Tips Membuat Merek AC Terbaik Kamu Cepat Dingin, Simak Informasi Lengkapnya

Rabu 29-05-2024,17:49 WIB
Reporter : Amsya Sabrina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Setiap AC memiliki kemampuan yang berbeda dalam mendinginkan ruangan, tergantung pada merek dan modelnya. Beberapa AC dapat menyejukkan ruangan lebih cepat dibandingkan yang lain. Bagaimana cara meningkatkan performa merek AC terbaik agar ruangan lebih cepat dingin?

Langsung menyetel AC pada suhu rendah setelah menyalakannya tidak disarankan karena dapat mempercepat kerusakan AC. AC perlu bekerja lebih keras untuk mencapai suhu dingin dengan cepat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari cara ini untuk membuat merek AC terbaik cepat dingin.

Jika Anda ingin merasakan udara dingin yang cepat dari AC, lebih baik menggunakan merek AC terbaik yang memang dapat menciptakan kesejukan dengan cepat. Namun, jika AC di rumah tidak memiliki kemampuan itu, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk membuat AC dingin lebih cepat.

BACA JUGA : Simak 4 Tips Membuat AC Hemat Listrik, Tagihan Aman Anti Kantong Jebol

1. Pastikan AC dalam mode cool

Setiap merek AC terbaik memiliki mode yang berbeda, seperti cool, dry, fan, dan auto, masing-masing dengan fungsinya sendiri. Mode yang dapat membuat AC bekerja untuk mendinginkan ruangan dengan cepat adalah mode cool.

Mode ini biasanya ditandai dengan simbol seperti serpihan salju, dan memungkinkan pengaturan suhu sesuai dengan keinginan Anda untuk menurunkan suhu ruangan secara otomatis.

2. Menyesuaikan suhu dengan luas ruangan

Pilihlah AC yang memiliki kapasitas sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menjaga agar AC dapat bekerja efisien dengan cukup menyetel suhu pada kisaran standar, yaitu antara 22 hingga 25 derajat Celsius.

3. Turunkan Suhu Secara Bertahap

Seringkali, kebiasaan yang dilakukan adalah langsung mengatur suhu AC pada tingkat terendah, sekitar 16-18°C yang dianggap paling dingin. Namun, hal ini sebenarnya tidak disarankan.

BACA JUGA : Cara Mudah Menghemat Uang, Simak Tips Bersihkan Merek AC Terbaik Milikmu Sendiri

Mengatur AC pada suhu terendah dapat membuat merek AC terbaik bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak daya listrik. Ini tidak dianjurkan terutama jika Anda ingin menghemat energi.

Sebaiknya, turunkan suhu secara perlahan dan bertahap. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan jeda waktu sekitar 10 menit untuk menurunkan suhu satu derajat demi satu derajat hingga mencapai suhu yang diinginkan.

4. Atur Fan Speed atau Kecepatan Kipas ke Maksimal

Kategori :