Dramatis, Petugas Damkar Bumiayu Lepas Cincin di Jari Bocah Yang Dipakai Sejak Usia Lima Tahun

Kamis 11-07-2024,08:47 WIB
Reporter : Teguh Supriyanto
Editor : M. Fatkhurohman

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Petugas Pos Damkar Bumiayu membantu melepaskan cincin emas yang terpasang di jari seorang bocah berusia 11 tahun. Cincin tersebut terpaksa harus dilepas, karena jari pemakainya membengkak hingga orang tua merasa khawatir.

Sifaul Muttaqin, petugas Damkar Pos Bumiayu menyampaikan, didampingi ibu dan seorang kerabatnya, bocah tersebut datang ke Pos Damkar Bumiayu, Rabu,10 Juli 2024. "Minta bantuan untuk melepas cincin yang terpasang karena susah dilepas, sementara kondisi jari sudah membengkak," ungkap Sifaul.

BACA JUGA:Pesona Purbakala Tanah Pasundan Juara Vlog Cagar Budaya Kabupaten Brebes

Penanganan dilakukan untuk melepaskan cincin emas tersebut, atas persetujuan orang tua bocah, petugas terpaksa memotong cincin menggunakan gerinda mini. Butuh waktu sekitar sepuluh menit bagi petugas, hingga akhirnya cincin tersebut dapat lepas dari jari bocah.  "Cincin emas itu akhirnya bisa dilepaskan. Terpaksa dilakukan pemotongan, karena memang susah dilepas," ujar dia.

Selama proses pemotongan dilakukan, petugas sesekali menyiramkan air secara perlahan di atas jari untuk mendinginkan suhu yang timbul akibat gesekan mesin pemotong pada cincin. "Meski terlihat ketakutan, tapi anaknya bisa ditenangkan. Sehingga prosesnya bisa berjalan dengan lancar," kata Sifaul.

Safitri, kerabat bocah warga Dukuh Krajan, RT 05 RW 04, Desa Negaradaha.  Kecamatan Bumiayu, yang turut mendampingi mengatakan, cincin tersebut sudah terpasang pada jari bocah sejak lima tahun lalu. "Memang sejak kecil sudah dipakaikan cincin, dan selama itu tidak ada masalah," kata Safitri.

Permasalahan baru timbul sejak tiga hari lalu. Dimana Cincin tersebut tidak bisa lepas, sementara jari si bocah tampak membengkak hingga orang tuanya merasa khawatir. "Sempat dibawa ke Puskesmas, disarankan untuk dirujuk. Namun saat hendak mengurus rujukan, mendapat saran untuk menemui petugas Damkar. Akhirnya dibawa ke sini," kata Safitri.

BACA JUGA:Terlibat Judi Online, ASN Brebes Bakal Disanksi

Dia bersama orang tua bocah, merasa lega dan berterimakasih kepada petugas Pos Damkar Bumiayu yang sudah membantu melepaskan cincin keponakannya. "Tadinya khawatir juga, takut kenapa-kenapa. Alhamdulillah bisa tertangani," imbuhnya. (*) 

Kategori :