Wisata Terbaru 2024? 3 Rekomendasi Wisata Candi Dan Monumen Bersejarah Di Magetan, Simak Alamat Dan HTMnya

Senin 01-04-2024,17:45 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Magetan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur. Selain memiliki pemandangan wisata terbaru 2024 bernuansa alam yang cukup indah. Daerah ini memiliki kisah sejarah yang mempengaruhi Negeri ini.

Wisata terbaru 20224 di Magetan memiliki kekayaan sejarah cukup banyak. Hal ini dapat dibuktikan dengan peninggalan bersejarah yang masih tersisa hingga saat ini, salah satunya wisata candi dan monumen.

Wisata terbaru 2024 candi dan monumen bersejarah di Magetan memiliki daya tarik dan pesonanya tersendiri. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan wisata candi dan monumen bersejarah di Magetan ini sekaligus belajar sejarahnya.

Berikut 3 rekomendasi wisata terbaru 2024 berwujud candi dan monumen bersejarah di Magetan :

1. Candi Simbatan

Candi Simbatan merupakan salah satu obyek wisata bersejarah. Candi ini menjadi salah satu icon dan kebanggaan warga di sana, bahkan sering digunakan sebagai tempat mengadakan acara adat-istiadat atau tempat wisata penduduk lokal di sana maupun kabupaten di sekitaran Magetan. Di candi ini terdapat juga arca Dewi Sri yang ada di dalam genangan air. Saat diadakan acara maka air yang ada di sekitar arca akan dibuang keluar untuk dapat melihat Arca Dewi Sri.

BACA JUGA : Daya Tarik Telaga Sarangan? Wisata Terbaru 2024 di Magetan ini Siap-Siap Bikin Kamu Terpesona!

Pada Arca Dewi Sri tepat pada dada kiri dan kanan keluar sumber air yang bersih, sebagian besar wisatawan dari luar Magetan mengambil dan memanfaatkan air itu untuk pengobatan segala macam penyakit. Ini juga memjadi kepercayaan warga sekitar, dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri tempat ini.

Di tempat wisata ini kamu juga bisa melihat pemandangan alam seperti rawa-rawa alami yang di sekelilingnya terdapat kolam-kolam air yang menambah menarik pemandangan. Tempat wisata paling populer ini tidak hanya menawarkan pemandangan indah namun juga sejarah yang bisa kamu pelajari.

Alamat : Desa Nguntoronadi, Kecamatan Simbatan, Kabupaten Magetan.

HTM : GRATIS

2. Candi Reog Atau Candi Sadon

Wisata favorit populer ini awalnya, Candi yang biasa disebut dengan nama Candi Sadon sesuai dengan nama Dusunnya. Namun, wisatawan banyak yang menyebutnya Candi Reog karena candi ini memiliki wajah mirip dengan kepala harimau. Arca reog tersebut merupakan hiasan yang terdapat di pintu masuk candi dengan wajah raksasa. Bahasa Jawa kuno menyebutnya arca kalamakara. Fungsi arca kalamakara sendiri pada eranya adalah digunakan untuk mengusir roh-roh jahat.

Selain arca kalamakara, pengunjung juga bisa melihat berbagai peninggalan menarik lainnya seperti batu yang mirip dengan lembu (sapi), rumah, dan masih banyak lagi. Benda-benda tersebut diperkirakan peninggalan Hindu pada jaman Mojopahit.

Jika kamu berkunjung kesana, kamu juga bisa menemukan satu candi lagi yang berukuran kecil yang terletak di sebelah timur kompleks Candi Sadon, tepatnya di depan pemakaman desa, yang dinamakan Candi Reca Sapi (arca sapi).

BACA JUGA : Serasa Ada di Negeri Sakura! Inilah 7 Wisata Terbaru 2024 yang Ada di Magetan dengan Harga Tiket Murah

Kamu bisa menggunakan reruntuhan candi tersebut sebagai latar belakang foto anda bersama keluarga atau teman-teman. Lingkungan di sekelilingnya yang banyak ditumbuhi tumbuhan bisa digunakan sebagai spot foto yang menarik.

Alamat : Dusun Sadon, Desa Cepoko, Kecamatan Panekan.

HTM : GRATIS

3. Monumen Soco

Monumen Soco merupakan tempat wisata monumen bersejarah di Magetan yang paling terkenal. Selain berwisata, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang sejarah di Indonesia di sana. Di tempat terbaru 2024 ini terdapat sisa peninggalan sejarah berupa Gerbong Kerta Pati dan monumen Tetengger bekas sumur “neraka” tempat pembuangan 108 korban pembantaian sebagai peringatan peristiwa berdarah pembantaian PKI bagian dari Pemberontakan PKI 1948.

Alamat : Desa Soco, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan.

HTM : GRATIS

BACA JUGA : Daftar Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 di Magetan? Terpopuler Untuk Liburan

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 berwujud candi dan monumen bersejarah di Magetan. Semoga bermanfaat, menambah referensi wisata bersama keluarga dan selamat berlibur! (*)

Kategori :