6 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Alam Toraja yang Cantik dan Sejuk

Sabtu 13-04-2024,03:25 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Selain keunikan budaya suku Toraja yang unik serta cerita sejarahnya yang mengesankan, terdapat sejumlah destinasi wisata terbaru 2024 di Toraja yang sayang untuk dilewatkan.

Toraja menjadi destinasi wisata terbaru 2024 seperti Bali dan Jogja karena menawarkan banyak spot wisata yang kaya akan unsur budaya, religi, sejarah maupun keindahan alam.

Keindahan alam yang ada di Toraja, Sulawesi Selatan tidak kalah cantik dengan tempat wisata yang ada di daerah lainnya. Yuk langsung saja simak daftar rekomendasi wisata terbaru 2024 di sekitar Toraja yang harus masuk cek bucket list kamu saat liburan!

1. Tilanga Natural Pool

Tidak hanya terdapat wisata budaya dan sejarah saja, Toraja juga memiliki telaga indah yang airnya bersih dan segar. Tempat wisata terbaru 2024 telaga air tersebut bernama Tilanga Natural Pool.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 di Toraja, Dua Diantaranya Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia Simak Ulasannya

Kalau dilihat dari kejauhan telaga alami ini terlihat dangkal, tapi faktanya, kedalaman telaga air ini mencapai 30 meter. Tilanga Natural Pool ini memiliki air jernih dengan warna hijau kebiruan, sehingga ikan yang ada di tempat wisata ini dapat dilihat dengan mudah dari permukaan telaga.

 

Buat kamu yang mempunyai nyali besar, kamu bisa mencoba aktivitas ekstrem di telaga alami ini. Aktivitas tersebut yaitu lompat dari pohon ke area telaga atau menjelajahi goa yang ada di sekitar telaga.

Untuk menikamti keseruan yang ada di Tilanga Natural Pool, kamu harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk tersebut berkisar antara Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa.

Lokasi tempat wisata terpopuler favorit Tilanga Natural Pool ini terletak di Sarira, Kec. Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

2. Pango-Pango Makale

Wisata paling trending yang ada di Toraja lainnya adalah Pango-Pango Makale, wisata ini semacam Puncak di Jawa Barat. Suguhan utawa wisata ini adalah perbukitan dan hutan hijau dengan suasana yang sejuk dan dingin.

Wisata ini berada di atas ketinggian 1600-1700 mdpl, sehingga sering dijadikan tempat healing untuk menghilangkan rasa jenuh.   Selain itu, Pango-Pango Makale sangat juga dapat dijadikan untuk tempat camping bersama keluarga maupun sahabat.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024! Tanah Toraja Tampilkan Suasana Menenangkan dan Menyejukkan Mata di Tebing Romantis?

Tidak jauh dari tempat wisata paling hits 2024 ini, di sekitar Makale, Tana Toraja juga tersedia banyak tempat penginapan. Akses untuk menuju Pango-Pango Makale sudah baik, sehingga memudahkan pengunjung untuk berliburan disini.

Buat kamu yang ingin menghabiskan liburan disini, langsung datang ke Kelurahan Pasang, Kec. Makale, Kab. Tana Toraja, Sulawasi Selatan. Tempat wisata alam bernuansa ruang terbuka ini buka selama 24 jam dan tiket masuk ke Pango-Pango Makale cukup membayar Rp 10.000 saja.

3. Lembah Kendenan

Ingin liburan seperti di Negeri Dongeng? Kamu wajib datang ke lokasi wisata favorit andalan yang satu ini. Suasana yang hening dan damai sangat cocok dijadikan tempat healing dari jebuhnya pekerjaan yang padat dan membosankan.

Wisata yang dimaksud adalah Lembah Kendenan, menawarkan pemandangan dengan kumpulan tebing dengan kabut yang hampir setiap pagi menghampiri area lembah ini. Suasana lembah dan tebing yang terkesan berkabut tampak cantik dan mengesankan.

Lembah Kendenan sering dijadikan tempat para fotografer handal untuk hunting foto, bahkan juga sering dijadikan tempat foto pre-wedding.

Di tempat wisata terupdate andalan ini juga menyediakan fasilitas glamping dengan tarif mulai dari Rp 750.000/malam. Selain itu, disediakan juga villa dengan tarif menginapnya mulai dari Rp 2.000.000/malam.

Tiket masuk ke tempat wisata paling viral 2024 ini hanya Rp 20.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati panorama alam serta kegiatan lainnya yang menarik. Lokasi wisata ini berada di Ratte Buttu, Kec. Bonggakaradeng, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

4. Bukit Ollon

Wisata alam terbuka berbentuk bukit lainnya yang ada di Toraja adalah Bukit Ollon, menyuguhkan pemandangan yang indah serta udaranya yang sejuk dan menyegarkan.

Bukit Ollon menjadi salah satu objek wisata alam favorit bagi wisatawan yang ingin datang bersama anak-anak. Tempat wisata ini memiliki area rumput yang sangat luas sehingga anak-anak bisa berlarian sepuasnya.

Di Bukit Ollon, pengunjung yang ingin berkemah juga telah disediakan area camping untuk menikmati suasana malam. Bukit Ollon menjadi tempat yang sangat recommended untuk menikmati sunrise dan sunset.

Lokasi wisata paling trending Bukit Ollon berada di Kec. Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Tiket masuk ke tempat wisata ini juga sangat terjangkau, hanya Rp 10.000 per orang.

BACA JUGA : Eksplore di Sulawesi Selatan: Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Untuk Libur Lebaran

5. Danau Limbong

Wisata paling ramai pengunjungi yang belaum banyak diketahui orang yang ada di Toraja Utara utara alah Danau Limbong. Objek wisata yang masih sepi ini cocok dijadikan tempat untuk refreshing dan healing dari jenuhnya pikiran.

Di tempat wisata ini pengunjung bisa hunting foto sambil menikmati suguhan alam yang masih asri. Spot foto yang ada di Danau Limbong juga banyak yang menarik sehingga bisa menambah isi galeri dengan backgroun yang alami dan asri.

Untuk mengunjungi tempat wisata yang belum diketahui banyak orang ini, pengunjung yang datang harus membayar Rp 10.000 untuk wisatawan dosmetik dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing. Objek wisata terbaru 2024 ini tepatnya berada di Desa Lembang, Kec. Rantepao.

Negeri di Atas Awan To Tombi

Sesuai dengan namanya, tempat wisata trending kekinian Negeri di Atas Awan To Tombi ini menawarkan pemandangan alam yang indah dari atas ketinggian sekitar 1.300 mdpl.

Tempat wisata trending andalan ini menjadi sangat populer dan banyak dikunjungi wisatawan khususnya saat libur akhir pekan. Pemandangan yang menakjubkan serta suasana sejuk dan dingin membuat tempat ini  menyenangkan bagi para pengunjung.

Lokasi wisata andalan terpopuler, Tombi terletak di Kampung Lolai, Lembang (Desa) Benteng Mamullu, Kec. Kapalapitu, Kab. Toraja Utara, Sulawaesi Selatan. Untuk menikmati keindahan alam diatas awa ini pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

6. Gumuk Pasir Sumalu

Wisata alam bernuansa alam terbuka yang ada di Toraja lainnya adalah Gumuk Pasir Sumalu. Gumuk Pasir Sumalu berasal dari tumpukan pasir hitam menggunung, sehingga membentuk pemandangan indah yang menyerupai alur perbukitan. Alur perbukitan yang ada di tempat ini akibat proses alam dari angin dan air hujan.

Pemandangan yang ditawarkan oleh Gumuk Pasir Sumalu sangat menarik sehingga sering dijadikan latar dalam mengambil foto. Di tempat wisata alam terbuka ini pengunjung bisa menikmati pemandangan yang eksotis saat matahari terbit ataupun tenggelam

Lokasi wisata update kekinian ini berada di Rantebua Sumalu, Kec. Sumalu, Kab. Toraja Utara. Sebelum menikmati keindahan gumuk pasir sumalu, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup menantang.

Nah itulah 6 daftar rekomendasi wisata terbaru 2024 alam Toraja yang menyuguhkan panorama keindahan alamnya. Jadi kamu tertarik berkunjung kemana? (*)

Kategori :