PPDB SMP di Brebes, Ratusan Calon Peserta Didik Baru Antre sejak Subuh

Selasa 25-06-2024,13:39 WIB
Reporter : Eko Fidiyanto
Editor : M. Fatkhurohman

BREBES , DISWAYJOGJA -  Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mulai dibuka tanggal 24-27 Juni 2026. Di hari pertama pendaftaran, ratusan peserta didik baru orang tuannya sudah mendatangi sekolah sejak Subuh, Senin , 24 Juni 2024 .

Pantauan di SMP Negeri 1 Brebes, banyak orang tua mendaftarkan anaknya di tingkat SMP yang menunggu di gerbang pintu sekolah sejak Subuh, meski pendaftaran PPDB mulai dibuka pukul 08.00 WIB. Salah satu orang tua calon peserta didik , Permana , 49 , mengaku, dirinya mengantarkan anaknya yang akan mendaftar PPDB online di SMP Negeri 1 Brebes sejak Subuh.

BACA JUGA:PPDB Rawan Pungutan, DPRD Kabupaten Brebes Minta Dindikpora Perketat Pengawasan

Dia mengaku kawatir dengan banyaknya calon peserta didik yang mendaftar, prosesnya pendaftaran akan lebih lama dan harus mengantre. "Saya kawatir hari ini tidak bisa mendaftarkan anak. Apalagi pendaftaran hari ini dibatasi jam 12 siang," kata Permana.

Tidak hanya itu, menurut Permana, sistem PPDB online mengalami kendala yakni dengan adanya jaringan internet yang buruk, sehingga mempengaruhi proses pendaftaran. "Beruntungnya pihak sekolah membantu para calon peserta didik, termasuk kami dipandu saat pembuatan akun," ungkap Permana.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Brebes, Dharma Suhaeri mengatakan, calon peserta didik merasa kesulitan saat proses pendaftaran PPDB online. Namun, pihaknya tetap akan membantu proses pendaftaran kepada calon peserta didik. "Tidak semua orang tua dari calon peserta didik, paham soal internet dan juga kendala lainnya, yaitu jaringan internet yang kuotanya minim. Kami pandu agar proses pendaftaran tidak kesulitan," ujar Suhaeri.

Soal banyak calon peserta didik yang datang sejak Subuh dan menunggu di pagar sekolah, pihaknya sudah memberikan pengumuman, bahwa pendaftaran dimulai pukul 08.00 WIB. "Pendaftaran hanya akan berlangsung hari ini hingga Kamis mendatang. Sedangkan yang akan diterima hanya 240 siswa baru," pungkasnya.

BACA JUGA:PPDB Jenjang SD dan SMP Segera Dibuka, Inilah Jadwal dan Petunjuk Pendaftarannya

Perlu diketahui, bahwa ada 77 SMP Negeri di Brebes yang hari ini membuka PPDB. Sebanyak 58 SMP Negeri di antaranya, melaksanakan PPDB online. Termasuk sekolah-sekolah negeri yang berada di desa-desa yang kesulitan jaringan internet. (*)

Kategori :