet Tahan Lama

2. Menj aga k ebersihan u dara di dalam r uangan

Daya tahan tubuh manusia biasanya lebih lemah saat musim hujan, sehingga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk d an sebagainya . Salah satu hal yang jadi penyebabnya yaitu adanya perubahan suhu dan udara tidak bersih.

Salah satu cara untuk mengurangi dampak tersebut yaitu dengan cara menyalakan AC untuk menjaga suhu udara di dalam ruangan dan filter AC juga akan berfungsi membuat udara di dalam ruangan jadi lebih bersih.

Per gantian di antara udara yang keluar dan udara yang masuk akan membuat udara di ruangan tersebut diganti dengan udara yang lebih bersih.

Berikut t ips m emakai merek AC terbaik saat musim sedang hujan :

1. Gunakan Mode Dry

AC pada umumnya mem punyai beberapa pengaturan mode untuk mengatur suhu udara , diantaranya mode fan (kipas) , mode auto, mode turbo, mode cool, dan mode dry. Khusus ketika musim hujan, kamu dapat men ghidupkan mode dry.

mode dry pada AC berfungsi untuk menjaga tingkat kelembaban di dalam ruangan. Cuaca yang dingin akan menyebabkan suhu di dalam ruangan jadi lebih rendah dari biasanya sehingga k eadaannya akan lebih lembab.

Mode dry bekerja sama seperti dehumidifier yang akan membuat tingkat kelembaban jadi lebih rendah. Sehingga suhu ruangan nantinya akan lebih terasa sejuk dan kering karena kelembabannya sudah berkurang. Mode ini juga lebih hemat energi penggunaan.

BACA JUGA : 7 Efek Samping Jika Suhu Merek AC Terbaik Terlalu Dingin

2. Atur Suhu AC dengan Tepat

Atur suhu AC sesuai dengan kondisi ruangan kamu . Ketika musim sedang kemarau, biasanya kamu akan mengatur suhu AC sekitar 16 derajat - 20 derajat.

Tetapi, ketika musim sedang hujan, disarankan kamu untuk mengatur suhu 24 derajat - 26 derajat celcius , suhu ini dianggap paling optimal sesuai dengan kondisi cuaca di luar.

Pengaturan suhu tersebut juga dapat menghemat penggunaan listrik lebih banyak, karena semakin rendah suhu diatur, maka semakin tinggi juga daya listrik yang diperlukan supaya AC dapat bekerja dengan maksimal.

Pengaturan suhu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan di setiap ruangan supaya tidak boros listrik.

3. Service Kondisi AC secara Berkala

Pada penggunaannya AC tentu akan terkontaminasi oleh kotoran dari luar ruangan ataupun dari dalam ruangan . Apalagi ketika musim peng hujan banyak jamur yang tumbuh dan udara yang kotor yang akan masuk ke dalam prosesor AC kamu .

Untuk mengatasi adanya kotoran yang mengendap di dalam AC, kamu harus rutin melakukan servis AC . Melakukan s ervis AC tidak hanya ketika musim hujan, tetapi lakukan service AC minimal 3 bulan 1 kali agar AC kamu tetap awet.

BACA JUGA : Berikut Kelebihan dan Kekurangan Merek AC Terbaik Jenis Portable yang Perlu Diketahui

4. Bersihkan Filter AC secara Rutin

Salah satu bagian yang peran nya penting pada AC ketika musim hujan yaitu filter . Supaya filter ini bekerja secara maksimal, pastikan kamu untuk menjaga kebersihannya dengan ruti n.

Itulah beberapa tips menggunakan merek AC terbaik saat musim hujan. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :