Ini Rahasia 9 Sayuran Kaya Manfaat? Langkah Mudah Mencerahkan Sekaligus Memutihkan Kulit! Cobain Deh

Kamis 22-02-2024,21:25 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Tidak hanya melalui produk perawatan, kalian bisa menjaga kesehatan kulit lewat makanan bernutrisi, contohnya dengan sayuran. Mengkonsumsi sayur juga bisa membuat kulit cerah dan putih lohh, karena terdapat kandungan kolagen di dalamnya yang dapat mencerahkan kulit. Serta, kandungan seperti vitamin dan mineral di dalam sayur juga bisa menyehatkan kulit.

Berikut 9 sayuran yang dapat mencerahkan dan membuat kulit kalian menjadi puith :

1. Wortel

Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A dalam bentuk betakaroten yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan dalam kulit yang rusak. Mengkonsumsi wortel secara rutin akan membantu membuat kulit jadi   lebih sehat. Vitamin A juga membantu melawan kulit terbakar matahari dan keriput.

2. Mentimun

Mentimun mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Mengutip Style Craze, mentimun juga mengandung tanin dan flavonoid yang dapat memblokir radikal bebas yang bisa berbahaya untuk kulit.

3. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung vitamin C tinggi dan dapat membantu memutihkan kulit. Brokoli mamu melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan kulit keriput dan tampak lebih gelap.

Selain itu, Brokoli juga memiliki kandungan senyawa khusus bernama sulforaphane. Dalam penelitian, senyawa sulforaphane atau sulforafana ini membantu melindungi dari kulit tubuh dari efek penuaan akibat sinar matahari.

BACA JUGA : Krim Pelembab BPOM Buat Cerah Dalam Waktu Seminggu? Tips Memutihkan Kulit, Dijamin Glowingnya Tahan Lama!

4. Kedelai

Kedelai kaya akan isoflavon, salah satu jenis antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kulit, utamanya kulit wanita. Pada sebuah penelitian, wanita usia dewasa muda yang rutin mengonsumsi kedelai setiap hari selama 8-12 minggu diteliti mengalami penurunan keriput dan memperbaiki elastisitas kulit.

Manfaat kedelai untuk kulit juga terlihat pada wanita yang telah mengalami menopause. Kedelai berpotensi mengatasi kulit kering dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih sehat dan lembut.

5. Tomat

Tomat dikenal akan kandungan vitamin C tinggi yang dapat membantu menutrisi kulit. Selain itu, terdapat pula kandungan lutein, likopen, serta beta karoten yang bisa menjaga kulit dari dampak buruk akibat terpapar sinar matahari.

BACA JUGA : 11 Rekomendasi Skincare Untuk Memutihkan Kulit Wajah Pria yang Aman, Auto Ganteng!

6. Selada Air

Daun selada air bertindak sebagai antiseptik kulit internal, meningkatkan sirkulasi, dan pengiriman mineral ke seluruh sel tubuh, sehingga menghasilkan peningkatan oksigenasi kulit. Dikemas dengan vitamin A dan C, antioksidan dalam selada air dapat menetralkan radikal bebas berbahaya serta membantu menghilangkan garis halus dan kerutan.

7. Paprika

Paprika kaya akan kandungan beta karoten. Beta karoten ini bisa diubah menjadi vitamin A yang juga membantu menjaga imun dalam tubuh, sehingga kulit tidak mudah terserang penyakit.

8. Bayam

Sayur bayam sangat bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dan terdapat   antioksidan yang membantu mengoksigenasi kulit. Kandungan vitamin C dari sayur bayam yang tinggi juga dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus. Vitamin A dalam bayam juga dapat membuat rambut menjadi kuat dan berkilau. Sementara vitamin K telah dibuktikan ampuh dalam membantu mengurangi peradangan pada sel-sel tubuh.

9. Ubi

U bi kaya akan vitamin C yang sempurna untuk membantu kulit dalam kondisi baik. Ubi juga mengandung potassium dan serat yang tinggi. Beberapa jenis ubi yang berwarna jingga terang juga merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik. Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, yakni salah satu vitamin penting untuk kecantikan kulit.

BACA JUGA:Cerah Merata Pakai Skincare Lokal Under 150 Ribu, Cara Memutihkan Kulit

Itulah macam-macam sayuran yang dapat mencerahkan sekaligus memutihkan kulit kamu. Dan tentunya membuat   kulit kamu jauh lebih sehat. Untuk hasil   yang maksimal, jangan lupa untuk mengkonsumsi sayuran setiap hari yaa. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :