Rahasia Penting dan Manfaat Kunyit? si Rempah Kuning Buat Memutihkan Kulit Wajah Glowing Alami, Simak Disini!

Senin 26-02-2024,19:15 WIB
Reporter : Chintya Larasati
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA -  Kunyit memang rempah-rempah ajaib. Gak cuma buat bumbu dapur, kunyit juga punya banyak manfaat buat kesehatan dan kecantikan. Salah satunya buat memutihkan kulit wajah secara alami.

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin. Senyawa inilah yang membuat kunyit berwarna kuning dan punya banyak manfaat. Kurkumin punya sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang ampuh buat ngatasin berbagai masalah kulit.

Berikut ini adalah anfaat kunyit untuk kulit wajah:

1.    Mencerahkan Kulit Wajah

Kunyit mengandung antioksidan yang tinggi, yang mampu melawan radikal bebas penyebab kulit kusam. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga membantu menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang menyebabkan kulit gelap.

 

Kandungan ini juga membantu meratakan warna kulit dan memudarkan flek hitam, sehingga wajahmu terlihat lebih cerah dan bersinar.

BACA JUGA : Retinol Itu Apa Sih? Bahan Aktif Skincare Yang Dapat Mencerahkan Kulit: Dijamin Glowing Simak Ulasannya!

2.    Memudarkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat yang menghitam memang menyebalkan ya? Nah, kunyit bisa membantu memudarkan bekas jerawat tersebut. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dalam kunyit membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada bekas jerawat.

3.    Mengatasi Jerawat

Kunyit juga efektif untuk mengatasi jerawat loh! Sifat antibakteri dalam kunyit membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sifat anti-inflamasi dalam kunyit membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat.

Kunyit juga membantu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah, sehingga jerawat gak mudah muncul lagi.

4.    Menghaluskan Kulit Wajah

Kunyit membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Hal ini membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut.

5.    Mengatasi Kulit Kering

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu melembabkan kulit. Selain itu, kunyit juga membantu meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit lebih kenyal dan elastis.

6.    Mengurangi Kerutan

Kunyit mengandung antioksidan yang tinggi, yang membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga membantu meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit lebih kenyal dan elastis.

BACA JUGA : Minyak Kelapa Rahasia Memutihkan Kulit Alami yang Gak Bikin Kantong Jebol!

7.    Menyamarkan Kantung Mata

Kunyit juga dapat membantu menyamarkan kantung mata yang menghitam. Kandungan antiinflamasi dalam kunyit membantu mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata, sehingga wajahmu terlihat lebih segar dan cerah.

8.    Mengatasi Eksim dan Psoriasis

Sifat anti-inflamasi pada kunyit membantu meredakan peradangan dan gatal akibat eksim dan psoriasis.

Ada banyak cara untuk menggunakan kunyit sebagai masker wajah. Berikut ini beberapa contohnya:

1.    Masker Kunyit Madu

Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Masker ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, dan memudarkan bekas jerawat.

2.    Masker Kunyit Yogurt

Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 2 sendok makan yogurt plain. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Masker ini bermanfaat untuk melembabkan kulit, mengatasi kulit kering, dan mengurangi kerutan.

BACA JUGA : Kenali Manfaat dan Cara Tepat Memutihkan Kulit Wajah dengan Minyak Zaitun, Praktis dan Cepat!

3.    Masker Kunyit Lemon

Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 1 sendok teh air lemon. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Masker ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit, memudarkan flek hitam, dan menyamarkan kantung mata.

Kunyit merupakan solusi alami dan aman untuk memutihkan kulit wajah. Gak cuma murah dan mudah didapat, kunyit juga punya banyak manfaat lain untuk kesehatan kulit. Yuk, mulai rawat wajah dengan kunyit dan rasakan manfaatnya! (*)

Kategori :