Wisata Terbaru 2024? Menyelam ke Jaman Praaksara di Museum Geologi Bandung, Sensasi Serunya Belajar Sejarah

Senin 01-04-2024,09:45 WIB
Reporter : Marcelia Diva Yuli A
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Bila berencana berlibur ke Kota Bandung dalam waktu dekat, sepertinya datang ke tempat wisata terbaru 2024 bertipe indoor atau dalam ruangan, bisa jadi pilihan yang tepat. Hal itu mengingat akhir-akhir ini, kondisi polusi udara di Kota Bandung terpantau cukup buruk.

Salah satu wisata terbaru 2024 indoor yang ada di Bandung yang cukup terkenal yaitu museum geologi Bandung. Museum Geologi adalah sebuah wisata edukasi yang cukup terkenal di kawasan Bandung.

Wisata terbaru 2024 ini berada di Jalan Diponegoro Nomor 57, Cihaurgeulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

Lokasi wisata terbaru 2024 ini yang dipenuhi dengan koleksi hasil dari pengumpulan sejak tahun 1850 ini sangat cocok buat kamu yang ingin mengunjungi wisata edukasi.

Awalnya, wisata terbaru 2024 ini bernama "Geologische Museum" yang dibangun pada 1928 dan diresmikan pada 16 Mei 1929 bertepatan dengan Kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik ke IV. Bangunnya sendiri bergaya Art Deco yang dirancang oleh arsitek Belanda, Ir. H. Menalda van Schouwenburg.

BACA JUGA : Mengeksplore Sejarah dan Seni di Bandung? Wisata Terbaru 2024 Museum di Bandung Yang Menginspirasi

Pembangunan museum ini berawal dari dinas yang menginginkan sebuah tempat yang dapat menyimpan hasil penyelidikan tambang yang dilakukan. Melibatkan 300 pekerja, museum ini sempat dijadikan sebagai markas Angkatan Udara oleh pemerintah Hindia Belanda pada Perang Dunia II.

Namun pada saat Jepang mulai menduduki Indonesia, pengelolaan museum jatuh pada Kogyo Jimusho dan berganti nama menjadi Chisitsu Chosasho. Kemudian museum ini dikelola oleh Djawatan Tambang dan Geologi sejak Indonesia merdeka.

Banyak sekali koleksi barang jaman kuno yang ada di wisata terbaru ini. Museum ini dibagi menjadi 2 lantai. Di setiap lantai memiliki perbedaan koleksi barang barang kuno unik dan menarik.

Pada lantai 1 terdapat 3 ruangan utama, yakni ruang orientasi, sayap barat dan sayap timur. Dalam ruang orientasi terdapat peta geografi Indonesia berupa relief dalam bentuk animasi.

Dalam ruangan sayap barat ada beberapa ruang yang menyajikan informasi hipotesis terjadinya bumi, keadaan geologi pulau besar Indonesia, dan informasi gunung api aktif di Indonesia.

Sedangkan untuk ruangan sayap timur, terdapat informasi sejarah perkembangan makhluk hidup dari masa primitif hingga zaman modern. Ruangan ini juga menyimpan fosil tengkorak manusia purba dan artefak perkembangan budaya.

 BACA JUGA : Libur Lebaran Sambil Belajar? Kunjungi Tempat Wisata Terbaru 2024 Museum di Lampung Berikut Ini

Lantai 2 terdiri dari 3 ruang utama, yaitu ruang barat, ruang tengah dan ruang timur. Di ruangan tengah pengunjung bisa menyaksikan penyebaran tambang emas terbesar Indonesia, Pegunungan Tengah Papua.

Koleksi ini lengkap dengan beberapa contoh batuannya. Ruangan di lantai 2 ini juga menyimpan miniatur pengeboran minyak dan gas bumi.

Untuk ruangan timur ada 7 bilik kecil yang menyimpan informasi tentang aspek positif-negatif tatanan geologi manusia. Secara keseluruhan, Museum Geologi memiliki koleksi 250.000 batuan dan mineral, 60.000 fosil, dan lainnya.

Untuk jam buka wisata terbaru ini sedikit bisa anda perhatikan di hari senin dan jumat wisata ini tutup.

Hari Selasa sampai Kami Museum Geologi buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, dan loket tiket ditutup pukul 14.30 WIB.

Sementara pada hari Sabtu dan Minggu Museum Geologi buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Sementara loket tiket ditutup pukul 13.30 WIB.

BACA JUGA : Kunjungi Wisata Terbaru 2024 Museum Siola Surabaya, Wisata Edukasi Menawan, Dijamin Senang, Cek Buruan Disini

Harga tiket masuk Museum Geologi dibanderol mulai dari Rp 2 ribu per orang untuk kalangan pelajar, mulai dari Rp 3 ribu untuk kalangan umum, dan mulai dari Rp 10 ribu untuk kalangan wisatawan mancanegara. Khusus untuk pengunjung kalangan pelajar bisa menunjukkan Kartu Tanda Pelajar atau kartu mahasiswa saat membeli tiket.

Tentunya ini bisa menjadi rekomendasi untuk anda dan keluarga yang ingin berwisata sambil belajar. Terutama belajar sejarah wisata terbaru ini menyediakan banyak sekali barang barang kuno yang menarik.

Jadi apa anda tertarik untuk datang dan menjajal sendiri keseruan di wisata terbaru 2024 museum geologi Bandung ini. (*)

Kategori :