Kondensor Merek AC Terbaik: Pengertian, Fungsi dan Tips Membersihkannya, Simak Sampai Selesai

Jumat 12-07-2024,12:44 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik yang terpasang dirumahmu terdiri dari berbagai macam komponen yang mendukung segala kinerjanya.

Komponen merek AC terbaik ini berperan sangat penting dalam membuat performa unit pending menjadi lebih maksimal setiap harinya.

BACA JUGA : Jangan Dibiarkan Merek AC Terbaik Menganggur Selama Musim Hujan, Ini 6 Cara Memanfaatkannya

Satu dari sekian komponen merek AC terbaik yang punya peranan penting tersebut adalah Kondensor, yang fungsinya adalah sebagai pengukur panas.

Kondensor merek AC terbaik ini harus Kamu perhatikan dengan benar dan jika terjadi kerusakan atau apapun harus segera dicari tahu solusinya.

Pengertian Kondensor pada AC

AC atau pendingin ruangan sendiri terdiri dari empat bagian. Yakni komponen utama, komponen pendukung, komponen kelistrikan serta komponen pendingin. 

Kondensor sendiri termasuk dalam kategori komponen utama pada AC.

Yang dimaksud dengan kondensor adalah suatu alat yang berfungsi sebagai penukar kalor atau panas, yang mengubah bentuk refrigerant dari bentuk gas menjadi cair, serta berfungsi untuk menurunkan suhu tempratur pada refrigerant.

Fungsi Kondensor pada AC

Sebagai pendingin, umumnya menggunakan udara sebagai media pendinginan. 

Sekian jumlah kalor yang terdapat dalam refrigerant kemudian dilepaskan ke udara dengan media atau bantuan dari kipas motor pada unit pendingin ruangan.

Bagian pipa pada kondensor merek AC terbaik ini memiliki bentuk berliku-liku serta sirip bertujuan agar pelepasan kalor atau panas lebih cepat. 

BACA JUGA : Pesona Surga Tersembunyi Pacitan, Keindahan Eksotis Wisata Terbaru 2024 Pantai Kasap

Dengan fungsinya yang sangat penting bagi proses pendinginan, sangat penting untuk dilakukan pembersihan bagian sirip pipa kondensor secara rutin agar perpindahan panas atau kalor dari refrigerant tidak mengalami gangguan.

Kategori :