Jembatan Karangjambu Kabupaten Tegal Ditutup Sementara

Senin 13-05-2024,02:00 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : M. Fatkhurohman

BALAPULANG , DISWAYJOGJA – Sebuah jembatan di Desa Karangjambu, Kecamatan Balapulang , Kabupaten Tegal berlubang. Jembatan terpaksa ditutup sementara. Karena membahayakan pengendara. Jembatan ini menghubungkan sejumlah desa di Kecamatan Balapulang dan Bojong. Terdapat dua lubang mengangah di lantai jembatan.

Panjang jembatan sekitar 10 meter dan lebar 6 meter. Warga menutup jembatan itu, dengan menggunakan bambu yang disilangkan di tengah jalan.

BACA JUGA:Jembatan Kalierang Cilongok Berlubang, DPUPR Kabupaten Tegal Segera Perbaiki

” Sudah tidak bisa dilewati. Kanan kiri lantai jembatan sudah berlubang,” kata Mubin, warga Desa Cilongok, Kecamatan Balapung, saat melintasi jembatan tersebut, Minggu , 12 Mei .

Dia yang hendak pulang ke desanya harus memutar arah melewati Bojong lalu Buniwah. Jarak yang ditempuh cukup jauh dibandingkan saat melewati jalan Karangjambu. Akan tetapi, hal itu tidak bisa dihindari, karena kondisi jembatan yang sudah sangat parah.

“Tidak hanya lantainya yang bolong-bolong, tapi pondasi jembatan juga sudah parah,” ujarnya.

Kepala Desa Karangjambu Moch Asmawi menuturkan, rusaknya jembatan berlangsung cukup lama, karena jembatan dibangun sekitar tahun 1980. Terutama di bagian pondasi karena tergerus air sungai.

Namun, kondisi bencana terakhir pada Kamis , 25 April yang mengakibatkan lantai jembatan berlubang. Sedangkan, penutupan jembatan itu dilakukan atas inisiatif warga, karena membahayakan.

Jembatan sudah tidak bisa dilewati kendaraan roda 4, tapi pihaknya juga tidak menyarankan kendaraan roda 2 lewat jembatan tersebut.

” Saat kejadian kami sudah lapor ke pihak terkait, dan dicek oleh dinas terkait. Kemarin hari Selasa kami diundang BPBD untuk assement,” ujarnya.

BACA JUGA:Sayap Pondasi Jembatan Kalierang Cilongok Tegal Diperbaiki, Anggaran Rp200 Juta

Dia menyatakan, jembatan itu merupakan akses 2 kecamatan, yakni Balapulang dan Bojong. Desa di Kecamatan Balapulang yang melewati jembatan ini, diantaranya Cilongok, Tembongwah, dan Danareja. Untuk Kecamatan Bojong, diantaranya Desa Danasari, Cikura, Kedungwungu dan beberapa desa lainnya.

“Mobil masih bisa lewat jalan desa, tapi jalan desa sempit sehingga saat berpapasan kesulitan,” imbuhnya. (*) 

Kategori :