Tak Perlu Panggil Tukang, Berikut 7 Cara Memperbaiki Pintu Merek Kulkas Terbaik Renggang

Selasa 09-07-2024,10:45 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Mengalami masalah pada pintu merek kulkas terbaik yang tidak tertutup dengan rapat, kamu tidak perlu bantuan. Kamu bisa melakukan perbaikan sendiri tanpa perlu memanggil tukang.

Salah satu masalah yang umum terjadi pada merek kulkas terbaik yang biasa dialami kebanyakan orang yaitu saat pintunya tidak dapat tertutup dengan rapat.

Masalah ini bisa menyebabkan udara dingin akan keluar dari dalam merek kulkas terbaik kamu dan udara hangat akan masuk ke dalamnya.

Hal tersebut tentu berbahaya bagi performa merek kulkas terbaik kamu karena bisa mengakibatkan kompresor kulkas bekerja dengan lebih keras.

Cara memperbaiki pintu merek kulkas terbaik yang tidak rapat :

1. Periksa Bagian Dalam Kulkas

Pertama, cek bagian dalam kulkas. Pastikan bahwa di bagian dalam kulkas kamu tidak ada laci yang terbuka, wadah makanan, dan rak yang sejajar.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Hemat Listrik, Gak Bikin Tagihan Listrik Bengkak

Biasanya, pada kondisi tersebut yang bisa membuat pintu kulkas tidak bisa tertutup dengan benar. Apabila barang-barang ini yang menjadi sumber masalah.

Kamu bisa meng ubah posisi barang-barangnya yang mungkin tidak berada pada tempatnya. Lalu, baru kamu coba tutup pintu kulkas kembali.

2. Bersihkan Karet Pintu Kulkas

Cek bagian karet pintu kulkas apakah masih dalam kondisi yang bersih atau tidak. Karet pintu kulkas yang telah kotor bisa segera dibersihkan memakai air sabun yang hangat dan kain mikrofiber lembut.

Bersihkan juga pada bagian dalam lipatannya untuk menghilangkan seluruh kotoran dan minyak dari permukaannya.

Kemudian, lap sampai kering dengan emnggunakan kain bersih lainnya. Cek kembali untuk memastikan bahwa proses pembersihan sudah dilakukan secara keseluruhan. Apabila kamu merasa kurang bersih, sebaiknya bersihkan lagi di bagian karet kulkasnya.

BACA JUGA : Cara Mematikan Semua Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

3. Pindahkan Makanan dan Minuman

Sebagian besar orang meletakkan berbagai macam makanan dan minuman di dalam wadah. Hal ini bisa membuat pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat dan benar.

Oleh karena itu, coba untuk memindahkan benda-benda yang memberatkan pintu kulkas ke rak dalam kulkas. Pastikan agar sebelumnya kulkas telah rata dari depan ke belakang dan dari sisi ke sisi kalau pintu masih tidak dapat tertutup rapat.

4. Lunakkan Karet Kulkas yang Mengeras

Salah satu yang membuat pintu kulkas tidak bisa tertutup rapat penyebabnya yaitu karet pintu kulkas yang sudah mulai mengeras. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan pengering rambut.

Panaskan area karet kulkas yang mengeras tersebut dengan merata sampai karet kulkas kembali ke bentuk semula dengan menggunakan hair dryer dengan suhu sedang..

5. Ganti Karet Pintu Kulkas

Langkah ini bisa kamu lakukan apabila memang berbagai cara sebelumnya tidak bekerja dengan optimal. Supya bisa menghindari masalah ini kedepannya, cek karet kulkas tiap 12 bulan sekali. Pastikan gasket kulkas kondisinya masih baik.

Pengecekan yang paling mudah untuk melihat karet pintu kulkas apakah sudah rusak yaitu dengan menggunakan tes kertas. Caranya dengan meletakkan satu lembar kertas di antara pintu dan lemari es, lalu tutup pintu tersebut, kemudian tarik kertasnya.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik Aqua, Keluarkan Tipe Baru Inovasi Menakjubkan

Apabila kertas tersebut mudah lepas, berarti menandakan bahwa sudah saatnya gasket diganti karena sudah tidak dapat berfungsi dengan baik. Beli karet sesuai dengan tipe kulkas kamu dan nomor model dari merek kulkas yang kamu beli.

Setelah mempunyai segel yang baru, keluarkan dan rendam di dalam air yang hangat ketika kamu melepas gasket yang lama. Hal ini dilakukan agar gasket lebih luntur ketika dipasang.

6. Ganti Engsel

Engsel yang sudah rusak dapat membuat pintu kulkas tidak bisa tertutup rapat. Pada umumnya, engsel bisa rusak disebabkan karena faktor usia sehingga di bagian mur atau bautnya sudah mulai longgar.

Oleh karena itu, cara mengatasinya yaitu dengan mengganti engsel tersebut dengan engsel yang baru. Setelah engsel yang baru sudah dibeli, kencangkan bautnya supaya daun pintu dapat tertutup dengan baik.

BACA JUGA :  8 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala, Ini Solusinya

7. Periksa Bagian Magnet

Fungsi dari magnet ini tergolong sangat krusial yaitu untuk merekatkan pintu kulkas, sehingga pintu kulkas tidak gampang terbuka. Jika memang magnetnya telah rusak, kamu dapat menggantinya dengan magnet yang baru.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki pintu merek kulkas terbaik yang tidak bisa tertutup rapat. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :