Pesona Wisata Terbaru 2024 Pacitan? Bukan Hanya Pegunungan, Air Terjun Menjadi Magnet Wisatawan Berkunjung!

Selasa 27-02-2024,06:25 WIB
Reporter : Fatkhur Rokhman
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Pacitan, kota di Jawa Timur yang dikenal dengan julukan “1001 Goa” identik dengan keindahan pantainya yang mempesona. Namun tahukah Anda kalau ada keindahan alam wisata terbaru 2024 lain di Pacitan yang tak kalah mempesona.

Di balik garis pantainya yang mempesona, Pacitan menyembunyikan banyak wisata terbaru 2024 seperti pegunungan alami dan air terjun yang sangat menakjubkan.

BACA JUGA : Jelajahi Keindahan Alam di Wisata Baru 2024 San Terra Malang! Surga Bunga di Kaki Gunung Arjuna

1. Temukan Pesona Alam Pegunungan Pacitan

Bagi pecinta alam dan pendakian, Pacitan menawarkan beberapa gunung yang menantang untuk ditaklukkan, seperti:

1. Gunung Limo

Wisata terbaru 2024 Gunung Limo Pacitan merupakan kumpulan beberapa gunung di kawasan Pacitan yang tersusun dalam lima barisan yang tampil unik dari pusat kota Kota Pacitan dan kawasan sekitar Gunung Lima.

Gunung Limo juga menjadi ciri khas Kabupaten Pacitan, karena sejarah Gunung Limo mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sejarah Pacitan dan Gunung Limo menjadi simbol dalam simbolisme Kota 1001 Gua.

Gunung Limo terdiri dari lima gunung, yaitu Gunung Gembuk, Gunung Pakis Cakar, Gunung Lanang, Gunung Kukusan, dan Gunung Lima Mantra. Namun yang lebih dikenal dengan nama gunung Limo dan paling banyak dikunjungi adalah gunung Limo Satu atau gunung Limo Mantren.

Gunung tertinggi di Pacitan dengan ketinggian 1.767 meter di atas permukaan laut (m dpl). Pendakian Gunung Limo menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang bersih.

BACA JUGA : Liburan Hemat di Wonosobo! 4 Rekomendasi Wisata Gratis yang Tak Kalah Menakjubkan

2. Gunung Sewu  

Kawasan karst Gunung Sewu di pesisir selatan Jawa telah ditetapkan sebagai jaringan taman lahan atau geopark global. Keputusan ini diambil UNESCO dalam pertemuan regional Biro Dunia GGN pada 19 September 2015 di Sanin, Kaigan, Jepang.

Keputusan ini kemudian disusul dengan penggantian nama kawasan Gunung Sewu, yang sebelumnya ditetapkan sebagai taman nasional karst pegunungan, menjadi wisata terbaru 2024 Gunung Sewu Global Geopark di Indonesia.

Kategori :