Bisa Dijadikan Habit! Klinik Buat Cantik Tapi Harus Perhatikan Tips Memutihkan Kulit Yang Tepat

Rabu 21-02-2024,06:25 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA –   Sering dengar kalimat “punya badan yang bersih putih itu buat penampilan semakin menarik”. Nah, cara memutihkan kulit sebenarnya bisa dnegan ubah kebiasaan sehari hari. Demi mendapat dan memiliki kulit yang bersih serta sehat secara alami, maka kita perlu istirahat yang cukup, tidak membuat diri dehidrasi, dan mengonsumsi buah serta sayur.

Terkadang kulit yang kusam dan gelap terjadi karena bertumpuknya sel kulit mati. Selain itu, bisa juga karena paparan sinar matahari yang berlebih, pola piker yang berantakan sampai membuat diri stress, da nada juga yang karena pola hidup yang tidak sehat. Cara memutihkan kulit bisa dengan mengubah pola hidup, melindungi diri dari sinar matahari, dan masih banyak hal simple lainnya yang bisa dilakukan.

Tapi masalahnya, kebanyakan orang Cuma mau yang instan, kebanyakan mereka yang punya masalah kulit kusam pilih pergi ke klinik kecantikan dan berharap cerah dalam waktu dekat. Masalahnya segala hal itu perlu proses, tidak ada yang namanya instan, kelinik kecantikan bisa jadi cara memutihkan kulit, tapi harus dibarengi dengan kebiasaan atau habit yang bagus.

BACA JUGA : Bosan dengan Skincare untuk Perawatan Kulit? Inilah 7 Buah yang Mencerahkan Kulit Anda Secara Alami

1. Istirahat Yang Cukup

Selain tidur bisa buat otak lebih fesh, ternyata selama tidur sel kulit akan membuat kolagen secara alami loh. Di waktu tidur itulah sel sel di dalam kulit bisa ber regenerasi lebih cepat, yang bisa membantu kulit lebih ternutrisi dengan kolagen alami.

Sebab, kita tahu kurang tidur juga bisa mengakibatkan munculnya tanda tanda penuaan dini. Maka dari itu, tidur sangat penting untuk membuat tubuh fit, serta kulit yang sehat. Waktu tidur, darah akam mengalir dengan lancar dan mengantarkan nutrisi ke seluruh tubuh dengan tepat.

Gak Cuma tidur, tapi kita perlu perhatiin durasi tidur malam yang ideal. Dengan cukup tidur, nutrisi yang mengalir akan lebih merata dan buat tubuh serta otak bisa bekerja maksimal. Untuk manusia dewasa sendiri diperlukan 7 sampai 9 jam tidur per hari yang bisa bantu menutrisi kulit.

2. Rajin Membersihkan Tubuh

Demi memiliki kulit yang bersih dan bersinar, setidaknya kita mandi sehari 2 kali ya. Dengan mandi 2 kali dalam sehari bisa bantu kita untuk menghilangkan kotoran yang menempel di tubuh. Gak cuma kotoran, tapi bisa menghilangkan sisa minyak di tubuh, penumpukan sel kulit mati juga bisa terangkat jadi buat kulit tidak terlihat kusam.

Selain mandi 2 kali sehari, mungkin bisa di bantu dengan scrubbing biar kulit makin cerah dan sehat. Dengan scrubbing juga pengangkatan sel kulit mati akan lebih mudah. Melakukan scrubbing atau eksfoliasi diri ini hanya boleh dilakukan seminggu 2 kali ya. Sebab, eksfoliasi yang berlebihan akan membuat kulit iritasi atau bahkan menimbulkan luka.

BACA JUGA : Ampuh!! Cara Menghilangkan Jerawat, Wajib Ubah Pola Hidup Agar Kulit Sehat!

3. Cukupkan Asupan Cairan Tubuh

Punya kulit putih dan bersih sebenarnya gampang, dengan mengonsumsi air mineral secara rutin dan teratur bisa bantu asupan tubuh agar terhidrasi. Dengan memastikan asupan cairan tubuh terpenuhi maka hal itu bisa bantu kulit tetap lembab dan terhidrasi.

Selain itu, dengan air mineral kita bisa bantu tubuh untuk meningkatkan elastisitas kulit, dan bisa juga mencerahkan kulit secara alami. Bahkan dalam jurnal yang berjudul International Journal of Cosmetic Science menyebutkan, dengan mengonsumsi air mineral dalam waktu 4 minggu akan bantu tubuh meningkatkan kecerahan dan kekenyalan kulit.

4. Mengonsumsi Sayur Dan Buah

Perhatikan makanan yang masuk ke tubuh juga salah satu cara kita peduli dengan kecerahan kulit. Sebab, sumber makanan yang mengandung banyak mineral dan vitamin akan berpengaruh besar ke kesehatan kulit terutama yang mengandung vitamin E, B, dan C.

Dalam jurnal Plos One menyebutkan konsumsi buah dan sayur secara rutib bisa bantu meningkatkan kecerahan kulit. Contoh sayuran dan buah yang bisa di konsumsi untuk menambah vitamin, seperti dayuran hijau, wortel, papaya, apel, alpukat, jeruk dan lain sebagainya.

5. Pakai Tabir Surya (Sunscreen)

Saat beraktivitas di luar ruangan, radisasi dari paparan sinar matahari akan berpengaruh ke kesehatan kulit. Sebaiknya kalau keluar rumah, atau pada pagi hari wajib menggunakan sunscreen karena sinar matahari yang ada juga masuk menembus kaca kaca rumah atau kantor.

Selain itu, usahakan pakai sunscreen setiap hari. Bisa sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan, jika di dalan ruangan bisa kenakan sunscree dengan spf 15, namun alangkah lebih baik kalau di luar ruangan gunakan sunscreen yg spf nya 30 agar kelembaban dan dasar kulit tidak rusak.

BACA JUGA : Ini 7 Tanaman Ajaib Menghilangkan Jerawat dan Mencerahkan Kulit!! Cobain Langsung Kuy

6. Pakai Pelembab Kulit

Selain pakai sunscreen, disarankan untuk pakai pelembab di pagi dan malam hari agar kulit tetap ternutrisi. Kalau mau pakai bahan alami bisa gunakan madu atau minyak zaitun, keduanya punya senyawa aktif yang bisa bantu untuk mencerahkan kulit secara alami.

7. Masker Dengan Bahan Alami

Kulit yang cerah dan sehat bisa diusahakan dengan masker dari bahan bahan alami seperti lidah buaya yang bisa bantu membersihkan pori pori kulit dan buat kulit lebih cerah. Selain itu, lidah buaya juga bisa bantu merangsnag pertumbuhan sel baru agar kulit lebih sehat lagi.

8. Kelola Pikiran dengan Baik

Penyebab lain kenapa kulit kusam, tidak cerah salah satunya krena pikiran yang tidak bisa di kontrol dengan baik dan mengakibatkan stress. Stress yang gak teratasi bisa buat penurunan aliran darah di tubuh sehingga nutrisi tidak tersalurkan dengan baik.

Kalau aliran darah terhambat, hal ini bisa menyebabkan kulit kering, kulit kusam, kulit berjerawat, dan gangguan lainnya. Walaupun kulit cerah tidak bisa secara langsung, bisa di usahkan dengan mengelola pikiran yang baik agar kulit lebih sehat.

BACA JUGA : Rahasia Kulit Cerah Ala Korea! Dari Skincare Hingga Perawatan Tradisional 

Perawatan kulit terbilang cukup penting karena akan berpengaruh ke penampilan diri. Tapi jangan lupa merawat kulit dengan pola hidup yang tepat, dengan begitu tips memutihkan kulit akan berfungsi dnegan baik. Menjaga kesehatan tubuh, berarti kita juga peduli dengan kesehatan kulit yang optimal.

Langkah perawatan kulit yang bisa di lakukan sehari hari bisa dengan membersihkan, menghidrasi, dan melindungi kulit. Sebab cara memutihkan kulit yang benar itu harus peduli dengan diri sendiri dan memperhatikna keperluan tubuh. (*)

Kategori :