Wisata yang Memacu Adrenalin? Berikut Wisata Terbaru 2024 Arung Jeram di Jawa Tengah yang Menantang

Kamis 28-03-2024,01:05 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Wisata terbaru 2024 arung jeram sampai saat ini masih menjadi incaran wisatawan khusunya yang tertarik dengan wisata ekstrem. Dengan mengandalkan aliran air sungai dan kemampuan mendayung.

Jawa Tengah sendiri memiliki sungai yang bisa digunakan untuk wisata terbaru 2024 arung jeram. Ditambah dengan panorama sekitarnya yang ditumbuhi dengan pepohonan hijau asri.

Bagi kamu yang senang mengeksplore wisata terbaru 2024 yang memacu adrenalin, arung jeram cocok bagi kamu jiwa penantang. Dengan mengajak teman atau keluarga maka akan menciptakan moment yang tidak pernah terlupakan.

Berikut ini wisata terbaru 2024 arung jeram yang ada di Jawa Tengah.

1. Sungai Comal – Pemalang

Sungai Comal menjadi sungai terbesar di Kabupaten Pemalang dengan panjang sekitar 109,18 km. Air sungai ini memiliki debit air yang deras, sehingga rafting di sini wisatawan akan merasakan sensasi menantang.

BACA JUGA : Mencari Sensasi Wisata Terbaru 2024 Pemacu Adrenalin? 9+ Rekomendasi Spot Arung Jeram Terbaik Di Indonesia!

Terdapat dua pilihan rafting yaitu sepanjang 6 km menjelajahi 18 jeram dengan waktu 1,5 jam dengan biaya Rp 150.000 per orang. Lalu 9 km menjelajahi 27 jeram yang memakan waktu sekitar 2 jam biaya Rp 185.000 per orang.

Setiap perahu yang dinaiki memiliki kapasitas 7 orang yang terdiri dari lima wisatawan dan 2 orang pemandu. Selain wahana arung jeram, wisata ini juga menawarkan area outbound, camping dan paintball.

Lokasinya berada di Desa Kecepit, Kec. Radudongkal, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. Kamu dapat mengunjungi tempat ini setiap hari antara pukul 08.00 – 16.30 WIB.

2. Sungai Progo – Magelang

Sungai Progo salah satu sungai yang terkenal di Magelang untuk bermain arung jeram. Terdapat dua rute di sungai ini sesuai dengan tingkat kecuramannya, yaitu Progo Atas dan Progo Bawah.

Progo Atas menjadi rute arung jeram yang cocok untuk pemula, namun masih tetap merasakan sensasi menantang serta pemandangannya yang indah. Dengan kapasitas perahu maksimal 4 orang serta waktu yang ditempuh sekitar 2 jam serta biaya yang dibutuhkan Rp 900.000 per perahu.

Sedangkan Progo Bawah memiliki tingkat tantangan yang tinggi cocok untuk pecinta kegiatan rafting yang esktrim. Kapasitas perahunya yaitu 4 orang dengan waktu tempuh 4 jam, biaya yang dibutuhkan yaitu Rp 2.100.000 per perahu.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Magelang? Rafting Dengan View Pepohonan Yang Rindang, Serunya Bikin Nagih! Gak Pengin Tah

Untuk lokasi Sungai Progo Atas berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, sedangkan Sungai Progo Bawah berada di perbtasan Magelang dan Kulon Progo.

3. Sungai Serayu – Wonosobo

Sungai Serayu ini merupakan salah satu sungai terbesar di Pulau Jawa yang mengalir melintasi lima kabupaten Jawa Tengah. Yaitu Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas dan Cilacap.

Sungainya yang lebar dengan debit airnya yang merata sepanjang tahun serta pemandangan alamnya yang indah. Rute arung jeram ini dimulai dari Blimbing kawasan Wonosobo hingga Singomerto.

Namun wisata terbaru 2024 ini memiliki banyak pilihan rute arung jeram, mulai dari ukuran 14 km, 16 km hingga 35 km. Dengan waktu yang ditempuh 4 hingga 5 jam, serta biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp 185.000 per orang. 

Sungai ini memiliki jeram yang menantang untuk diarungi. Bahkan di beberpa titik terdapat pertemuan anak sungai yang membuat arus berputar, sehingga saat perahu melintas di atasnya aka terjadi pengarungan yang menantang.

Lokasi wisata ini berada di Kec. Madukara, Banjanegara, Jawa Tengah. Dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.30 WIB.

4. Sungai Sengkarang Lolong – Pekalongan

Selama menuju lokasi ini wisatawan akan disambut dengan pohon durian di sepanjang jalur. Sungai Sengkarang Lolong ini memiliki panjang 9 km dengan waktu pengarungan 2 jam. 

Tidak hanya menawarkan arung jeram, juga terdapat area outbound, tubing, camping, jungle tracking atau cukup menikmati panorama alamnya yang masih asri. Tersedia juga restoran dan café dengan hidangan yang lezat.

Untuk merasakan sensai arung jeram di sini, membutuhkan biaya mulai Rp 175.000 per orang dengan jarak tempuh 9 km / 2 jam. Untuk jarak 12 km / 3 jam seharga Rp 200.000, serta jarak 14 km / 4 jam Rp 250.000 per orang.

BACA JUGA : 3 Tempat Rafting Semarang? Wisata Terbaru 2024 Paling Hits, Rekomendasi Untuk Liburan Keluarga dan Teman

Bagi wisatawan yang ingin melakukan outnound dibanderol mulai dari Rp 75.000 per orang minimal 30 orang. Atau pilihan paket camping dengan harga Rp 100.000 per orang, difasilitasi dengan camping ground river, tenda, lampu tenda, sleeping bag dan matraas.

Wisata ini dibuka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Lokasi lengkapnya berada di Desa Lolong, Kec. Karanganyar, Pekalongam, Jawa Tengah.

Rekomendasi wisata terbaru 2024 arung jeram di atas harus kamu datangi untuk memacu jiwa aderanalinmu. Rasakan sensasi menantang dan jangan lupa abadikan momen berhargamu. (*)

Kategori :