Kekurangan Dan Bahaya Freon R22 Pada Merek AC Terbaik

Sabtu 13-07-2024,12:17 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kekurangan dan bahaya dari freon R22 pada merek AC terbaik perlu kamu ketahui dan pahami dengan baik. Hal ini karena masih adanya AC yang memakai freon jenis ini.

Freon adalah komponen penting yang ada di dalam merek AC terbaik dan berperan untuk menentukan dingin atau tidaknya sebuah AC yang kamu gunakan

Baik merek AC terbaik yang digunakan di dalam rumah atau di kantor, apapun jenis ACnya pasti memerlukan freon. Freon bisa berkurang, terutama jika terjadi kebocoran yang mengakibatkan AC tidak dingin.

Freon yaitu komponen dari AC berupa campuran sejumlah zat dan bentuknya cair. Tidak hanya di dalam merek AC terbaik rumahan, freon juga dipakai di beberapa perangkat pendingin seperti kulkas, dispenser, dan AC mobil.

Freon berguna menghasilkan udara dingin dari merek AC terbaik. Oleh karena itu kenapa jika AC tidak terasa dingin, bisa jadi selain karena AC yang kotor dan jarang dicuci, hal ini juga bisa terjadi karena kebocoran freon atau kekurangan freon.

BACA JUGA : Jenis Gangguan Pada Saluran Pembuangan Merek AC Terbaik, Cek dan Segera Atasi sebelum Terlambat

Apabila AC kekurangan biasanya mempunyai tanda seperti hawa yang dihasilkan oleh AC kurang terasa dingin atau tidak maksimal. Jika freon mengalami kebocoran, AC bisa sama sekali tidak menghasilkan udara dingin, bahkan hanya terasa hawa yang panas.

Freon yang dipakai pada unit AC ada 3 macam, yaitu :

1. Freon R22

Freon R22 merupakan tipe freon yang banyak dipakai pada AC tipe yang lama, khususnya pada AC keluaran sebelum tahun 2015. Karena sejak tahun 2015, freon R22 telah dilarang digunakan karena sifatnya bisa merusak ozon.

Jika merek AC terbaik kamu termasuk jenis AC yang masih mmemakai freon ini, bahwa layanan purna untuk penjualan freon jenis ini hanya dilayani sampai tahun 2030 saja dan setelah itu Freon R22 akan dihapus.

2. Freon R410A

Apabila unit AC yang kamu pakai termasuk tipe yang baru atau dibeli sesudah tahun 2015, maka terdapat kemungkinan AC kamu memakai jenis freon ini. Freon R410A termasuk ke dalam gas HFC yang lebih ramah terhadap lingkungan daripada freon R22.

Freon R22 mempunyai nilai ODP (ozone depletion potential) kurang lebih 0,05 dan freon R410A mempunyai nilai ODP 0. Hal ini membuktikan bahwa freon R410A tidak ada potensi merusak ozon.

BACA JUGA :  Rekomendasi Merek AC Terbaik Ukuran Mini Untuk Kamar

3. Freon R32

Freon R32 termasuk dalam jenis freon yang tidak akan merusak ozon karena mempunyaii nilai ODP 0. Perbedaanya dengan R410A yaitu freon R32 mempunyai tingkat potensi global warming lebih rendah dibandingkan dengan Freon R410A.

Freon R32 mempunyai nilai cooling index yang lebih tinggi dibanding freon R410A. AC yang memakai freon R32 bisamenghasilkan suhu dingin yang lebih baik dibandingkan dengan AC yang memakain freon jenis lainnya.

Bahaya Freon R22

Jika unit AC kamu masih termasuk tipe lama dan masih memakai freon R22, sebaiknya kamu ganti unit AC yang kamu miliki. Berikut ini bahaya Freon R22 antara lain :

- Freon R22 bisa menipiskan dan merusak ozon

- Kandungan pada Freon R22 berbahaya untuk kulit jika terjadi kebocoran, seperti bisa mengakibatkan dermatitis jika freon terkena kulit

- Freon R22 lebih toxic jika terjadi kebocoran dan terhirup karena dabisa mengakiabtkan efek seperti mengantuk dan mual

Apabila merek AC terbaik kamu usianya lebih dari 10 tahun atau merupakan model AC sebelum tahun 2015, kemungkinan AC kamu masih mnggunakan freon R22 yang tidak ramah terhadap lingkungan dan sebaiknya harus segera kamu ganti ke AC yang sudah menggunakan freon R32 atau freon R410A.

Itulah penjelasan tentang kekurangan dan bahaya freon 22 pada merek AC terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :