5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bersejarah di Jawa Tengah yang Bisa Untuk Liburan Edukatif, Simak Ulasannya

Sabtu 23-03-2024,21:05 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Salah satu kegiatan untuk mengisi waktu liburan adalah dengan mengunjungi tempat wisata terbaru 2024 yang bersejarah dan edukatif. Pasalnya, selain berekreasi kamu juga bisa menambah wawasan.

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata terbaru 2024 bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat wisata terbaru 2024 bersejarah di Jawa Tengah ini memiliki nilai seni dan tentunya menjadi saksi bisu dari perjuangan bangsa Indonesia.

Berikut rekomendasi wisata terbaru 2024 bersejarah di Jawa Tengah yang bisa dijadikan tujuan ketika liburan.

BACA JUGA : Explore Wisata Terbaru 2024 Alam Jawa Tengah? Inilah 4 Wisata Air Terjun Terindah yang Cocok Untuk Liburan

1. Lawang Sewu

Siapa yang tidak kenal dengan Lawang Sewu, wisata sejarah di Jawa Tengah yang menjadi favorit banyak orang. Lawang Sewu sendiri merupakan bangunan dari peninggalan zaman kolonial Belanda dan mempunyai ciri khas memiliki banyak pintu.

Karena hal itu, tak heran jika tempat wisata ini diberi nama dengan Lawang Sewu. Wisata bersejarah ini terletak di Kota Semarang.

Karena dulunya tempat ini merupakan tempat kantor pusat perkeretaapian, maka wisatawan yang mengunjungi wisata ini akan disuguhkan dengan pemandangan miniatur kereta yang panjang.

Namun, saat malam hari tempat wisata ini justru memiliki aura yang mistis pasalnya mempunyai ruangan bawah tanah.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu candi peninggalan agama Hindu yang ada di Indonesia. Wisata terbaru 2024 sejarah di Jawa Tengah ini identik dengan kisah legendaris yaitu Roro Jonggrang.

Candi Prambanan terkenal dengan Candi Seribu, karena banyaknya jumlah candi di kawasan wisata ini. Menurut berbagai cerita yang ada, candi ini adalah permintaan dari Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso.

Permintaan tersebut diminta agar Roro Jonggrang mau di peristri oleh Bandung Bondowoso. Karena rasa cintanya, Bandung Bondowoso akhirnya menyanggupi pembuatan 1000 candi tersebut dalam waktu semalam.

Candi Prambanan ini juga merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Untuk lokasinya berada di daerah perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Buat Libur Lebaran di Makasar yang lagi Populer, Yuk Simak

3. Kampoeng Batik Laweyan

Kampoeng Batik Laweyan merupakan salah satu kampung batik tertua di Indonesia yang letaknya ada di Surakarta, Jawa Tengah. Kampung ini sudah berdiri sejak abad ke-16 Masehi dan dijadikan sebagai pusat produksi batik keraton Surakarta.

Kampoeng Batik Laweyan mempunyai berbagai motif batik yang khas dan berkualitas tinggi, seperti batik sogan, batik laweyan, batik truntum, batik parang, dan lainnya.

Di tempat wisata sejarah ini juga menyediakan fasilitas untuk belajar membatik bagi wisatawan yang tertarik.

4. Kota Lama Semarang

Dengan banyaknya bangunan kolonial yang bergaya vintage, Kota Lama Semarang menjadi salah satu destinasi wisata yang bernuansa sejarah. Kota Lama Semarang ini memiliki unsur budaya dan sejarah yang sangat kental.

Dikawasan wisata Kota Lama Semarang wisatawan bisa menikmati kuliner seperti nasi ayam khas Semarang dan nasi gandul serta nasi goreng babat yang sudah terkenal enak.

Selain itu, terdapat juga galeri seni Semarang Contemporary Art Gallery yang terletak di Jalan Taman Srigunting nomor 5-6. Tak hanya itu, disini juga ada banyak spot foto yang menarik, salah satunya yaitu Gereja Blenduk.

5. Keraton Kasunanan Surakarta

Selain bisa belajar sejarah, keindahan Kota Solo juga akan terlihat jelas ketika mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta ini.  Tempat wisata terpopuler yang bersejarah ini didirikan sejak tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwana II.

Ada bagian dari keraton ini yang disebut Panggung Sanggabuwana dimana yang dulu dijadikan tempat untuk bersemedi Susuhunan dan bertemu dengan Nyai Rara Kidul, penguasa Pantai Selatan.

Bukan hanya keraton saja, tetapi juga ada Museum Keris yang juga menjadi daya tarik wisatawan untuk bisa belajar sejarah tentang kebudayaan Jawa.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Waterpark Terbaik di Indonesia? Spot Wisata Terbaru 2024 Buat Mengisi Waktu Libur Lebaran

Itulah beberapa tempat wisata terbaru 2024 yang bersejarah di Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi ketika liburan. Karena kamu bisa belajar banyak tentang warisan budaya.(*)

Kategori :