6 Tips Merawat Merek AC Terbaik Jenis Split Rumah Agar Mesin Tetap Optimal

Senin 15-07-2024,11:46 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Sebagai pengguna merek AC terbaik, tentu kita ingin mengetahui bagaimana cara merawat AC split yang benar. Hal ini dengan maksud untuk menjaga kinerja mesin AC agar tetap optimal, sehingga AC tetap dingin dan awet.

Dari sifatnya merek AC terbaik jenis split merupakan alat elektronik yang membutuhkan perawatan secara rutin. Karena AC memiliki fugnsi untuk mendinginkan ruangan dan sebagai alat sirkulasi udara yang efisien.

Prinsip kerja merek AC terbaik jenis split ini udara yang mengandung debu dan polusi di dalam ruangan tersebut akan dihisap oleh AC, kemudian debu ataupun polusi tersebut akan menempel di filter AC.

Lalu udara di dalam ruangan yang kurang sehat tersebut akan diganti oleh merek AC terbaik jenis split dengan udara yang lebih bersih. Apabila debu tersebut terlalu lama menempel di filter, tentu merupakan hal kurang bagus.

Berikut cara merawat merek AC terbaik jenis split :

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Pipa Merek AC Terbaik Berembun, Ini Penyebabnya

1. Lakukan service cuci AC dengan teratur

Setidaknya untuk AC di perumahan di cuci minimal 3 bulan sekali dan untuk AC kantor, toko, atau tempat usaha lainnya minimal 2 bulan sekali. Dengan mencuci AC secara berkala bisa mencegah terjadinya kebocoran pada unit indoor AC.

2. Bersihkan filter udara 2 minggu sekali

Filter AC letaknya di indoor bagian depan dan di tutup dengan casing atau cover. Apabila memungkinkan, kamu dapat membersihkan sendiri tanpa harus dibantu oleh teknisi.

Caranya yaitu buka cover indoor, tarik atau lepas filter tersebut, lalu cuci filter tersebut hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, dianjurkan memakai sabun deterjen atau sejenisnya.

Setelah itu, keringkan atau bisa dilap memakai kanebo agar lebih cepat kering, lalu pasang kembali filter udara ke tempat semula.

3. Jangan merokok di ruangan yang menggunakan AC

Hal ini karena asap rokok tersebut mengandung zat nikotin yang jika menempel pada benda bisa merubah warna asli benda tersebut jadi tampak lebih kuning.

Apabila warna sudah berganti seperti demikian, maka akan sulit untuk dibersihkan lagi seperti warna aslinya dan apabila di abaikan tentu akan membuat AC jadi cepat kotor dan udara jadi kurang sehat.

BACA JUGA :  Jangan Diabaikan, Berikut 5 Penyebab Merek AC Terbaik Bau Tidak Enak

4. Gunakan temperatur suhu di bawah 22° dan di atas 19°

Jika kita mengatur suhu di atas 24° mungkin AC akan terjadi masa standby yang terlalu cepat, sehingga AC akan mati hidup yang membuat tagihan listrik membengkak.

Perlu diketahui, ketika AC pertama dinyalakan memerlukan daya listrik yang banyak. Lalu setelah AC berjalan beberapa jam, daya yang diperlukan akan menurun. Sebaliknya, jika kita memakai temperatur paling rendah, selang waktu standby akan semakin lama.

Meskipun nanti apabila suhu yang ditentukan sudah tercapai maka kompresor akan mati dengan sendirinya, hal ini tentu bisa membuat mesin bekerja dengan lebih lama.

Apalagi kalau ruangan kamu terlalu besar dan kapasitas ACnya tidak sesuai. Suhu idealnya yaitu antara 19°- 21°, jika kurang dingin, kamu bisa menurunkan jadi lebih rendah.

5. Tutup pintu dan jendela ketika AC dinyalakan

Merek AC terbaik dipakai khusus untuk ruangan yang tertutup, sehingga menutup pintu, jendela ataupun lubang udara lainnya yaitu sebagai tips merawat AC.

Karena apabila kamu membiarkan pintu rumah terbuka, maka otomatis AC membutuhkan waktu lama untuk mencapai suhu yang ditentukan. Hal ini akan membuat AC berkerja terus menerus tanpa standby, dan udara dingin yang dihasilkan juga tidak bisa maksimal, bahkan terbuang dengan sia-sia.

BACA JUGA : Begini Cara Setting Merek AC Terbaik TCL Agar Lebih Dingin Maksimal

6. Menggunakan stabilizer

Dengan memakai stabilizer, akan membuat arus listrik yang masuk ke AC selalu stabil yaitu 220 Volt.

Karena apabila arus listrik lebih atau malah kurang dari 220 volt bisa menyebabkan AC terkena tegangan yang tinggi atau tegangan yang rendah.

Hal itu tentu bisa mengurangi kinerja AC dan parahnya lagi mesin kompresor bisa mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan.

Itulah beberapa tips merawat merek AC terbaik jenis split d i rumah yang bisa kamu lakukan agar mesin AC tetap optimal . Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :