Cara Mengatasi Pipa Merek AC Terbaik Berembun, Ini Penyebabnya

Sabtu 13-07-2024,15:20 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Bagi seorang teknisi AC, tentu sudah mengetahui cara mengatasi pipa merek AC terbaik yang berembun dengan benar. Tetapi bagi pengguna AC yang masih awam, tentu hal ini akan terasa sulit bahkan tidak tahu yang harus dilakukan.

Pipa merek AC terbaik yang berembun merupakan masalah yang umum terjadi yang sering dialami oleh pemilik AC. Sehingga penting bagi kamu untuk mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi masalah ini.

Ketika merek AC terbaik digunakan untuk mendinginkan ruangan, udara di sekitar pipa AC yang dingin bisa mengakibatkan kondensasi, yang akhirnya akan menghasilkan embun di pipa tersebut.

Hal ini bisa mengakibatkan berbagai macam masalah, termasuk masalah kebocoran air, kinerja pendinginan menurun, dan potensi kerusakan komponen merek AC terbaik.

Berikut penyebab pipa merek AC terbaik berair :

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek AC Terbaik, Cocok untuk Ruang Keluarga, Kumpul Bareng Makin Nyaman

1. Terdapat Perbedaan suhu di antara udara yang ada di luar dan udara di dalam ruangan

2. Kelembaban udara tinggi

3. Sistem AC tidak bekerja dengan baik

4. Armaflex atau pembungkus pipa telah mampu menopang air

5. Cara mmperbaiki pipa merek AC terbaik yang berembun :

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebagian besar pipa AC yang berair disebabkan karena proses kondensasi. Masalah pada kondensasi sendiri sudah cukup teratasi sebenarnya berkat adanya armaflex pembungkus pipa.

Sehingga, untuk mengatasi masalah ini, kamu hanya perlu ganti pembungkus pipa tersebut dengan pembungkus pipa yang baru. Berikut step by stepnya :

Persiapkan alat dan bahan

Sediakan alat yang dibutuhkan seperti gunting, isolasi atau dac tipe lem, dan armaflex atau pembungkus pipa. Pastikan kamu mempunyai bahan pembungkus baru atau armaflex yang sesuai dengan ukuran pipa AC yang akan kamu ganti.

Jika semua alat dan bahan telah tersedia, berikut langkah-langkahnya :

1. Lepaskan pembungkus lama

Pakai gunting untuk memotong pembungkus yang sudah lama pada pipa AC. Berhati-hati ketika memotong dan pastikan agar tidak sampai merusak pipa AC yang ada di bawahnya.

BACA JUGA : Jenis Gangguan Pada Saluran Pembuangan Merek AC Terbaik, Cek dan Segera Atasi sebelum Terlambat

2. Bersihkan permukaan pipa AC

Setelah pembungkus lama dilepas, bersihkan permukaan pipa merek AC terbaik dari debu, kotoran, atau sisa-sisa perekat yang tertinggal. Gunakan lap bersih atau kain lembut yang sedikit dibasahi untuk membersihkannya.

3. Potong pembungkus baru sesuai ukuran

Gunakan pembungkus yang baru atau armaflex yang sudah kamu siapkan. Potong pembungkus yang baru dengan panjang yang sesuai agar pipa AC dapat tertutupi secara menyeluruh. Pastikan bahwa ukurannya sudah pas dengan diameter pipa AC kamu.

4. Pasang pembungkus baru

Tempelkan ujung pembungkus yang baru pada pipa AC dan rapatkan secara lembut. Pastikan bahwa pembungkus menutupi seemua permukaan pipa AC tanpa terdapat bagian yang masih terbuka.

5. Rekatkan pembungkus baru

Pakai perekat pipa AC yang direkomendasikan dan jangan lupa untuk mengikuti petunjuk penmakaian yang tertera di kemasan. Terapkan perekat pipa AC dengan merata di sekitar pembungkus yang baru untuk memastikan bahwa pemasangannya yang kuat dan tahan lama.

6. Periksa kembali pemasangan

Sesudah pemasangan tersebut selesai, cek kembali apakah pembungkus yang baru sudah terpasang dengan baik dan rapat di pipa merek AC terbaik. Pastikan juga agar tidak terdapat celah yang terbuka yang bisa menyebabkan kebocoran udara atau menyebabkan kondensasi yang berlebihan.

BACA JUGA : Daftar Merek AC Terbaik Bagus Untuk Bayi: Pilihan Tepat Kenyamanan Si Kecil

Dengan kamu mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengganti pembungkus atau armaflex pipa AC untuk mengatasi pipa AC yang berembun atau kondensasi. Tetapi, jika kamu kurang yakin atau kesulitan, dan tidak mempunyai kapasitas pada bidang pendingin ruangan, disarankan agar kamu meminta bantuan teknisi AC yang berpengalaman.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pipa merek AC terbaik yang berembun. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :