Pj Bupati Tegal Dorong Kades Ciptakan Desa Tematik

Senin 10-06-2024,07:58 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M. Fatkhurohman

SLAWI , DISWAYJOGJA - Untuk kesekian kalinya , Pj Bupati Tegal Agustyarsyah mengingatkan k epala d esa (kades) u ntuk bisa mengelola teknologi dan anak muda . Selain itu, membuat d esa t ematik sesuai potensi yang dimiliki daerah masing-masing.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Tegal Agustyarsyah saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan , sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) t entang Penambahan Masa Jabatan Kepala Desa se-Kabupaten Tegal selama dua tahun , beberapa waktu lalu .

BACA JUGA:Pj Bupati Tegal Bersama Istri Belajar Membatik, Kunjungi Stan Pameran di Acara Slawi Ageng Expo 2024

Menurut dia, p engelolaan teknologi dan anak muda perlu dilakukan, karena bisa membantu dalam hal pembangunan data base di masing-masing desa. Sebab , data base sangat diperlukan, terutama untuk mengetahui data pengangguran, kemiskinan, rumah tidak layak huni (RTLH) . “D ata persoalan desa tertinggal yang sampai saat ini masih ada, ” ujarnya.

Termasuk persoalan hukum, kata dia, aparat desa yang belum paham pengelolaan uang semuanya harus fiks dan lebih baik. Sekali lagi , dia tekankan kelola teknologi dan kelola anak muda .

”Jangan takut dengan anak muda. H arus rangkul anak muda dan rangkul teknologi agar bisa memberi kepastian data. Sehingga nantinya kita memiliki data base yang kuat, supaya bisa membangun Kabupaten Tegal lebih baik lagi, ” ungkapnya.

Agustyarsyah juga mengingatkan k epala d esa untuk membuat satu atau dua Desa Tematik. Setelah sudah menemukan tema apa yang akan diterapkan, baru membuat Desa Tematik yang nantinya bisa disesuaikan dengan program atau pilot project dari k ementerian.

H arapannya, bisa mendapat anggaran bernilai miliaran rupiah dari Kementerian untuk kemajuan desa masing-masing. Dia ber harap, k epala d esa bisa membuat Desa Tematik yang paling besar potensinya bisa memanfaatkan sumber daya manusia ataupun alam yang ada, disesuaikan dengan project k ementerian. “ Mari bangun desa menjadi benar-benar hebat," ungkapnya.

Jika nantinya ada dari desa-desa lain yang ingin melihat contoh tematik , d ia mengajak agar datang ke desa yang ada di Kabupaten Tegal dan tidak perlu ke kabupaten/kota lain.

BACA JUGA:Meriahkan Hari Jadi ke-423, Pj Bupati Tegal Apresiasi Liga Futsal Pelajar

Dia menambahkan, kalau semua selama bertahun-tahun tidak bisa menyelesaikan permasalahan pengangguran, kemiskinan dan lain sebagainya , berarti ada cara kerja yang salah . Karena itu, perbaiki cara kerja dan ini amanah yang dititipkan melalui Surat Keputusan (SK) p erpanjangan masa jabatan kepala desa.

“ Manfaatkan waktu dua tahun ini untuk memperbaiki dan menyempurnakan yang belum sempurna, ” tegasnya. (*) 

Kategori :