Mana Lebih Efisien, Simak Perbedaan AC Inverter Terbaik dan Non Inverter

Rabu 10-07-2024,20:50 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Saat ini AC yang beredar di pasaran ada dua jenis, yaitu AC inverter terbaik dan AC non inverter yang mungkin bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

AC inverter terbaik sendiri adalah salah satu barang elektronik yang fungsinya bisa diandalkan oleh banyak orang dalam hal mendinginkan suatu ruangan dengan adanya teknologi canggih.

Namun, banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara AC inverter terbaik dan non inverter. Padahal ini bisa berpengaruh pada penggunaan AC dalam ruangan.

Lantas, apa saja perbedaan AC inverter terbaik dan non inverter? Dibawah ini adalah ulasan mengenai perbedaan keduanya yang perlu diketahui dan bisa kamu pilih mana yang tentunya lebih efisien. Simak, yuk.

BACA JUGA : 10 Tips Memilih Merek AC Terbaik Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Rumah

1. Konsumsi Listrik

Hal pertama yang bisa kamu lihat dari perbedaan AC inverter dan non inverter yaitu dapat dilihat dari tingkat konsumsi listriknya.

AC dengan jenis inverter bisa dibilang lebih hemat konsumsi listrik. Karena dengan adanya teknologi terbaru motor elektro membuat kecepatan kompresornya bisa diturunkan.

Tetapi, jenis AC non inverter kecepatan kompresornya cenderung akan tetap. Dari sinilah bisa disimpulkan bahwa AC dengan jenis inverter lebih hemat listrik dan tentunya efisien.

2. Kecepatan Kompresor

Kecepatan kompresor pada pendingin ruangan bisa mempengaruhi konsumsi energi yang dibutuhkan AC itu sendiri. 

Nah, pada AC inverter terbaik secara otomatis bisa menurunkan kompresor setelah suhu ruangan yang diinginkan sudah tercapai.

Sementara untuk AC non inverter sendiri kecepatan kompresornya tetap meskipun suhu ruangan yang diinginkan sudah tercapai.

Dengan perbedaan inilah, bisa disimpulkan bahwa konsumsi energi pada AC inverter dinilai lebih sedikit jika dibandingkan dengan AC non inverter.

3. Segi Perawatan

Kategori :