10+ Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Alam Paling Populer Di Pacitan, Ada Goa Terindah Se-Asia Tenggara

Senin 25-03-2024,09:25 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat Jawa Timur. Kota ini merupakan kota yang terkenal dengan tempat wisata terbaru 2024 yang didominasi oleh wisata keindahan alam serta wisata budaya yang sarat akan sejarah. Beberapa tempat wisata alam seperti pantai, sungai, hutan, dan goa.

Kota Pacitan juga mendapat julukan Kota 1001 Goa. Di mana terdapat salah satu goa terindah se-Asia Tenggara. Namun tidak hanya terkenal dengan keindahan goanya yang mempesona, kota ini juga memiliki banyak wisata terbaru 2024 bernuansa alam paling populer yang menarik lainnya.

Berikut 10+ rekomendasi wisata terbaru 2024 bernuansa alam paling populer di Pacitan :

1. Goa Gong

Tempat wisata terbaru 2024 ini merupakan salah satu gua terindah. Gua ini memiliki panjang sekitar 250 meter dan lebar 50 meter. Di dalam gua, terdapat stalaktit dan stalakmit yang tersusun dengan indah.Selain itu, terdapat juga sebuah kolam air yang jernih dan berwarna biru kehijauan.

Goa Gong dinobatkan sebagai salah satu Goa terindah yang ada di Asia Tenggara. Perlu diketahui, Goa Gong sendiri memiliki kedalaman sekitar 700 hingga 800 meter dan terdapat ruang besar.

2. Hutan Pinus Gemaharjo

Hutan Pinus Gemaharjo menjadi salah satu wisata alam yang cukup populer di Pacitan dan bisa Anda kunjungi di daerah Gemaharjo, Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Hutan pinus ini menawarkan suasana yang sangat sejuk dengan pemandangan alam yang menakjubkan berupa perbukitan. Pengunjung juga dapat menjumpai banyaknya spot foto yang menarik.

BACA JUGA : 11 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Curug Di Tegal, Nikmati Libur Lebaran Dengan Berwisata Alam

3. Goa Luweng Jaran

Goa Luweng Jaran merupakan tempat untuk menuju ke perut bumi. Bahkan ada lorong goa yang terbilang panjang hingga mampu menembus lokasi dari goa lainnya. Panjang dari Goa Luweng Jaran di Pacitan ini bisa mencari 48 km.

4. Gunung Limo

Gunung Limo merupakan salah satu wisata yang memuat budaya khas bagi daerah Pacitan yang dilakukan dengan membersihkan desa selama setahun sekali. Untuk menjalankan budaya ini, para juru kunci dan bawahan-bawahannya menuruni gunung dan memimpin ritual tersebut.

Untuk memasuki area Gunung Limo, Kamu perlu melewati sebuah gerbang yang berukuran sangat sempit dengan cara berjalan menyamping. Jika Kamu sudah sampai di area Gunung Limo, Kamu dapat menikmati suasana pagi hari dengan keindahan matahari terbit dari ketinggian gunung.

5. Sungai Maron

Tempat wisata ini merupakan sungai yang terletak di Desa Maron, Kecamatan Pringkuku. Sungai ini terkenal dengan keindahan alamnya, dengan airnya yang jernih dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Sungai Maron memiliki kedalaman 20 meter. Pengunjung dapat menyusuri Sungai Maron dengan menggunakan perahu wisata.

6. Pantai Klayar

Keindahannya telah dikenali sebagai salah satu pantai yang memiliki luas dengan batu-batu karang yang unik, di area Pantai Klayar juga terdapat Seruling laut, yang hanya bisa kalian dapatkan di sini. Seruling laut merupakan sebuah batu karang besar yang mempunyai celah.

BACA JUGA : Destinasi Populer Pacitan? Wisata Terbaru 2024 Suguhkan Berbagai Pesona Pantai Dengan Panorama Eksotisnya

7. Goa Tabuhan

Nama dari Goa Tabuhan sendiri berasal dari kata “Tabuh” yang mana goa ini menimbulkan suara hampir mirip seperti gamelan. Destinasi wisata paling populer di Pacitan ini sangat cocok digunakan sebagai tempat meditasi untuk kamu yang mencari ketenangan. Saat memasuki kawasan goa, kamu akan merasakan nuansa spiritual yang masih sangat kental.

8. Curug Gringsing

Curug Gringsing merupakan air terjun yang indah. Bebatuan besar yang ada di belakangnya menambah nuansa eksotis pemandangan tempat ini. Fasilitas yang terdapat di sana juga cukup lengkap yaitu toilet dan warung makanan yang dijual dengan harga terjangkau.

9. Grojogan Dhuwur

Grojogan Dhuwur berada di Dusun Barong Kiulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Kamu akan mendapatkan keindahan alam yang memukau. Bahkan keindahan alam ini sulit untuk dilupakan. pemandangan berupa pepohonan hijau diantara genmercik air terjun yang berjatuhan serta terlihat kolam raksasa dengan warna matural bitu yang jernih bisa menjadi obat kepenatan. Kamu bisa berenang di grojogan yang memiliki tiga aliran yang menyegarkan ini.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 di Boyolali Pesona Alam yang Dijamin Bikin Takjub Buktikan Sendiri

10. Pemandian Banyu Anget Tirto Husodo

Pemandian Banyu Anget Tirto Husodo termasuk salah satu wisata populer di Pacitan. Tempat wisata ini dibuka sejak tahun 1995 dengan menawarkan pemandian air panas yang berasal langsung dari sumber alami dari dalam bumi. Sumber air tersebut tidak pernah habis dan tetap mengalir meski musim kemarau tiba.

Mitosnya air tersebut dipercaya mampu menyembuhkan beragam penyakit kulit atau sejenisnya karena mengandung zat kapur dan belerang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang datang untuk melakukan terapi kesehatan sembari menikmati panorama alam berupa perbukitan dan Gunung Kelir yang indah di sekeliling tempat pemandian.

11. Sentono Gentong

Sentono Gentong merupakan objek wisata yang terletak di area perbukitan. Kawasan ini menawarkan panorama alam yang mengagumkan berupa pegunungan, pepohonan yang hijau, serta pemukiman penduduk yang dapat dilihat dari atas ketinggian. Sentono Gentong juga menyediakan wahana Paralayang yang menantang serta menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit yang menawan.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 bernuansa alam paling populer di Pacitan. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :