Beberapa Penyebab Kerusakan Merek AC Terbaik Dan Cara Mengatasinya

Rabu 12-06-2024,19:51 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Dengan kamu mengetahui beberapa penyebab merek AC terbaik rusak, kamu jadi tau kerusakan dengan tipe terkait apakah dapat diperbaiki atau sudah saatnya mengganti AC yang baru.

Beberapa jenis kerusakan yang umum terjadi pada merek AC terbaik kamu akan dijelaskan sebagai berikut :

1. AC Bocor Men etes kan Air

Hal ini menjadi salah satu yang paling sering terjadi, air yang menetes pada indoor ataupun outdoor merek AC terbaik kamu bisa jadi ketika baru terpasang ataupun sudah lama, kemudian tiba-tiba bocor air.

Kebocoran air sering terjadi akibat pipa air AC tersumbat. Saat merek AC terbaik bekerja akan menghasilkan embun air yang harus mengalir melewati saluran pembuangan air, Tetapi kadang saluran pembuangan air tersebut mengalami mampet atau bisa jadi kurang miring.

Namun tidak selalu kebocoran AC yang meneteskan air menyebabkan kerusakan, sebab posisi part yang berdekatan dengan fungsi pembuangan air sudah tahan terhadap air.

Buktiny a, AC juga dapat diservis cuci dengan menggunakan air yang disemprot, jadi beberapa part memang sudah dibuat dengan aman tahan terhadap kebocoran air.

2. AC Tidak Dingin

Ciri-ciri merek AC terbaik kamu tidak dingin yaitu angin keluar t etapi hanya angin saja, tidak t erasa dingin sama sekali. Hal i ni  menandakan bahwa freon kurang atau pun habis sebab terjadi kebocoran. Kebocoran freon memang sudah sering terjadi dan banyak sekali penyebabnya.

Pastikan ketika kamu membeli atau mengganti pipa dengan yang baru, gunakan pipa yang tebal dengan kualitas tembaga yang murni. Hal ini bertujuan u ntuk mengurangi risiko ,  kamu bisa memilih pipa dengan brand yang sudah terjamin. Kamu bisa melakukan metode pengelasan untuk menutupi yang bocor jika terlanjur sudah bocor .

3. AC Bau Tidak Sedap

Komponen pada merek AC terbaik lama kelamaan akan jadi kotor seiring dengan masa penggunaannya, apabila tidak segera diservis pat menimbulkan jamur, terutama juga sebab kotoran serta sisa makanan dan minuman yang mulai menempel pada kisi-kisi evaporator.

Apabila tidak dibersihkan denganrutin, maka akan mulai mengganggu fungsi kerja AC kamu, lalu mulai menghasilkan bau tidak sedap ke seluruh bagian ruangan. Solusinya yaitu kamu bisa melakukan servis cuci. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu dapat memilih AC yang dilengkapi fitur lapisan anti jamur seperti blue fin di evaporatornya.

BACA JUGA : 5 Langkah Mudah Menghentikan Getaran Pada Merek AC Terbaik

4. AC Berderik atau Mengeluarkan Suara B ising

Normalnya, AC memang mengeluarkan suara ketika beroperasi, tetapi apabila suaranya terlalu keras, ataupun menimbulkan bunyi seperti terdapat part yang lepas, mungkin memang terdapat masalah pada AC kamu.

Bisa jadi terd a pat part yang kurang kencang, misal baut yang longgar dan harus dikencangkan. Atau pun terdapat part yang hampir ter lepas sebab cacat dari pabrik ataupun kesalahan ke t ika pemasangan atau ada part yang sudah patah dalam AC.

Beberapa masalah sering terjadi karena pipa terlalu menempel AC, sehingga menimbulkan suara karena adanya gesekan. Jika hal ini terjadi, kamu hanya perlu sedikit menggeser posisi pipa supaya tidak menempel pada cover AC.

5. AC Sering Mati Sendiri

Perlu diperiksa apakah di daerah kamu termasuk memiliki tegangan tidak stabil, karena tegangannya dapat lebih rendah dibandingkan keadaan normal untuk AC bekerja.

Sebab jika pada tegangan yang terlalu rendah, kompressor AC telah mempunyai fungsi mati secara otomatis , hal ini untuk melindungi mesin kompressornya agar tidak cepat rusak.

Jika tegangan di rumah tidak stabil, gunakan mesin stabilizer agar listrik bisa lebih stabil. Kamu juga bisa membeli AC yang sudah memiliki toleransi low voltagenya.

6. AC Tidak Respon Dengan Remotenya

AC dan remote AC terhubung dengan menggunakan sensor, bisa jadi sensor pengirim sinyal yang ada pada remote atau penerima sinyal pada AC indoor terjadi kerusakan yang membuat komunikasi terputus.

Solusinya yaitu dengan mengganti part sensor atau membeli remote AC yang baru untuk menyesaikan masalah tersebut. Tetapi, jangan lupa untuk mengecek yang sering terjadi seperti kehabisan baterai remote AC .

BACA JUGA : Cara Mengatasi Error EC Pada Merek AC Terbaik

Kamu tidak perlu panik apabila merek AC terbaik kamu mengalami beberapa kondisi yang sudah disebutkan di atas, belum tentu AC kamu mengalami kerusakan total dan harus diganti. Kamu bisa menc oba meng hubungi teknisi brand apabila memang masih dalam periode garansi.

Kamu juga bisa hubungi teknisi toko apabila kamu baru melakukan pemasangan AC, hal ini untuk melakukan pengecekan, sebab dalam kondisi AC baru biasanya unit seharusnya tidak terdapat masalah.

Hanya saja saat kerusakan tidak dapat diperbaiki, ada juga pilihan untuk kamu membeli sebelah AC nya, misal Indoornya saja yang sudah rusak atau outdoornya saja sebelah untuk diganti.

Itulah beberapa penyebab kerusakan pada merek AC terbaik dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :