Kenali Jenis Freon dan Cara Kerjanya, Komponen Penting Merek AC Terbaik

Kamis 20-06-2024,21:03 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

Akan tetapi, freon R410A memiliki nilai global warming potential (GWP) cukup tinggi, yaitu mencapai skor 2.090. Sementara untuk freon R32 nilai GWP-nya sebesar 675.

Di pasaran, freon R410A tersedia dalam tabung berwarna merah muda.

4. Freon R290

Jenis freon yang terakhir adalah R290. Freon yang satu ini terbilang lebih ramah lingkungan dibandingkan ketiga jenis freon sebelumnya.

Akan tetapi, tingkat flammability-nya cukup tinggi sehingga sangat mudah terbakar. Selain itu, indeks pendingin R290 hanya 83, sehingga udara yang dihasilkan tidak terlalu dingin.

Cara Kerja Freon AC

Cara kerja freon merek AC terbaik terbilang cukup rumit. 

Pada awalnya, freon akan menyerap panas dari ruangan, lalu mengubahnya dari gas bertekanan rendah menjadi cairan dengan tekanan tinggi.

Selanjutnya, komponen AC mengirim freon keluar lewat kipas yang berputar untuk membuang udara panas. Kipas ini terdapat di AC unit outdoor yang dipasang di luar ruangan.

BACA JUGA : Merek AC Terbaikmu Tidak Mau Menyala, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kemudian freon akan cool down dan kembali menjadi gas bertekanan rendah. Pada saat yang sama, kipas pada AC unit indoor akan membuang udara melalui coils yang dingin. 

Langkah ini untuk mendistribusikan udara dingin ke seluruh ruangan.

Itulah ulasan mengenai komponen penting pada merek AC terbaik yaitu Freon dari mulai jenis-jenisnya hingga cara kerjanya, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :