5 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin, Simak Solusi Mengatasinya, Cek Disini

Selasa 18-06-2024,16:00 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

Bila dibiarkan terlalu lama, maka kotoran tersebut akan menyumbat saringan filter sehingga udara dingin tidak mampu menembus keluar.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, Kamu perlu untuk membersihkan filter AC secara rutin. Paling tidak membersihkan filter AC sebulan sekali agar filter bersih dari kotoran. 

Sebelum membersihkannya, pastikan Kamu untuk menutup barang-barang di sekitar AC agar tidak kotor. Setelah bersih, pasangkan kembali filter pada AC.

5. Kondensor AC yang Kotor

Selain filter AC yang kotor, kondensor yang kotor juga menjadi penyebab AC tidak dingin. 

BACA JUGA : Berikut Rekomendasi AC Inverter Terbaik 1/2 PK, Banyak Permintaan Karena Bikin Sejuk

Kondensor AC ini terletak di bagian luar yang memiliki kegunaan untuk memanaskan gas refrigerant atau Freon pada suhu tertentu.

Sama halnya dengan filter, apabila kondensor kotor, maka tidak akan bisa melakukan proses pendinginan secara sempurna. 

Untuk itu, Kamu perlu membersihkan kondensor secara rutin agar terhindar dari AC yang tidak dingin. Kamu bisa melakukannya sendiri tanpa perlu teknisi ahli.

Kamu hanya perlu membersihkannya dengan menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran yang ada di kondensor. 

Cara mengatasi lainnya adalah dengan menutup kondensor menggunakan kain, apabila Kamu tidak menggunakan AC dalam waktu yang lama. 

Cara ini berguna agar kondensor tidak menjadi penyebab AC tidak dingin.

Selain itu, Kamu juga perlu memerhatikan peletakan kondensor dengan tidak meletakkannya dekat dengan tanaman hias dan ranting pohon.

Itulah ulasan mengenai beberapa penyebab merek AC terbaik dirumahmu menjadi tidak dingin beserta cara mengatasinya secara lengkap, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :